Apakah yang Anda ketahui tentang Indeks Hang Seng?

Saham

Indeks Hang Sang adalah salah satu indeks pasar saham yang ada di bursa saham Hongkong. Apakah yang Anda ketahui tentang Indeks Hang Seng?

Indeks Hang Seng merupakan indeks bursa saham yang terdapat di Hongkong. Indeks ini digunakan untuk mencatat dan memonitor pergerakan saham perusahaan-perusahaan besar yang berada di Hongkong. Indeks Hang Seng dimulai pada 24 November 1969. Indeks ini diberi nama seperti bank Hongkong yaitu Hang Seng Bank yang merupakan emiten perbankan terbesar di bursa Hongkong. Hang Seng Bank juga merupakan salah satu pemegang saham bank HSBC.

Indeks Hang Seng adalah sebuah indeks pasar saham berdasarkan kapitalisasi di Bursa Saham Hong Kong. Indeks ini digunakan untuk mendata dan memonitor perubahan harian dari perusahaan - perusahaan terbesar di pasar saham Hong Kong dan sebagai indikator utama dari performa pasar di Hong Kong.

HSI dimulai pada 24 November 1969 dirangkum dan dirawat oleh HIS Services Limited, yang merupakan anak perusahaan penuh dari Hang Seng Bank, bank terbesar ke-2 di Hong Kong berdasarkan kapitalisasi pasar. Perusahaan ini bertanggung jawab untuk membuat, menerbitkan, dan mengatur Indeks Hang Seng dan beberapa indeks saham lainnya, seperti Hang Seng Composite Index, Hang Seng HK MidCap Index dan lain-lain.

Hang Seng Index (HSI) adalah salah-satu variant produk investasi di perdagangan berjangka yang paling dinamis dan paling cepat pergerakannya. Paling populer di Indonesia dari jenis index. Salah-satu stock index (stodex) Asia yang paling terkenal di seluruh Asia, yang merupakan sebuah standar index (harga rata- rata) saham di bursa saham atau pasar modal Hong Kong, digunakan oleh hampir semua financial atau fund manager di Asia sebagai standar perdagangan.

Metode Perhitungan Indeks Hang Seng menggunakan rumus sebagai berikut (Frensidy, 2009):

image

Keterangan:

HIS : Pergerakan Indeks Hang Seng Indeks
HSt : Indeks Hang Seng pada tahun ke-t
Indeks HSt-1 : Indeks Hang Seng pada sebelum tahun ke-t