Apakah ukuran kawat mesin tamiya berpengaruh pada kecepatan ?

Ukuran-Kawat-Mesin-Tamiya-300x272

Tamiya pada 1982 berupa sebuah miniatur mobil dengan mesin sebagai alternatif dari berbagai jenis miniatur mobil plastik di pasaran yang umumnya tak bermesin

Ukuran diameter kawat mesin tamiya yang sering digunakan pada mesin tamiya berkisar dari 0,3mm sampai 1mm. Ukuran kawat mesin tamiya yang digunakan memiliki konsekuensi terhadap jumlah lilitan yang dapat dimasukan dalam angkur mesin tamiya tersebut. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan jumalh lilitan yang ingin dibuat sebelum memilih ukuran kawat mesin tamiya yang akan digunakan. Sebagai contoh angkur normal merk HJH yang sering digunakan untuk mesin speed misalnya, akan muat diberikan lilitkan sebanyak 8-9 lilitan single bila menggunakan kawat tamiya dengan ukuran 0,8-0,9 mm atau akan 0,5 – 0,6 mm double.
Pengaruh Ukuran Kawat Mesin Tamiya Pada Kecepatan

Ukuran kawat tamiya memang berpengaruh pada kecepatan atau laju mobil tamiya dengan syarat, penilaian dilakukan pada :

  • Angkur yang sama
  • Jumlah dan skema lilitan atau gulungan mesin yang sama
  • Magnet, tabung mesin dan brush yang digunakan sama
  • Rasio gir yang digunakan sama
  • Mobil yang digunakan pengujian sama
  • Baterai yang digunakan memiliki kapasitas dan dalam kondisi atau performasi yang sama

Gulungan atau lilitan pada mesin tamiya memiliki ukuran kawat yang berfariasi, ukuran kawat mesin tamiya berpengaruh pada arus listrik yang mengalir pada lilitan atau gulungan mesin tamiya tersebut. Secara teori semakin besar kawat yang digunakan untuk membuat lilitan atau gulungan mesin tamiya maka semakin besar pula kemampuan kawat mesin tamiya tersebut dalam mengalirkan arus listrik.