Apakah tertawa itu menyehatkan? Apa saja manfaat tertawa bagi kesehatan?

Humor adalah hal-hal yang berbau lucu dan membuat kita tertawa, banyak yang mengatakan jika kita tertawa itu dapat membuat kita menjadi lebih sehat, mengapa bisa demikian ?

Tertawa merupakan ekspresi yaang dianjurkan untuk seseorang agar tampak ceria dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun jiwa anda. Orang tertawa karena mendengar atau melihat sesuatu yang lucu. Efeknya, orang tersebut bisa terhibur bahkan merasa bahagia. Dari sisi kesehatan, tertawa itu menyehatkan. Menurut penelitian, tertawa dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan harapan hidup serta mengurangi rasa sakit.

Jantung sehat

Jika Anda ingin mengurangi risiko masalah penyakit jantung, cobalah dengan menonton film lucu. Rekomendasi penelitian dari Universitas Maryland menyarankan, tertawa sekitar 15 menit karena film dapat melancarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah. Menonton acara yang membuat Anda bisa tertawa sekitar 40 menit setelah makan dapat membatasi kenaikan kadar glukosa darah. Para peneliti percaya jika Anda tertawa, emosi positif akan muncul yang mempengaruhi sistem endokrin pada tubuh.

Tertawa juga membuat usia lebih lama. Sebuah studi terhadap 500 orang lebih yang berusia 95 tahun keatas menemukan, kepribadian yang santai, optimis, dan menikmati saat tertawa akan berumur lebih panjang. Namun, para peneliti belum mengetahui secara pasti dimana letak kaitannya.

“Ketika kami meneliti kepribadian 243 orang yang berusia lebih dari 100 tahun, kami menemukan kualitas yang mencerminkan sikap positif memandang kehidupan,” kata Dr. Nir Barzilai dari Universitas Yeshiva, Amerika Serikat.

“Sebagian besar dari mereka hidup dengan rasa optimis besar dan santai. Mereka menganggap tertawa adalah bagian penting dalam hidup,” jelasnya.

Sumber : mengapa-tertawa-bikin-anda-lebih-sehat

1 Like

Tertawa merupakan pencerminan emosi manusia, yang merupakan spectrum emosi yang meliputi kesedihan, kegembiraan, kekagetan, ketakutan, cinta kasih, kebencian dan kemarahan. Ekpresi dari tertawa tidak hanya berwujud gerakan, tetapi juga berupa berbagai reaksi emosional yang bermacam-macam.

Tertawa adalah ekspresi jiwa atau emosional yang diperlihatkan melalui raut wajah dan bunyi-bunyian tertentu, oleh karena itu tertawa terdiri dari 2 komponen yaitu satu set isyarat dan produksi bunyi. Saat tertawa, otak memaksa tubuh untuk melakukan kedua aktivitas tersebut secara bersamaan. Dalam ilmu fisiologis, tertawa adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat dari timbulnya suatu gerakan di bibir, kedua ujung bibir atau di sekitar mata.

Tertawa merupakan tindakan yang sehat dan memberi tambahan oksigen bagi sel dan jaringan. Sebaliknya, merasa dan berperilaku murung mengakibatkan pengurangan oksigen dalam darah. Sel-sel darah menjadi lapar dan kosong, menghasilkan depresi, kecemasan, dan kemarahan. Otak yang dialiri darah beroksigen tinggi akan bekerja lebih baik daripada saat kekurangan oksigen.

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan oleh Journal of the Royal College of General Practitioners di Inggris bulan agustus 1985 menyatakan bahwa secara medis tertawa baik bagi kesehatan.

“Tertawa mempengaruhi semua organ tubuh dan semakin besar tertawa, makin baik gunanya bagi tubuh. Saat tertawa tubuh akan mengeluarkan hormon yang merangsang jantung dan berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami. Perasaan tegang berkurang dan kalori-kalori dibakar dan pencernaan meningkat”.

Jadi tertawa dapat mengurangi kegemukan, sebab tertawa meningkatkan metabolisme tubuh. Saat tertawa proses-proses sirkulasi dan pencernaan meningkat dan seluruh sistem menjadi jauh lebih aktif.

Michael Miller, seorang doktor di Universitas Maryland di Baltimor USA, menyatakan bahwa orang yang mencoba olahraga secara teratur 30 menit dan rata-rata 3 kali dalam sepekan sama halnya dengan 15 menit tertawa tanpa gerakan olahraga setiap hari yang bermanfaat bagi sistem kerja kantong pembuluh darah. Kantong pembuluh darah merupakan organ pertama yang terserang penggumpalan pembuluh darah, tertawa sangat diperlukan untuk menjaga kondisi selaput kantong pembuluh darah sehingga dapat mengurangi bahaya terjangkit penyakit jantung. Tertawa 5-10 menit bisa merangsang pengeluaran endorphin dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga melatonin. Ketiga zat ini merupakan zat baik untuk otak sehingga kita bisa merasa lebih tenang.

Menurut Dr. Lee Berk, seorang imunolog dari Loma Linda University di California USA, tertawa bisa mengurangi peredaran dua hormon dalam tubuh, yaitu efinefrin dan kortisol (hormon yang dikeluarkan ketika stres) yang dikeluarkan oleh hipotalamus. jika kedua hormon tersebut dikeluarkan maka bisa menghalangi proses penyembuhan penyakit. Jadi dalam keadaan bahagia ataupun tertawa, maka hipotalamus akan mengeluarkan hormon endorpine, yang berfungsi mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena tertawa pada dasarnya membawa keseimbangan pada semua komponen dalam sistem kekebalan tubuh. Menurut hasil riset, setelah tertawa dapat meningkatkan jumlah dan aktifitas NK sel yang dapat melawan sel-sel tumor, meningkatkan sel T teraktifasi (Limfosit T), meningkatkan IgA yang berfungsi melawan infeksi pada traktus respiratori atas, meningkatkan interferon gamma, meningkatkan Ig B yaitu imunoglobulin yang diproduksi dalam jumlah terbesar di dalam tubuh seperti peningkatan komplemen 3 yang melawan sel yang terinfeksi.

Zajonc menyatakan bahwa, tertawa dapat membantu merawat pasien yang mengalami gangguan psikosomatis dan kondisi-kondisi negatif seperti depresi dan kecemasan. Jika pasien yang cemas dan depresi dapat diajari untuk mengendalikan otot-otot wajah yang tepat sehingga terlihat bahagia, maka individu menyadari bahwa perasaan individu benar-benar berubah lebih baik, tanpa harus mengubah apapun.

Hasil-hasil penelitian ilmiah terbaru memperlihatkan bahwa kebahagiaan bukan hanya terletak dalam pikiran, tetapi terkandung dalam otot-otot dan hormon. Tindakan menggerakkan otot-otot wajah membentuk ekspresi yang berkaitan dengan kesukacitaan dapat menghasilkan efek positif yang berdampak pada sistem saraf. Paul Ekman, seorang peneliti utama dalam bidang ini, meyakini bahwa mekanika gerakan otot-otot wajah sangat berkaitan dengan sistem saraf otonom, yang mengatur denyut jantung, pernapasan, dan fungsi-fungsi yang tidak bisa dikendalikan secara sadar.

1 Like

Tertawa itu sangat menyehatkan. Berikut beberapa manfaat yang and dapatkan ketika anda tertawa :

1. Anti stres

Tawa adalah penangkal stres yang paling baik, murah, dan mudah. Tawa adalah salah satu cara terbaik untuk mengendurkan otot. Tawa memperlebar pembuluh darah dan mengirim lebih banyak darah hingga ke ujung-ujung dan kesemua otot di seluruh tubuh. Satu putaran tawa yang bagus juga mengurangi tingkat hormone stres, epinephrine dan cortisol. Bisa dikatakan tawa adalah sebentuk meditasi dinamis atau relaksas.

2. Memperkuat sistem kekebalan

Sistem kekebalan memainkan peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari infeksi, alergi, dan kanker. Telah dibuktikan oleh para psikoneuroimunolog bahwa semua emosi negatif, seperti kecemasan, depresi, atau kemarahan akan memperlemah sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Menurut Dr. Lee S. Berk dari Universitas Loma Limba, California, Amerika Serikat, tawa membantu meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh alami (sel NK- semacam sel putih) dan juga menaikkan tingkat antibodi. Para peneliti telah menemukan bahwa, setelah mengikuti terapi tawa, para peserta mengalami peningkatan antibodi (immunoglobulin A) dalam lender di hidung dan di saluran pernafasan, yang dipercaya mempunyai kemampuan melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme lain. Ada banyak anggota Klub Tawa yang mengalami penurunan frekuensi terserang pilek, sakit tenggorokan, dan sesak nafas.

Dampak tawa pada sistem kekebalan dianggap sangat besar dalam hubungannya dengan penyakit-penyakit mematikan seperti AIDS dan kanker.

3. Latihan aerobik terbaik

Sebuah manfaat yang didapat oleh hampir setiap orang adalah perasaan enak. Setelah tertawa pagi selama lima belas menit, mereka merasa segar sepanjang hari. Tidak ada obat semanjur tawa, yang bisa memberi anda hasil yang langsung terasa. Penyebab perasaan enak ini adalah karena anda menghirup lebih banyak oksigen saat tertawa.

Tawa bisa dibandingkan dengan aerobik, hanya saja anda tidak perlu memakai sepatu atau pakaian khusus. anda tidak perlu mengucurkan banyak keringat di atas jalur jogging.

Menurut William Fry dari Universitas Stanford, satu menit tawa sebanding dengan sepuluh menit latihan mendayung. Dengan kata lain, tawa merangsang jantung dan sirkulasi darah dan sama sengan latihan aerobik. Latihan tawa cocok untuk orang-orang yang banyak duduk dan mereka yang tak bisa meninggalkan tempat tidur atau kursi roda.

4. Depresi, kecemasan, dan gangguan psikosomatis

Stres dan tekanan kehidupan modern berdampak buruk terhadap pikiran dan tubuh manusia. Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pikiran, seperti kecemasan, depresi, gangguan saraf, dan insomnia mengalami peningkatan. Tawa telah membantu banyak orang yang menggunakan obat anti depresi dan obat penenang. Sekarang mereka lebih mudah tidur dan mengalami penurunan tingkat depresi. Orang-orang yang mempunyai kecenderungan bunuh diri mulai mendapat harapan.

5. Tekanan darah tinggi dan penyakit jantung

Ada sejumlah penyebah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, seperti faktor keturunan, kegemukan, merokok dan konsumsi lemak yang berlebihan. Tetapi stres adalah salah satu faktor yang dominan. Tawa memang membantu mengontrol tekanan darah dengan mengurangi pelepasan hormon-hormon yang berhubungan dengan stres dan dengan memberikan relaksasi. Dalam ekperimen telah dibuktikan bahwa terjadi penurunan sepuluh sampai duapuluh millimeter tekanan setelah seorang penderita mengikuti sepuluh menit terapi terapi tawa.

6. Penghilang rasa sakit alami

Tawa menaikkan tingkat endorphin dalam tubuh kita, yang merupakan penghilang rasa sakit alami. Norman Cousins, seorang wartawan Amerika yang menderita penyakit tulang belakang yang tak tersembuhkan, mendapat manfaat dari terapi tawa ketika tidak ada obat penghilang rasa sakit yang bisa membantunya. Endorphin yang dipicu oleh tawa bisa membantu mengurangi intensitas rasa sakit penderita radang sendi, radang tulang belakang, dan kejang otot. Banyak wanita melaporkan penurunan frekuensi migraine yang mereka alami.

7. Mengurangi bronkhitis dan asma

Tawa merupakan salah satu latihan terbaik untuk mereka yang menderita asma dan bronchitis. Tawa meningkatkan kapasitas paru-paru dan tingkat oksigen dalam darah. Para dokter menyarankan fisioterapi dada untuk mengeluarkan lender (dahak) dari saluran pernafasan. Meniup kedalam sebuah alat atau balon merupakan salah satu latihan yang biasa diberikan kepada penderita asma. Tawa melakukan hal yang sama, dan cara ini lebih mudah dilakukan serta nyaris tanpa ongkos. Salah satu penyebab penyakit asma yang paling umum adalah infeksi. Terapi tawa menaikkan tingkat antibodi dalam selaput lender saluran pernafasan, dengan begitu mengurangi frekuensi infeksi pernafasan.

Terapi tawa juga meningkatkan sistem pembersihan lender di saluran pernafasan. Stres adalah faktor lain yang bisa memicu serangan asma. Dengan mengurangi stres, tawa bisa memperbaiki prognosis penyakit asma.

8. Jogging internal

Ada banyak latihan yang bisa dilakukan untuk melatih otot-otot anda, terapi tertawa memberikan pijatan yang bagus untuk semua organ internal. Tawa memperlancar pasokan darah dan meningkatkan efisiensinya. Orang membandingkan latihan ini dengan jari-jari ajaib, yang menjangkau kedalam perut dan memijat organ-organ anda. Pijakan terbaik tawa adalah pada usus. Hal ini bisa meningkatkan persediaan darah dan membantu kerja usus.

9. Membuat anda tampak lebih muda

Orang melakukan latihan untuk semua otot tubuh, tetapi tidak ada latihan teratur untuk otot-otot wajah kecuali dalam Yoga. Tawa merupakan latihan yang sangat bagus untuk otot-otot wajah anda. Tawa mengencangkan otot-otot wajah memperbaiki ekspresi wajah. Ketika tertawa, wajah anda tampak merah karena peningkatan pasokan darah yang menyegarkan kulit wajah dan membuat kulit wajah tampak cerah. Orang-orang yang suka tertawa tampak lebih ceria dan menarik.

Ketika anda menekan kelenjar air mata dengan tertawa, mata anda menjadi basah dan tampak berkilauan. Tawa melatih otot-otot perut dan membantu mengencangkan otot-otot mereka yang berperut gendut.