Apakah yang dimaksud dengan heptalysis analisis?

Heptalysis adalah platform yang digunakan oleh pengusaha, investor dan konsultan bisnis untuk menilai usaha baru dan mengidentifikasi titik-titik kuat serta bagian yang membutuhkan perhatian lebih.

Saat ini bermunculan banyak startup namun sayangnya tidak semua startup mampu bersaing dan bertahan seiring berjalanya waktu. Diharapkan dengan artikel ini dapat membantu startup untuk mampu bersaing dan bertahan dengan teknik Heptalysis.
Pengertian

Heptalysis adalah konsep pemodelan yang membahas unsur-unsur mendasar dari usaha bisnis dan menyarankan cara-cara untuk penyaringan sistematis dan proses penilaian. Heptalysis memungkinkan Anda melakukan analisis bisnis dari berbagai sudut . Dengan pandangan seperti ini pada suatu proyek, didapatkan peran penting yang memungkinkan untuk kontrol yang maksimum dan hasil yang lebih komprehensif.

###Usaha

Sebuah usaha bekerja seperti mesin menghasilkan keuntungan, mengkonsumsi berbagai sumber sebagai input dan menghasilkan keuntungan keuangan tertentu sebagai output. Dimensi waktu dan jenis pengembalian bervariasi tergantung pada tahap, jenis, dan strategi usaha. Investor harus selalu menjaga kerangka waktu.

Tim manajemen usaha ini bertanggung jawab untuk merencanakan untuk keuntungan maksimum dan risiko minimal dan membuktikan kepada Investor tentang validitas rencana ini.

###Faktor-Faktor yang dikembangkan dalam Heptalysis

Keputusan investasi didasarkan pada rasio risiko / keuntungan. Namun kecuali potensi risiko dan keuntungan dapat secara akurat diperkirakan akan sangat sulit untuk membuat penilaian yang baik. Penilaian yang tepat adalah pindah dari ketidakpastian untuk kepastian dan kemungkinan dan kepastian.

Untuk menilai usaha dengan pendekatan sistematis, semua faktor yang berpengaruh itu adalah :

1) Peluang Pasar

Bisnis gagal karena tidak ada peluang nyata untuk memulai bisnis. Analisis ini melibatkan apa yang ada di pasaran saat ini dengan, kebutuhan seperti apa dan apa yang sedang dipenuhi oleh pesaing saat ini. Kesempatan yang terlihat dijadikan semenarik mungkin dan harus berlangsung untuk jangka waktu yang lama. Kesempatan yang diambil harus selalu memberikan keuntungan yang layak dan di sisi lain juga harus menjadi sumber pendapatan.

2) Produk / Solusi

Solusinya bisa berupa apa saja baik itu teknologi, layanan, produk atau mungkin model bisnis. Analisis produk / solusi langsung mengidentifikasi apakah pengguna akan dapat menerima produk perusahaan dengan mudah atau tidak. Bisnis sering gagal karena mereka mulai memecahkan masalah yang bukan merupakan bagian dari peluang pasar dan solusi yang tidak dibutuhkan.

3) Rencana Eksekusi

Ini mengacu pada penciptaan rencana eksekusi yang kuat yang membantu dalam menentukan kerangka kerja strategis dan solusi taktis untuk mendapatkan keberhasilan yang signifikan. rencana eksekusi juga anggota tim dan juga memastikan bahwa mereka fokus pada tujuan yang sama dan bergerak ke arah yang benar. Rencana tersebut juga perlu fokus pada tujuan organisasi dan juga membantu untuk membuat atau merencanakan tujuan bisnis yang lebih besar bagi organisasi.

4) Human Capital

Ini adalah bagian paling penting dari bisnis. Tidak peduli berapa banyak ide yang baik. Penting bagi tim untuk memahami dan memberikan bentuk yang lebih lanjut akan memutuskan apakah bisnis akan sukses atau gagal. Terlepas dari ini, mempekerjakan orang yang tepat untuk proyek yang tepat dan menetapkan tugas ke orang yang tepat adalah sama pentingnya. Pemimpin yang sedang dipilih oleh manajemen harus berkomitmen dan bersemangat dalam bekerja, namun pada saat yang sama ia harus menjaga keharmonisan diantara para anggota timnya.

5) Mesin Keuangan

Ini tahap penawaran analisis dengan arus kas internal dan suntikan modal eksternal. Membiarkan dan memahami arus kas yang memungkinkan analis bisnis untuk memahami bahwa akses proyeksi arus kas, investasi modal, kebutuhan modal, uang membuat strategi dan alokasi sumber daya. Hal ini dapat mengungkapkan strategi jangka panjang perusahaan untuk membuat uang, atau mengungkap tempat potensial bisnis yang tidak efisien mengalokasikan sumber daya mereka.

6) Potensi Kembali

Atau payback adalah fungsi dari total pasar yang tersedia, model pendapatan, harga, margin keuntungan dan rentang waktu. Idenya adalah untuk mengidentifikasi pendekatan yang realistis seperti pada apa yang dapat dilakukan dengan uang dan waktu dan kemudian mengevaluasi peluang bisnis untuk membuat alokasi dari modal manusia.

7) Margin of Safety

Bisnis didorong oleh setiap perusahaan, unik dan ada banyak faktor yang mempengaruhi. Hal ini menjadi sangat penting bagi analis untuk memahami apa yang bisa menjadi potensi dan risiko serta apa solusi yang harus didefinisikan untuk menahan risiko ini. Pemahaman tentang eksternal serta risiko internal adalah sama pentingnya. Hal ini penting untuk meramalkan perubahan pasar dan peristiwa.

Referensi :

  1. Kent Jerman, Top 10 Dot-Com Flops, (6 Desember 2007), Cnet.com
    2.http://www.heptalysis.com/whitepaper.htm <diakses pada 20/11/2016>
  2. http://analysing-business.com/analysing-business-heptalysis <diakses pada 20/11/2016>