Apakah yang dimaksud dengan industri perikanan ?

image

Pembangunan sektor perikanan telah memberikan kontribusi penting dalam perekonomian regional dan nasional. Alasan pokok pentingnya kontribusi dalam perikanan diantaranya bahwa produk perikanan merupakan pemasok utama protein hewani bagi penduduk Indonesia.

Apakah yang dimaksud dengan industri perikanan ?

Industri perikanan mencakup industri atau kegiatan yang terkait dengan pengambilan, pembiakan, pengolahan, pelestarian, penyimpanan, pengangkutan, pemasaran atau penjualan ikan atau produk ikan. Hal ini didefinisikan oleh FAO termasuk sektor perikanan rekreasi, subsisten dan komersial, dan sektor pemanenan, pengolahan, dan pemasaran. Kegiatan komersial ini ditujukan untuk pengiriman ikan dan produk makanan laut lainnya untuk konsumsi manusia atau untuk digunakan sebagai bahan baku dalam proses industri lainnya. Jenis industri perikanan meliputi perikanan komersial, budidaya ikan, pengolahan ikan, produk ikan dan pemasaran ikan.

Perikanan ditentukan oleh aktivitas penangkapan ikan. Ikan biasanya tertangkap di alam bebas. Teknik penangkapan ikan meliputi pengumpulan tangan, percikan, kelambu, memancing dan menjebak.

Industri perikanan terdiri dari sejumlah besar operator independen yang menjual produk mereka sebagai kontraktor independen untuk pabrik pengolahan ikan. Hal ini juga terdiri dari nelayan dan awak kapal nelayan yang bekerja untuk armada komersial beberapa di antaranya milik perusahaan pengolahan. industri perikanan meliputi penangkapan ikan komersial, budidaya ikan, pengolahan ikan, produk ikan dan pemasaran ikan.

Sumber: