Apakah tidak sehat bagi anjing jika memiliki lidah berwarna hitam?

image

Apakah tidak sehat bagi anjing jika memiliki lidah berwarna hitam?

1 Like

image

Salah satu dari beberapa ras anjing yang tidak memiliki lidah merah muda adalah Chow Chow. Chow Chows memiliki lidah hitam.

Jika Anda memiliki jenis anjing yang harus memiliki lidah merah muda, bawa dia ke dokter hewan jika itu hitam. “Lidah hitam” terjadi karena ulserasi atau peradangan di mulut bersama dengan air liur berlumuran darah. Nafas anjing juga berubah menjadi busuk.

Lidah hitam juga bisa disebabkan oleh kekurangan niacin. Penyakit perubahan warna lidah ini bisa menjadi fatal jika tidak ditangani tepat waktu.

Warna lidah pucat atau putih, merah tua, biru atau ungu, dan kuning oranye dapat dinilai berdasarkan prinsip TCM (Pengobatan Tradisional Cina):

  • Lidah yang pucat atau putih mungkin merupakan tanda kondisi tubuh yang lemah. Warna lidah ini terlihat pada hewan dengan anemia, leukemia, masalah tekanan darah, kehilangan darah, edema (retensi cairan), kelemahan umum, gangguan sistem lambung / masalah GI, kelemahan paru, malnutrisi, dan kelesuan.
  • Lidah merah yang dalam dapat menunjukkan hiperaktivitas salah satu sistem organ tubuh dan mungkin melibatkan infeksi bakteri atau virus, demam, kandung empedu atau stagnasi ginjal, hipertiroidisme, diabetes, kanker, atau akumulasi racun di suatu tempat di dalam tubuh.
  • Lidah kebiruan atau ungu-tinged dapat menunjukkan rasa sakit atau kemacetan di suatu tempat di tubuh dan mungkin menunjukkan masalah dengan sistem vaskular, penyakit jantung, masalah peredaran darah, masalah pernapasan, penyakit hati, toksikosis, stres organ, hepatitis, atau masalah autoimun.
  • Lidah kuning-oranye dapat mengindikasikan gastritis dan kantung empedu atau kerusakan fungsi hati.