Apakah Tudingan Bahwa Ahmad Dhani Penyebar Aliran Sesat Termasuk Hate Speech?

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Berita ini saya dapatkan dari sebuah situs berita online yang membahas mengenai klarifikasi Ahmad Dhani perihal isu yang menyebut dirinya pengikut aliran Yahudi dan berusaha menyebarkannya lewat simbol-simbol yang digunakannya pada musik video hasil karyanya. Ahmad Dhani mengaggap bahwa tuduhan tersebut mengada-ngada.

Bagaimana menurut pendapat kalian? Apakah tudingan yang ditujukan kepada Ahmad Dhani ini termasuk Hate Speech atau Bukan Hate Speech?

Menurut saya ini salah satu bentuk hate speech karena sampai sekarang tidak terbukti bahwa Ahmad Dhani menyebarkan aliran sesat. Saya rasa ini sebagai bentuk hate speech yang sering terjadi saat pemilu, antara satu kubu dengan yang lain saling serang dengan hoax maupun hate speech.
2 Likes

jika memang benar, maka tidak seharusnya menghakimi orang lain. tetapi jika sudut pandang kita berbeda misalnya kita tau fakta sebenarnya dan tidak ingin orang lain mengikuti apa yang syubhat (tidak tau apakah /salah) maka kita boleh mengatakannya demi kebaikan orang lain. tetapi bahasa yang dipakai tetap harus bagus dan tidak mengutamakan kebencian.