Apakah yang dimaksud dengan lingerie?

Pada konteks pakaian dalam wanita, apakah yang dimaksud dengan lingerie? Apakah ciri khas dari lingerie?


Lingerie adalah kategori pakaian wanita yang terdiri dari setidaknya pakaian dalam, pakaian tidur dan jubah ringan. Pilihan kata yang spesifik sering dimotivasi oleh niat untuk menyiratkan bahwa pakaian tersebut menarik, modis atau keduanya.

Kata Lingerie adalah kata yang diambil langsung dari bahasa Perancis, yang berarti pakaian dalam.

Digunakan secara eksklusif untuk pakaian dalam wanita yang memiliki bahan lebih ringan. Kata Perancis dalam bentuk aslinya berasal dari linge kata Perancis kuno, yang berarti ‘linen’. Jadi faire le linge, berarti “mencuci baju”. Dalam bahasa Prancis kata lingerie berlaku untuk semua pakaian dalam untuk semua jenis kelamin. Dalam bahasa Inggris itu berarti pakaian dalam wanita atau pakaian tidur. Lingerie sebagai kata pertama kali digunakan untuk merujuk ke celana dalam dan bra pada tahun 1922.

Penggunaan informal menunjukkan pakaian yang menarik secara visual atau bahkan erotis. Meskipun sebagian besar pakaian dirancang untuk dipakai oleh wanita, beberapa manufaktur kini mendesain lingerie untuk pria.

Lingerie terbuat dari kain ringan, elastis, halus, tipis atau dekoratif seperti sutra, satin, Lycra, charmeuse, sifon atau (terutama dan tradisional) renda. Kain-kain ini dapat terbuat dari serat alami seperti sutra atau kapas atau serat sintetis seperti poliester atau nilon.