Apakah weton punya pengaruh pada karir, rejeki, dan jodoh seseorang?


(source : https://akumaubelajar.com/artikel/kalender-jawa/)

Suku jawa adalah salah satu suku di Indonesia yang masih kental dengan adat dan tradisinya. Termasuk salah satunya terkait soal hitungan hari dan pasarannya yang sering disebut weton. Weton adalah sistem penanggalan jawa kuno yang dianggap Ramalan. Dalam kalender Jawa, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran.

Penanggalan pada kelender jawa sendiri memiliki keistimewaan karena memadukan sistem penanggalan Islam, sistem penanggalan Hindu, dan sedikit penanggalan Julian yang merupakan bagian budaya Barat.

Penanggalan jawa acapkali digunakan untuk banyak hal di aspek kehidupan ini. Penanggalan jawa juga penuh perhitungan untuk menentukan sesuatu supaya tidak salah rencana dan tidak salah dalam bertindak. Oleh karena itu, banyak masyarakat Jawa yang masih memegang teguh yang budaya tersebut dan meyakini hal tersebut.

Menurut kalian, apakah benar weton bisa meramalkan karir, rejeki dan juga jodoh seseorang? Bagaimana pandangan kalian terhadap fenomena tersebut? Tulis opini kalian dikolom komentar ya.

Menurut saya memang benar adanya terutama dalam hal menentukan jodoh seseorang, karena di tempat saya kebanyakan orang yang akan menikah atau saat melakukan proses lamaran, kedua keluarga akan saling menanyakan dan menghitung jumlah weton dari kedua pasangan yang akan menikah, jika hitungan weton tersebut bagus maka bisa disimpulkan bahwa mreka berdua berjodoh dan akan ditentukan hari baik untuk dilaksanakan akad pernikahan. Sedangkan jika hitungan harinya buruk/tidak berjodoh maka lamaran tersebut akan dibatalkan, atau bisa tetap dilanjutkan dengan syarat-syarat untuk menolak balak dan keburukan kedepannya dalam pernikahan, serta penentuan hari yang kuat untuk mereka.

Tergantung kepercayaan orang masing-masing karena Indonesia memang kaya akan adat dan tradisi tentunya adat yang dipercaya akan berbeda setiap daerah. Namun, saya pribadi tidak percaya dengan perhitungan weton tersebut. Perhitungan weton mungkin saja ada benarnya atau memiliki pengaruh terhadap karir, rejeki dan jodoh seseorang tapi banyak faktor-faktor lain yang bisa lebih berpengaruh.