Apakah tes IQ benar-benar bisa mengukur tingkat kecerdasan?

IQ

Sebagaimana kita tahu, tes IQ adalah pemeriksaan untuk mengukur tingkat intelegensi atau kecerdasan seseorang secara umum. Pemeriksaan ini dapat mengevaluasi tingkat kemampuan fungsional yang meliputi bahasa, matematika, analisis, dan spasial.

Dalam tes IQ, peserta diminta untuk mengerjakan soal-soal dalam batas waktu tertentu. Menjawab berbagai pertanyaan tersebut bertujuan mengukur faktor-faktor kecerdasan peserta, misalnya, logika, matematika, dan pengetahuan umum, juga mengevaluasi kemampuan seseorang dalam mengelompokkan sesuatu, serta mencari hubungan dan analogi dari suatu konsep.

Namun, banyak yang berpendapat bahwa tes IQ bukanlah satu-satunya cara untuk mengukur tingkat kecerdasan. Beberapa bahkan ada yang meragukan apakah skor tes IQ adalah penentu mutlak kecerdasan. Meskipun sudah digunakan selama hampir seratus tahun, keakuratan dan kehandalan tes ini masih diperdebatkan di kalangan pakar pendidikan dan ilmuwan.

Jika menilik sejarahnya, model awal dari tes IQ dikembangkan pada 1905 oleh Alfred Binet untuk dapat mengetahui calon siswa mana yang nantinya bakal kesulitan belajar di sekolah. Skala Binet-Simon pun menjadi basis bagi tes IQ modern. Ironisnya, Binet berpendapat bahwa tes IQ ini tidaklah memadai untuk mengukur kecerdasan karena belum mampu mengukur kreativitas dan kecerdasan emosional.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan, seperti genetik, lingkungan, kesempatan pendidikan, gizi, dan lain-lain. Menurut kalian, apakah tes IQ sudah bisa meng-cover dan mengukur kecerdasan dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut?

Referensi

Ganuthula, V. Shuchi Sinha. (2019). The Looking Glass for Intelligence Quotient Tests: The Interplay of Motivation, Cognitive Functioning, and Affect. Front Psychology. 2019; 10: 2857.
Published online 2019 Dec 17. doi: 10.3389/fpsyg.2019.02857

Mann, D. (2012). Does IQ Test Really Measure Intelligence?. WebMD. Diambil dari Does IQ Test Really Measure Intelligence?

Martschenko, D. (2017). Can an IQ Test Really Measure Your Intelligence?. Diambil dari Can an IQ Test Really Measure Your Intelligence? - Pacific Standard

Tentu saja tidak. Tidak ada tes psikologi yang bisa langsung menentukan aspek dinamika manusia. Teori psikologi pun tentunya berkembang dari zaman ke zaman. Dinamika manusia itu kompleks, tidak ada yang mutlak. Jadi, kita harus tetap memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat menentukan kecerdasan seseorang. Seorang psikolog juga tidak dapat langsung menginterpretasikan dan langsung membuat kesimpulan dari hasil tes psikologi kliennya.

1 Like

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fitriana dkk (2020) pada siswa kelas X IPS di SMA N 1 Way Jepara menunjukkan bahwa tes IQ yang diberikan hanya berkaitan dengan 9% intelegensi atau prestasi belajar seseorang. Artinya masih ada 91% lagi bagian kecerdasan yang belum mampu atau belum mumpuni dilakukan dengan tes IQ. Hal ini sepatutnya dapat memberikan gambaran kepada kita bahwa suatu intelegensi seseorang itu sangat dipengaruhi oleh banyak hal seperti yang disampaikan oleh kak @tiarapuspitap. Bisa jadi karena faktor kesehatan, keluarga, minat dan bakat, motivasi.

Namun sayangnya, intelegensi yang ada dalam benak masyarakat mengalami pergeseran makna sehingga menjadi bias. Masyarakat umum mengenal intelegensi sebagai istilah yang menggambarkan kecerdasan, kepintaran ataupun kemampuan pemecahan masalah. Hal tersebut kemudian berlanjut pada citra fisik, kemampuan
mengingat, kreativitas yang tinggi. Padahal tes intelegensi seperti tes IQ kurang bisa meramalkan kemampuan non-akademis, mengabaikan proses suatu hal.

Referensi

Fitriana, A., Imron, A., dan Arif, S. (2017). Hubungan Antara Hasil Tes IQ (Intelligence Quotient) dengan Prestasi Belajar Siswa. Journal of PESAGI. 5(2): 1-12.

1 Like

Jangankan tes IQ, melainkan seluruh tes yang telah ada dan digunakan sekarang tidak mampu untuk meng-cover serta memberikan penilaian tepat atas seluruh jenis kecerdasan manusia. Terlebih lagi dengan adanya perkembangan jaman dan perubahan teknologi, kondisi sosial dan banyak hal lain yang mempengaruhi kecerdasan seseorang untuk terus berubah. Bahkan jika kita bandingkan manusia yang hidup saat ini pasti memiliki rata-rata tes IQ lebih tinggi dibandingkan manusia pada generasi sebelumnya.

Referensi

https://www.tempo.co/abc/3619/apakah-tes-iq-masih-bisa-mengukur-dengan-tepat-tingkat-kecerdasan

1 Like