© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apakah yang dimaksud dengan Romantic Love ?

Romantic love

Romantic love adalah jenis cinta yang memiliki unsur keintiman dan hasrat didalamnya. Hubungan cinta jenis ini mengandung ketertarikan secara fisik dan ketertarikan emosional pada kedua belah pihak. Namun tidak ada unsur komitmen dalam hubungan tersebut dan kedua pihak tidak menjalin komitmen diantara keduanya.

Apakah yang dimaksud dengan Romantic Love ?

Berdasarkan komponen cinta, Sternberg (1986) mengklasifikasikan jenis-jenis cinta. Yang pertama adalah nonlove yakni jenis cinta yang tidak terdapat kombinasi ketiga komponen cinta. Kedua adalah liking yakni jenis cinta yang terdiri dari komponen intimacy saja, biasanya dirasakan seseorang dalam hubungan pertemanan. Ketiga adalah infatuated love yakni jenis cinta yang terdiri dari passion saja, biasanya dirasakan seseorang ketika mencintai pada pandangan pertama. Keempat adalah empty love yakni jenis cinta yang terdiri dari commitment saja, biasanya terjadi pada perjodohan. Kelima adalah romantic love yakni jenis cinta yang terdiri dari intimacy dan passion , biasanya terjadi pada pasangan yang berpacaran namun belum ingin melangkah ke jenjang pernikahan. Keenam adalah companiate love yakni

jenis cinta yang terdiri dari intimacy dan commitment , biasanya terjadi pada long-term marriage dimana ketertarikaan fisik sudah menghilang. Ketujuh adalah fatuous love yakni jenis cinta yang terdiri dari passion dan commitment , sebagai contoh adalah ketika seseorang bertemu kemudian memutuskan untuk bertunangan dan tidak lama setelah itu memutuskan untuk menikah. Commitment tersebut dibuat berdasarkan passion atau dengan kata lain ketertarikan fisik dan seksual. Kedelapan adalah consummate love yakni jenis cinta yang terdiri dari intimacy, passion, dan commitment dimana jenis cinta ini merupakan jenis cinta yang diharapkan ada pada pasangan yang menikah. Akan tetapi consummate love merupakan jenis cinta yang mudah untuk diraih namun sangat suit untuk dipertahankan.