Apakah yang akan terjadi jika kita menggabungkan MVP (Minimum Viable Product) dan MMP (Minimum Market Product)?

Memperhatikan MVP (Minimum Viable Product) bagi sebuah produk yang sedang anda buat menjadi suatu langkah penting, sebab tujuan utama dari MVP tersebut untuk menciptakan suatu produk yang memiliki beberapa fitur yang kemudian digunakan apakah dapat diterima pada pasar atau tidak. Sedangkan MMP merupakan suatu konsep yang digunakan untuk membuat minimal penawaran terhadap produk tersebut. Maka apakah yang akan terjadi jika kedua konsep tersebut digabungkan?

MVP merupakan produk web atau aplikasi dengan spesifikasi seminimal dan pembuatan secepat mungkin, namun mampu melayani kebutuhan inti pengguna semaksimal mungkin. MVP biasanya digunakan oleh user experience (UX) designer untuk membaca arah pasar produk yang tengah dibuatnya. Tujuan pembuatan MVP ialah menguji asumsi bisnis dan memastikan pengembangan aplikasi sudah sesuai dengan tujuan bisnis. Dengan begitu, aplikasi yang sudah dibuat dapat terus berkembang sesuai dengan harapan desainer. Selain itu, MVP dibuat untuk meningkatkan efisiensi biaya pengembangan aplikasi. Hal itu dikarenakan fitur di dalam produk MVP sangat minimum sehingga untuk pengembangan dan maintenance-nya tidak membutuhkan banyak tenaga desainer aplikasi.

MMP adalah seperangkat fungsional inti yang menjawab kebutuhan pelanggan dengan segera, sementara itu juga mampu memberikan nilai yang dapat dihitung kembali ke bisnis. Dengan kata lain, MMP memberikan fungsionalitas yang harus dimiliki yang dapat berevolusi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Dengan menggabungkan antara MVP dan MMP maka akan menghasilkan sebuah kombinasi yang sangat berguna untuk perusahaan. Karena ketika kita mulai untuk menggunakan MVP untuk membuat sebuah produk, maka kita harus memikirkan pula bagaimana untuk memasarkan produk kita dengan pengeluaran yang minimal, sehingga menggunakan MMP merupakan cara yang tepat. Contohnya adalah sebuah perusahaan ponsel. Ponsel merupakan suatu produk yang telah menjamur dan sangat diminati oleh masyarakat. Dengan menggunakan MVP inovasi bisa dilakukan dan akhirnya pelanggan baru bisa didapatkan. MVP adalah pendekatan paling cerdas jika kita menavigasi perubahan signifikan ke produk / konten, model desain layanan, harga dan sarana pengiriman. Menguji dan belajar dengan MVP dapat memberi kita panduan yang lebih baik untuk memindahkan pelanggan kita yang sudah ada ke arena baru seperti seluler, sambil juga memastikan kita menangkap perhatian dan memperoleh pengguna baru. Dan dengan adanya MMP kita bisa memasarkan produk yang telah kita buat secara minimum dan tidak membuang-buang investasi perusahaan.

Referensi :


https://stablekernel.com/mmp-minimum-viable-product-development-strategy/