Apakah yang dimaksud dengan Kalori?

kalori

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui berapa kandungan kalori dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh.

Apakah yang dimaksud Kalori secara lebih rinci ?

3 Likes

Kalori merupakan salah satu kandungan dalam makanan yang bermanfaat bagi tubuh sebagai asupan energy. Setiap kebutuhan kalori seseorang berbeda menurut usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas perhari. Jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori berlebih, maka hal tersebut dapat mengakibatkan kegemukan (Deddy Pamudji:2011).

Menurut Poerwadarminta (1976) bahwa kalori adalah Satuan Ukuran Panas (yaitu: panas yang diperlukan untuk memanaskan 1 kg air hingga suhunya naik 10 derajat C) Satuan energi dinyatakan dalam unit panas atau kkalori (kkal).

Satu kkalori adalah jumlah panas yang diperlukan untuk menaikan suhu 1 kg air sebanyak 10 derajat C. Pada umumnya lebih diistilahkan kalori. Satu kalori adalah 0,001 kkal.

Istilah kkalori digunakan untuk menyatakan suatu kkalori dalam jumlah tertentu, sedangkan pengertian kalori lebih digunakan untuk menyatakan suatu energi.

Sedangkan kilorimetri adalah ukuran jumlah panas yang dihasilkan. Nilai energy sebuah makanan dan energy yang dikeluarkan dalam sehari oleh seseorang diukur menggunakan metode kalorimetri dan diucapkan dalam kkalori. Pengukuran secara langsung pada jumlah panas yang dihasilkan, disebut kalorimetri langsung, dan pengukuran secara tak langsung pada jumlah panas yang dihasilkan disebut kalorimetri tidak langsung (Almatsier, 2009).

Energi Basal merupakan kalori minimal yang digunakan tubuh saat metabolisme sedang dalam keadaan istirahat, fisik dan mental yang sehat dan pada suhu ruang 25 derajat C.

Menurut Ranu Bas Kora A.P., Sutardji, Oktia Woro (2011) bahwa kisaran energi Basal yang dibutuhkan seseorang adalah sebagai berikut : Anak-anak  1.5 kalori / KgBB / Jam, Remaja  1.25 kalori / KgBB / Jam, dan dewasa 1 – 1,1 kalori / KgBB / Jam.

Sedikit banyaknya energi yang dikeluarkan didasarkan pada tingkat aktivitas perhari, misal:

  • Aktivitas ringan sekali seperti: tidur, berbaring, duduk, berdiri, menulis, merajut main catur,dsb memerlukan kurang dari 25 kalori/menit,

  • Aktifitas ringan seperti: jalan santai, cuci piring, menjahit, menyapu, menghias ruang, memerlukan sekitar 2,5-4,9 kalori/menit,

  • Aktivitas sedang seperti: mencangkul, berenang, tennis, bulutangkis, memerlukan sekitar 5,0-7,4 kalori/menit,

  • Aktivitas berat seperti: membajak sawak, memerlukan sekitar 7,5-9,9 kalori/menit,

  • Aktifitas berat sekali seperti: mendaki gunung, memerlukan lebih dari 10 kalori/menit.

Kalori yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan, menstabilkan suhu tubuh, pembaruan jaringan tubuh (Spesific Dynamic Action) SDA adalah kurang lebih 10 % dari total kalori harian (Ranu Bas Kora A.P., Sutardji, Oktia Woro:2011).

Perhitungan Kalori

Untuk menghitung jumlah total kalori sehari, ada 4 variabel perhitungan yang diperlukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kebutuhan Kalori Harian

Tentukan berat badan ideal.
Rumus Berat Badan ideal = 0,9 × (Tinggi Badan − 100) Contoh:
Wanita berumur 45 tahun dengan tinggi badan 165 cm, maka berat badan ideal = 0,9 × (165 − 100) = 58,5 kg

2. Hitung Kebutuhan Basal

Pria = berat badan ideal × 30 Kkal Wanita = berat badan ideal × 25 Kkal Contoh:

Jadi, kebutuhan basal = 58,5 × 25 Kkal = 1462,5 Kkal

3. Tambahkan Aktivitas Fisik Harian

  • Ringan (tambahkan 10 - 20%)

    • membaca (10%)
    • menyetir mobil (10%)
    • kerja kantoran (10%)
    • mengajar (20%)
    • berjalan (20%)
  • Sedang (tambahkan 20 - 30%)

    • kerja rumah tangga (20%)
    • berjalan cepat (30%)
    • bersepeda (30%)
  • Berat (tambahkan 40 - 50%)

    • aerobik (40%)
    • bersepeda mendaki (40%)
    • jogging (40%) Contoh:

4. Koreksi Usia

Kondisi Koreksi
40 - 59 tahun 5% (minus)
60 - 69 tahun 10% (minus)
70 tahun 20% (minus)

Contoh:

Umur 45 tahun, koreksi 5% = 5% × 1462,5 Kkal = 73,125 Kkal

Jadi, total kebutuhan kalori sehari untuk contoh wanita berumur 45 tahun dengan tinggi badan 165 cm adalah 1462,5 + 292,5 − 73,125
= 1681,875 = 1680 Kkal/hari.

sumber

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui berapa kandungan kalori dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh.

Beberapa Makanan makanan yang tinggi Kalori:

  • Salad buah
    Semangkuk salad buah dengan berat sekitar 32 gram dapat mengandung 100 kalori. Salah satu hidangan penutup ini kaya akan vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan suntikan energi secara instan.

  • Popcorn
    Popcorn adalah salah satu contoh makanan yang rendah kalori. Popcorn juga mengandung serat yang dapat menghindarkan Anda dari penyakit sembelit. Sekitar 348 gram popcorn tanpa lemak mengandung 100 kalori.

  • Telur
    Telur adalah sumber protein yang baik. Sebutir telur rebus mengandung 100 kalori.

  • Susu atau produk olahan susu
    Jika Anda adalah seorang pecinta produk susu atau produk olahan susu Anda dapat bergembira. Sekitar 100ml susu skim mengandung 100 kalori dan sekitar 150ml buttermilk juga mengandung kalori yang sama.

  • Air kelapa
    Air kelapa adalah salah satu minuman yang rendah karbohidrat dan gula. Air kelapa juga mengandung senyawa organik yang membantu kestabilan suhu tubuh dan dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Sekitar 175ml air kelapa mengandung 100 kalori.

  • Buah-buahan kering dan kacang
    Ada begitu banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah-buahan kering dan kacang. Apabila Anda mengonsumsi 5-6 buah kacang almond, maka hanya 100 kalori yang Anda dapatkan.

  • Sup
    Sup adalah salah satu contoh makanan sehat. Sekitar 225ml sup tomat mengandung 100 kalori.

  • Bit
    Bit mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Apabila Anda mengonsumsi sekitar 225 gram bit maka kalori yang Anda dapatkan adalah 100 kalori.

  • Wortel
    Salah satu contoh sayuran yang baik utnuk kesehatan mata ini mengandung 100 kalori setiap 200 gramnya.

  • Apel
    Sebutir apel sehari dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit karena berbagai macam nutrisi yang dikandungnya. Mengonsumsi 175 gram apel mengandung 100 kalori.

  • Jeruk
    Jeruk adalah salah satu buah terbaik karena mengandung banyak vitamin yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya. Setiap 200 gram jeruk mengandung 100 kalori.

Ringkasan

http://www.alodokter.com/kalori-kunci-berat-badan-sehat
-http://www.sheentin.com/kesehatan/11-makanan-yang-tinggi-kalori.html[/details]

Kalori adalah ukuran energi. Kalori “kecil” (cal) mengukur jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu tepat satu gram air sebesar satu derajat Celcius pada satu tekanan atmosfer, dan kalori “besar”, juga dikenal sebagai kalori kilogram (Cal), lebih umum dikenal dan merujuk pada kalori dalam makanan. Kalori besar dinamai tersebut karena setara dengan 1.000 kalori kecil (1 kilokalori).

Fungsi Kalori

Asupan kalori sangat penting untuk kesehatan seseorang. Kalori dalam makanan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk menopang kehidupan. Semua sel dalam tubuh kita membutuhkan energi untuk melakukan tugas spesifik mereka, mulai dari metabolisme protein hingga siklus Krebs. Ketika kita makan, makanan dipecah untuk melepaskan energi ini yang baik digunakan oleh tubuh segera atau disimpan untuk digunakan nanti, tergantung pada kebutuhan tubuh pada saat itu.

Akibat Kelebihan dan Kekurangan Kalori

Kelebihan dan kekurangan asupan kalori akan merusak kesehatan seseorang. Makan terlalu banyak dan bergerak terlalu sedikit menyebabkan obesitas. Menjadi gemuk, atau dengan kata lain, menimbun lemak berlebih dapat menyebabkan efek berbahaya pada tubuh termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, peningkatan risiko stroke, diabetes mellitus tipe 2, osteoarthritis, penyakit kandung empedu, batu empedu, masalah kesuburan, alkoholik penyakit hati berlemak, asam urat, masalah pernapasan seperti sleep apnea, dan beberapa jenis kanker seperti kanker endometrium, payudara, dan usus besar.

Tidak hanya obesitas memengaruhi kesehatan fisik seseorang, tetapi juga berdampak pada kesehatan mental dan sosial seseorang. Obesitas menyebabkan depresi, kecemasan, dan harga diri rendah. Obesitas juga dapat menyebabkan kerugian seperti ditindas dan memiliki lebih sedikit teman, yang menciptakan umpan balik ke depresi dan harga diri yang rendah. Ini relevan secara klinis karena pandangan negatif atau kesehatan mental yang berbahaya secara keseluruhan dapat berdampak besar pada kesehatan fisik seseorang dan sebaliknya. Dengan demikian, sangat penting bagi dokter, terutama dokter perawatan primer untuk sangat mendorong dan memotivasi pasien mereka merawat diri mereka sendiri melalui kebiasaan makan yang lebih sehat, memilih lebih sedikit kalori dengan nilai gizi yang lebih besar, tetap aktif, dan bertujuan untuk berat badan yang sehat untuk tinggi mereka. Mengurangi berat badan dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan tingkat aktivitas sangat mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan obesitas. Bahkan, diketahui memperpanjang masa hidup dan bahkan mencegah penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia. Menurut model transgenik Alzheimer, pembatasan kalori dapat mencegah deposisi beta-amiloid, yang merupakan ciri khas penyakit Alzheimer. Ini juga dapat mengurangi stres oksidatif pada otak dan mendukung plastisitas sinapsis. Bersama-sama, olahraga dan pengurangan kalori dapat menurunkan penyakit neurodegeneratif secara keseluruhan. Pembatasan kalori juga secara nyata mengurangi jumlah faktor pertumbuhan seperti IGF-1, hormon anabolik, dan sitokin inflamasi dalam aliran darah serta penanda stres oksidatif yang terkait dengan kanker tertentu.

Namun, asupan kalori yang terlalu sedikit juga signifikan secara klinis. Ada beberapa diet dan gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia yang tidak masuk akal untuk mempertahankan tubuh manusia. Tidak hanya nutrisi dan energi yang dihasilkan tidak mencukupi untuk mempertahankan fungsi normal hingga ke tingkat sel, tetapi tekanan psikologis yang disebabkan oleh penurunan energi ini sebenarnya dapat menyebabkan penambahan berat badan di samping memperlambat kognisi dan konsentrasi. Faktanya, produksi kortisol meningkat ketika seseorang tidak menyediakan nutrisi yang cukup bagi tubuhnya, yang pada gilirannya juga menyebabkan penambahan berat badan. Tubuh pada dasarnya beralih ke mode bertahan hidup, dan metabolisme perlahan mulai dimatikan. Tubuh dalam mode bertahan hidup akan menolak untuk kehilangan lebih banyak lemak dan akan mempertahankan setiap kalori yang ada. Dalam versi malnutrisi yang paling ekstrem, ketika tubuh seseorang mengalami kelaparan karena makan terlalu sedikit atau tanpa kalori, kerusakan organ permanen dan bahkan serangan jantung bisa segera terjadi. Ada sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan sistemnya, dan tanpa ini, ia akan mulai gagal. Salah satu akibat kelaparan adalah ketidakseimbangan elektrolit yang pada gilirannya dapat menyebabkan jantung menjadi aritmia berbahaya. Hilangnya elektrolit juga menyebabkan tulang melemah. Jika kelaparan berlanjut, ginjal, jantung, dan otot rangka akan kehilangan massa.

Asupan kalori tidak hanya soal kuantitas. Kualitas asupan kalori juga sangat penting. Hanya karena semua makanan dalam jumlah yang sama mungkin isocaloric, ini tidak berarti bahwa mereka semua isometabolik. Saat membandingkan makanan, jumlah kalori yang sama dengan jumlah yang sama tidak berarti bahwa makanan tersebut akan mempengaruhi tubuh dengan cara yang sama. Misalnya, memperoleh kalori harian seseorang hanya dari lemak dapat secara numerik sama dengan kalori yang dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran, tetapi potensi manfaatnya hilang dan banyak risiko terkait dengan tidak mendapatkan keseimbangan nutrisi yang tepat. Jika diet seseorang hanya terdiri dari gula dan karbohidrat olahan tanpa asupan protein yang memadai, akan terjadi peningkatan besar gula darah, yang menyebabkan peningkatan lonjakan insulin dan peningkatan penyimpanan lemak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi kalori dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian mengurangi risiko beberapa jenis keganasan termasuk (tetapi tidak terbatas pada) esofagus dan esofagogastrik adenokarsinoma fungsional dan diet tinggi lemak hewan (terutama daging merah) sebenarnya meningkatkan risiko kanker ini.

Referensi

Osilla. E V and Sharma, S. 2018. Calories. StatPearls Publishing.

Kalori adalah satuan energi yang banyak digunakan dalam nutrisi. Untuk alasan historis, dua definisi utama kalori digunakan secara luas. Kalori kecil atau gram kalori (biasanya dinotasikan “kal”) adalah jumlah energi panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu satu gram air hingga satu derajat Celcius (atau satu kelvin). Kalori besar, kalori makanan, atau kilokalori (Kal, kalori, atau kkal) adalah jumlah panas yang dibutuhkan untuk menyebabkan peningkatan yang sama dalam satu kilogram air. Dengan demikian, 1 kilokalori (kkal) = 1000 kalori (kal). Dengan konvensi dalam ilmu makanan, kalori besar biasanya disebut kalori (dengan huruf C oleh beberapa penulis untuk membedakan dari unit yang lebih kecil). Di sebagian besar negara, label produk makanan industri diharuskan untuk menunjukkan nilai energi nutrisi dalam (kilo atau besar) kalori per porsi atau per berat.

Kalori berhubungan langsung dengan sistem metrik, dan karenanya ke sistem SI. Ini dianggap sebagai usang dalam komunitas ilmiah, sejak adopsi sistem SI, tetapi masih digunakan. Satuan SI energi adalah joule, dengan simbol “J”: satu kalori kecil didefinisikan dengan tepat 4,184 J; satu kalori besar adalah 4184 J.

Definisi

Kalori modern (kecil) didefinisikan sebagai jumlah energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan suhu 1 gram air hingga 1 ° C (atau 1 K, yang merupakan kenaikan yang sama). Definisi ini tergantung pada tekanan atmosfer dan suhu awal. Karenanya, beberapa definisi tepat kalori yang berbeda telah digunakan.

  1. ‘Kalori termokimia’ didefinisikan oleh Rossini hanya sebagai 4,1833 joule internasional untuk menghindari kesulitan yang terkait dengan ketidakpastian tentang kapasitas panas air. Itu kemudian didefinisikan ulang sebagai 4,1840 J tepatnya.

  2. Angka tersebut tergantung pada faktor konversi antara joule “internasional” dan “absolut” (modern, SI). Dengan menggunakan ohm dan volt internasional rata-rata (1.00049 Ω, 1.00034 V), “joule internasional” adalah sekitar 1.00019 J, menggunakan ohm dan volt internasional AS (1.000495 Ω, 1.000330 V) sekitar 1.000165 J, memberikan 4.18684 dan 4.18674 J masing-masing.

  3. Tekanan atmosfer standar dapat dianggap 101,325 kPa.

Dua definisi yang paling umum dalam literatur lama adalah kalori 15 ° C dan kalori termokimia. Sampai 1948, yang terakhir didefinisikan sebagai 4.1833 joule internasional; standar saat ini dari 4,184 J dipilih untuk memiliki kalori termokimia baru yang mewakili jumlah energi yang sama seperti sebelumnya.

Kalori pertama kali didefinisikan secara khusus untuk mengukur energi dalam bentuk panas, terutama dalam kalorimetri eksperimental.

Sejarah

Kalori pertama kali diperkenalkan oleh Nicolas Clément, sebagai satuan energi panas, dalam ceramah selama tahun 1819-1824. Ini adalah kalori “besar”, yaitu. kilokalori modern. Istilah ini memasukkan kamus Prancis dan Inggris antara 1841 dan 1867. Itu berasal dari bahasa Latin calor, yang berarti ‘panas’.

Kalori “kecil” (kalori modern) diperkenalkan oleh Pierre Antoine Favre (Kimiawan) dan Johann T. Silbermann (Fisikawan) pada tahun 1852. Pada tahun 1879, Marcellin Berthelot membedakan antara kalori-kalori (kalori modern) dan kalori-kalori (kalori modern) ). Berthelot juga memperkenalkan konvensi kapitalisasi kilogram-kalori, sebagai Kalori.

Penggunaan kilogram-kalori (kkal) untuk nutrisi diperkenalkan kepada publik Amerika oleh Wilbur Olin Atwater, seorang profesor di Universitas Wesleyan, pada tahun 1887.

Kalori modern (kal) pertama kali diakui sebagai unit sistem cm-gs (cgs) pada tahun 1896, bersama dengan unit energi cgs yang sudah ada, erg (pertama kali disarankan oleh Clausius pada tahun 1864, dengan nama ergon, dan secara resmi diadopsi pada tahun 1882).

Sudah pada tahun 1928 ada keluhan serius tentang kemungkinan kebingungan yang timbul dari dua definisi utama kalori dan apakah gagasan menggunakan huruf kapital untuk membedakannya masuk akal. Penggunaan kalori secara resmi dihentikan oleh Konferensi Umum kesembilan dan Pengukuran, pada tahun 1948.

Alternatif ejaan kalori adalah “archaic”.

Referensi
  1. Hargrove, James L (2007). “Does the history of food energy units suggest a solution to “Calorie confusion”?”. Nutrition Journal. 6 (44): 44.
  2. “How many calories do adults need?”. eatright.org. Academy of Nutrition and Dietetics. 1 July 2019.
  3. “Cambridge Dictionary: calorie”.
  4. “Definition of calorie noun from the Oxford Advanced American Dictionary”.
  5. “Definition of Calorie”. Merriam-Webster. August 1, 2017.
  6. Conn, Carole; Len Kravitz. “Remarkable Calorie”. University of New Mexico.
  7. JL Hargrove, “History of the calorie in nutrition”, J Nutr 136/12 (December 2006), pp. 2957–2961.
  8. Marks, Percy L. (January 14, 1928). “The Two Calories, Percy L. Marks”. Nature. 121(3037): 58.
  9. 9th CGPM, Resolution 3: Triple point of water; thermodynamic scale with a single fixed point; unit of quantity of heat (joule)., bipm.org.
  10. Rossini, Fredrick (1964). “Excursion in Chemical Thermodynamics, from the Past into the Future”. Pure and Applied Chemistry. 8 (2): 107.
  11. Lynch, Charles T. (1974). Handbook of Materials Science: General Properties, Volume 1. CRC Press. p. 438.
  12. FAO (1971). “The adoption of joules as units of energy”.
  13. International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) (1997). “1.6 Conversion tables for units” (PDF). Compendium of Analytical Nomenclature (3 ed.).
  14. Allain, Rhett (February 23, 2016). “Calculating Calories by Burning Gummy Bears to Death”. Scientific American.