Apakah yang Dimaksud dengan Linguistik Kognitif?


Salah satu cabang dalam ilmu linguistik yaitu linguistik kognitif. Jika kognitif diartikan sendiri berarti hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Apakah pengertiannya tetap sama jika digabungkan menjadi “Linguistik Forensik”?

Linguistik kognitif merupakan kajian linguistik yang dianggap masih baru kemunculannya. Walaupun tahun kelahirannya masih belum diketahui secara jelas tetapi Barcelona dan Javier (2007:17) menyatakan bahwa teori ini muncul sekitar tahun 1987. Pada tahun tersebut tiga buku ditulis oleh pakar linguistik seperti Lakoff (1987) yang menulis, Woman, Fire, and Dangerous Things, Langacker (1987) menulis, Foundation of Cognitive Grammar, dan Johnson (1987) menulis The Body in The Mind. Pada tahun 1989 mereka membentuk sebuah asosiasi yang bernama International Cognitive Linguistic Association (ICLA) dan pada tahun 1999 asosiasi ini mengadakan konferensi pertamanya.

Lebih lanjut Barcelona dan Javier (2007:18-22) menjelaskan bahwa linguistik kognitif mengganggap, kemampuan seseorang belajar dan menggunakan bahasa ibunya merupakan kemampuan yang unik yang berada pada mental seseorang yang khusus dibawa sejak lahir. Kemampuan ini berbeda dengan kemampuan kognitif manusia secara umum (kemampuan ketajaman mata, sensori motorik, kemampuan kinesthetic seseorang atau kemampuan lainnya). Kemampuan manusia berbahasa dalam memahami makna ucapan dan kalimat banyak dipengaruhi oleh kultur, konteks, dan fungsi ucapan. Seseorang membentuk, membangun dan mengerti ucapan pada umumnya berdasarkan pengalaman yang bersumber dari pengalaman tubuh manusia.

Arti kata atau kalimat dalam stuktur linguistik pada level bervariasi, bukan semata-mata gabungan seperangkat ciri-ciri simbol yang abstrak yang bersifat universal dan tidak pula secara arbitrer. Akan tetapi arti morfem, kata, dan struktur sintaksis pada umumnya lebih kepada bentuk-bentuk modifikasi yang bersumber dari pengalaman tubuh manusia yang seterusnya disetujui secara konvensional oleh masyarakat tutur. Itulah sebabnya linguistik kognitif beranggapan bahwa bahasa merupakan sebuah produk kemampuan kognitif yang mendasar berkaitan dengan pengalaman yaitu pengalaman berdasar pada pengalaman diri pribadi (bodily experience) dan juga pengalaman sosio- kultural (social/cultural experience).

Pada umumnya semua pakar linguistik kognitif setuju bahwa pengalaman diri manusia memainkan peranan yang paling utama dalam semantik dan struktur garamatikal sebuah bahasa yang berada dalam kognitif manusia. Teori linguistik dan metodologis linguistik kognitif harus konsisten sebagai studi empiris yang dikenal dengan terminologi, kognitif, otak dan bahasa. Studi ini juga beranggapan bahwa makna sebuah ujaran tidak muncul secara terpisah dengan orang yang menuturkannya. Bukti empiris dapat dilihat dalam kehidupan sosial masyarakat, orang-orang yang banyak berkecimpung dalam masalah-masalah politik lebih banyak mengukapkan kata-kata atau leksikon-leksikon yang berhubungan dengan hal-hal yang bertalian dengan politik. Bidang kajian pustaka kognitif banyak mengarah kepada kajian metafora, metonimi, mental space, conceptual blending theory, iconic, dan image- scema.

Referensi

http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/53042/Chapter%20II.pdf;sequence=4