© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apakah yang dimaksud dengan Kalori?

kalori

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui berapa kandungan kalori dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh.

Apakah yang dimaksud Kalori secara lebih rinci ?

Kalori merupakan salah satu kandungan dalam makanan yang bermanfaat bagi tubuh sebagai asupan energy. Setiap kebutuhan kalori seseorang berbeda menurut usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas perhari. Jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori berlebih, maka hal tersebut dapat mengakibatkan kegemukan (Deddy Pamudji:2011).

Menurut Poerwadarminta (1976) bahwa kalori adalah Satuan Ukuran Panas (yaitu: panas yang diperlukan untuk memanaskan 1 kg air hingga suhunya naik 10 derajat C) Satuan energi dinyatakan dalam unit panas atau kkalori (kkal).

Satu kkalori adalah jumlah panas yang diperlukan untuk menaikan suhu 1 kg air sebanyak 10 derajat C. Pada umumnya lebih diistilahkan kalori. Satu kalori adalah 0,001 kkal.

Istilah kkalori digunakan untuk menyatakan suatu kkalori dalam jumlah tertentu, sedangkan pengertian kalori lebih digunakan untuk menyatakan suatu energi.

Sedangkan kilorimetri adalah ukuran jumlah panas yang dihasilkan. Nilai energy sebuah makanan dan energy yang dikeluarkan dalam sehari oleh seseorang diukur menggunakan metode kalorimetri dan diucapkan dalam kkalori. Pengukuran secara langsung pada jumlah panas yang dihasilkan, disebut kalorimetri langsung, dan pengukuran secara tak langsung pada jumlah panas yang dihasilkan disebut kalorimetri tidak langsung (Almatsier, 2009).

Energi Basal merupakan kalori minimal yang digunakan tubuh saat metabolisme sedang dalam keadaan istirahat, fisik dan mental yang sehat dan pada suhu ruang 25 derajat C.

Menurut Ranu Bas Kora A.P., Sutardji, Oktia Woro (2011) bahwa kisaran energi Basal yang dibutuhkan seseorang adalah sebagai berikut : Anak-anak  1.5 kalori / KgBB / Jam, Remaja  1.25 kalori / KgBB / Jam, dan dewasa 1 – 1,1 kalori / KgBB / Jam.

Sedikit banyaknya energi yang dikeluarkan didasarkan pada tingkat aktivitas perhari, misal:

  • Aktivitas ringan sekali seperti: tidur, berbaring, duduk, berdiri, menulis, merajut main catur,dsb memerlukan kurang dari 25 kalori/menit,

  • Aktifitas ringan seperti: jalan santai, cuci piring, menjahit, menyapu, menghias ruang, memerlukan sekitar 2,5-4,9 kalori/menit,

  • Aktivitas sedang seperti: mencangkul, berenang, tennis, bulutangkis, memerlukan sekitar 5,0-7,4 kalori/menit,

  • Aktivitas berat seperti: membajak sawak, memerlukan sekitar 7,5-9,9 kalori/menit,

  • Aktifitas berat sekali seperti: mendaki gunung, memerlukan lebih dari 10 kalori/menit.

Kalori yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan, menstabilkan suhu tubuh, pembaruan jaringan tubuh (Spesific Dynamic Action) SDA adalah kurang lebih 10 % dari total kalori harian (Ranu Bas Kora A.P., Sutardji, Oktia Woro:2011).

Perhitungan Kalori

Untuk menghitung jumlah total kalori sehari, ada 4 variabel perhitungan yang diperlukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kebutuhan Kalori Harian

Tentukan berat badan ideal.
Rumus Berat Badan ideal = 0,9 × (Tinggi Badan − 100) Contoh:
Wanita berumur 45 tahun dengan tinggi badan 165 cm, maka berat badan ideal = 0,9 × (165 − 100) = 58,5 kg

2. Hitung Kebutuhan Basal

Pria = berat badan ideal × 30 Kkal Wanita = berat badan ideal × 25 Kkal Contoh:

Jadi, kebutuhan basal = 58,5 × 25 Kkal = 1462,5 Kkal

3. Tambahkan Aktivitas Fisik Harian

  • Ringan (tambahkan 10 - 20%)

    • membaca (10%)
    • menyetir mobil (10%)
    • kerja kantoran (10%)
    • mengajar (20%)
    • berjalan (20%)
  • Sedang (tambahkan 20 - 30%)

    • kerja rumah tangga (20%)
    • berjalan cepat (30%)
    • bersepeda (30%)
  • Berat (tambahkan 40 - 50%)

    • aerobik (40%)
    • bersepeda mendaki (40%)
    • jogging (40%) Contoh:

4. Koreksi Usia

Kondisi Koreksi
40 - 59 tahun 5% (minus)
60 - 69 tahun 10% (minus)
70 tahun 20% (minus)

Contoh:

Umur 45 tahun, koreksi 5% = 5% × 1462,5 Kkal = 73,125 Kkal

Jadi, total kebutuhan kalori sehari untuk contoh wanita berumur 45 tahun dengan tinggi badan 165 cm adalah 1462,5 + 292,5 − 73,125
= 1681,875 = 1680 Kkal/hari.

sumber

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui berapa kandungan kalori dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh.

Beberapa Makanan makanan yang tinggi Kalori:

  • Salad buah
    Semangkuk salad buah dengan berat sekitar 32 gram dapat mengandung 100 kalori. Salah satu hidangan penutup ini kaya akan vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan suntikan energi secara instan.

  • Popcorn
    Popcorn adalah salah satu contoh makanan yang rendah kalori. Popcorn juga mengandung serat yang dapat menghindarkan Anda dari penyakit sembelit. Sekitar 348 gram popcorn tanpa lemak mengandung 100 kalori.

  • Telur
    Telur adalah sumber protein yang baik. Sebutir telur rebus mengandung 100 kalori.

  • Susu atau produk olahan susu
    Jika Anda adalah seorang pecinta produk susu atau produk olahan susu Anda dapat bergembira. Sekitar 100ml susu skim mengandung 100 kalori dan sekitar 150ml buttermilk juga mengandung kalori yang sama.

  • Air kelapa
    Air kelapa adalah salah satu minuman yang rendah karbohidrat dan gula. Air kelapa juga mengandung senyawa organik yang membantu kestabilan suhu tubuh dan dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Sekitar 175ml air kelapa mengandung 100 kalori.

  • Buah-buahan kering dan kacang
    Ada begitu banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah-buahan kering dan kacang. Apabila Anda mengonsumsi 5-6 buah kacang almond, maka hanya 100 kalori yang Anda dapatkan.

  • Sup
    Sup adalah salah satu contoh makanan sehat. Sekitar 225ml sup tomat mengandung 100 kalori.

  • Bit
    Bit mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Apabila Anda mengonsumsi sekitar 225 gram bit maka kalori yang Anda dapatkan adalah 100 kalori.

  • Wortel
    Salah satu contoh sayuran yang baik utnuk kesehatan mata ini mengandung 100 kalori setiap 200 gramnya.

  • Apel
    Sebutir apel sehari dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit karena berbagai macam nutrisi yang dikandungnya. Mengonsumsi 175 gram apel mengandung 100 kalori.

  • Jeruk
    Jeruk adalah salah satu buah terbaik karena mengandung banyak vitamin yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya. Setiap 200 gram jeruk mengandung 100 kalori.

Ringkasan

http://www.alodokter.com/kalori-kunci-berat-badan-sehat
-http://www.sheentin.com/kesehatan/11-makanan-yang-tinggi-kalori.html[/details]