Apakah yang dimaksud dengan Infatuation Love?

Infatuation love

Infatuation love merupakan jenis cinta yang timbul karena fisik. Mengandung hasrat, ketertarikan fisik yang kuat dan gairah seksual tanpa adanya keintiman dan komitmen. Cinta jenis ini bisa muncul secara tiba-tiba dan cepat dengan beberapa syarat tertentu dan berlangsung dalam jangka panjang.

Terdapat banyak jenis jenis pada cinta, salah satunya Infatuation Love, apa arti dari Infatuation Love ?

Cinta merupakan topik yang tidak pernah ada habisnya. Dalam cabang ilmu psikologi sendiri terdapat beberapa teori yang membahas mengenai hubungan percintaan. Tak sedikit juga para pakar psikologi yang membahas lebih mendalam, bahkan memiliki teori mengenai hal tersebut, salah satunya adalah Robert Jeffry Sternberg. Sternberg merupakan pakar psikologi asal Amerika Serikat yang populer dengan teori segitiga cinta ( Triangle Love Theory ).

Dalam teori tersebut Sternberg mengklasifikasikan cinta menjadi tiga komponen. Pertama, kedekatan ( intimacy ), kedua adalah hasrat ( passion ), dan yang terakhir adalah komitmen (commitment). Dari teori segita cinta tersebut dapat disimpulkan menjadi beberapa jenis cinta. Dari jenis-jenis cinta tersebut, kita akan tahu jenis cinta manakah yang sedang Anda jalani bersama pasangan. salah satu jenis cinta adalah infatuation love.

Infatuated Love sering juga disebut sebagai cinta pada pandangan pertama. Perasaan ini ada ketika muncul aspek passion di dalam diri seseorang, di mana daya tarik satu sama lain sangat menonjol yang membuat seseorang merasa tergila-gila. Jenis cinta ini sangat dipengaruhi oleh hal-hal yang bersifat fisik, sehingga seseorang bisa merasakan perasaan suka tanpa memikirkan hubungan yang intim dan berkomitmen.

Sternberg (2009) menyebutkan bahwa kombinasi dari ketiga komponen cinta tersebut akan menghasilkan jenis-jenis cinta yang berbeda, salah satunya adalah cinta nafsu (Infatuation love). Dalam Cinta nafsu hanya memiliki komponen gairah tanpa ada komponen keintiman dan komitmen, biasanya merupakan cinta yang terjadi pada pandangan pertama. Jenis cinta ini dapat muncul secara cepat dan menghilang dengan cepat pula. Cinta nafsu dicirikan dengan adanya keterbangkitan psikofisiologis dan tanda-tanda fisik seperti detak jantung meningkat,
jantung berdebar keras, peningkatan sekresi hormon dan adanya ereksi alat genital (penis atau klitoris).
image

Infatuation atau cinta dan kegilaan adalah emosi yang kuat yang dirasakan seseorang untuk orang lain. Perasaan ini paling sering dikacaukan satu sama lain oleh banyak orang. Tetapi kedua perasaan itu berbeda dalam aktualitas cinta, intensitas, dan hasil akhirnya.

Infatuasi adalah keadaan sepenuhnya terbawa oleh hasrat atau cinta yang tidak masuk akal; cinta yang membuat ketagihan. Kegilaan biasanya terjadi pada awal hubungan ketika ketertarikan seksual adalah pusat. Cinta dapat digambarkan sebagai perasaan kasih sayang yang intens bagi orang lain. Ini paling sering dibicarakan sebagai emosi antara dua orang. Karenanya kadang-kadang juga disebut sebagai cinta interpersonal.

Sumber : https://www.diffen.com/difference/Infatuation_vs_Love