Apakah yang dimaksud dengan Customer Development Model?

Banyak Startup gagal karena mereka tidak mengembangkan pasar mereka dan menganalisis keinginan pelanggan. Mereka tidak memperhatikan hal paling krusial dalam bisnis yakni masalah customer. Salah satu model untuk mempermudah dalam menganalisis customer adalah menggunakan Customer Development model.

Customer Development model adalah suatu kerangka kerja empat langkah untuk menemukan dan memvalidasi bahwa Anda telah mengidentifikasi pasar untuk produk Anda, membangun fitur produk yang tepat yang dapat memecahkan masalah pelanggan, menguji metode yang benar untuk memperoleh dan mengkonversi pelanggan, dan menggunakan sumber daya yang tepat untuk memperbesar skala bisnis.

Dari pengertian di atas dijelaskan bahwa Customer Development model memiliki empat langkah yaitu :
1. Customer Discovery
2. Customer Validation
3. Customer Creation
4. Company Building

Customer Discovery, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencari konsumen yang cocok dengan produk kita atau mencari masalah konsumen yang kita yakin dapat menyelesaikannya. Secara formalnya, masalah, produk, dan customer hipotesis dalam bisnis plan yang dirancang sudah tepat atau belum. Cara yang bisa dilakukan dalam langkah ini adalah survey langsung ke pasar yang akan menjadi target pemasaran.

Langkah Selanjutnya, Customer Validation yaitu langkah yang bertujuan untuk membangun sales road map. Sales road map merupakan panduan dari proses penjualan yang sudah terbukti keberhasilannya berdasarkan hasil penjualan produk dari konsumen awal. Customer Validation menunjukkan bahwa kita sudah menemukan pelanggan dan market yang menerima produk kita dengan baik.

Customer Creation, dalam tahap ini kita menangkap keinginan pelanggan kita terhadap produk yang sudah kita tawarkan sehingga pelanggan akan setia menggunakan produk kita dan memungkinkan kita mendapat pelanggan baru.

Company Building, langkah akhir dimana kita sudah membentuk departemen pengembangan yang berfokus pada sales, marketing dan bisnis. Departemen tersebut melakukan dan mengembangkan langkah-langkah dari Customer Discovery, Customer Validation dan Customer Creation agar perusahan bertahan dari bisnis yang sudah berjalan.