Apakah yang dimaksud dengan Analisis Konjoin pada Customer Research?

Pada Customer Research terdapat metode kuantitatif dalam memperoleh data dari konsumen. Metode kualitatif terdiri atas customer surveys, analisa konjoin, landing page test, beta test atau market trial, A/B test, net promoter score, dan analisis cohort. Dari beberapa metode tersebut, apakah yang dimaksud dengan analisis konjoin?

Analisis konjoin merupakan suatu teknik analisis yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan relatif berdasarkan persepsi pelanggan yang dibawa oleh suatu produk tertentu dan nilai kegunaan yang muncul dari atribut-atribut produk terkait. Untuk menentukan strategi pemasaran, analisis konjoin merupakan metode yang tepat dan baik. Bahkan pada tataran yang lebih tinggi bisa dipakai untuk segmentasi pasar berdasarkan preferensi konsumen terhadap atribut produk yang dipilihnya.

Filosofi dari teknik analisis ini ialah setiap stimulus apa saja yang bisa berupa produk, merek atau barang yang dijual dipasar akan dievaluasi oleh konsumen sebagai suatu kumpulan atribut-atribut tertentu. Oleh karena itu, teknik ini sangat bermanfaat dalam pemasaran untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap suatu produk yang diluncurkan di pasar.

Dalam pemasaran teknik analisis conjoint biasanya digunakan untuk hal-hal sebagai berikut :

  1. Menentukan tingkat kepentingan relatif atribut-atribut pada proses pemilihan yang dilakukan oleh konsumen.
  2. Membuat estimasi pangsa pasar suatu produk tertentu yang berbeda tingkat atributnya.
  3. Untuk menentukan komposisi produk yang paling disukai oleh konsumen.
  4. Untuk membuat segmentasi pasar yang didasarkan pada kemiripan preferensi terhadap tingkat-tingkat atribut.

Manfaat yang dapat diambil dari penggunaan analisis konjoin ini adalah produsen dapat mencari solusi kompromi yang optimal dalam merancang atau mengembangkan suatu produk.
Menurut Green & Krieger (1991) analisis ini dapat juga dimanfaatkan untuk:

  1. Merancang harga
  2. Memprediksi tingkat penjualan atau penggunaan produk (market share), uji coba konsep produk baru.
  3. Segmentasi preferensi
  4. Merancang strategi promosi

Tahapan yang umumnya dilakukan dalam merancang dan melaksanakan analisis konjoin secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Merumuskan Masalah
  2. Mengkonstruksi Stimulus
  3. Menentukan Bentuk Data Input
  4. Membuat Prosedur Analisa Konjoin
  5. Menafsir Hasilnya
  6. Menguji Reliabilitas dan Validitas