Apakah Tikus Mondok Favorit makanannya Cacing Tanah?

Tikus mondok adalah mamalia penggali yang lucu dan berbulu, dengan panjang sekitar 15 cm dan beratnya hanya l00 gram. Tikus ini menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan mencari makan di jaringan terowongan bawah tanah yang digalinya dengan kecepatan luar blasa.

Tikus mondok punya kaki pendek yang kuat, serta kaki depan yang sangat lebar untuk menggali. Seekor tikus mondok mampu menggali terowongan sepanjang 14 meter hanya dalam waktu sejam. Tikus tanah punya gaya hidup yang aktif dan penuh energi sehingga butuh makanan sebanyak berat tubuhnya sendiri tiap hari. Makanannya: serangga, laba – laba, tempayak, bahkan kadang – kadang tikus, jika ada yang berkeliaran terlalu mendekat. Tetapi, makanan utama mereka adalah cacing tanah. Ketika menemukan cacing tanah, ia akan menggenggamnya kuat – kuat dalam cakarnya, lalu memerasnya juga kuat – kuat untuk mengeluarkan lumpur dan tanah dan usus cacing.

Kemudian tikus mondok tersebut akan memakannya atau menyimpannya sebagai cadangan makan. Tikus mondok memiliki toksin (zat beracun) dalam air ludahnya yang dapat melumpuhkan cacing tanah. Jadi, ia sering memotong kepala cacing untuk melumpuhkannya, tetapi tak mematikannya. Ia menyimpan cacing tanpa kepala dalam gudang makanan bawah tanah yang dibangunnya secara khusus. Para ilmuwan pernah menemukan gudang makanan tikus mondok yang berisi hampir seribu cacing tanah yang telah dilumpuhkan.

Referensi : https://unikterbaru.wordpress.com