Apakah terlambat jika baru mempelajari bahasa inggris saat berusia 20 tahun?

Kalau menurut saya terlambat sih karena seharusnya diumur 20 tahun ini kita setidaknya bisa menggunakan bahasa inggris, begitupun dengan aku yang sekarang sudah berumur 20 tahun belum fasih bahasa inggris. Pengajaran bahasa inggris sejak dini menurutku penting sekali, agar ketika dewasa nanti tidak harus belajar dari nol karena sudah terbiasa sejak kecil. Namun semua itu balik lagi kepada individu masing-masing, karena bisa saja sebagian orang lebih mementingkan belajar hal lain dibanding bahasa inggris.

Saya sendiri jujur susah sekali belajar bahasa dibanding belajar akademik, misalkan saya belajar hari ini dan saya hafal besoknya lupa lagi. Namun, saya sering terpikir untuk terus menyemangati diri sendiri untuk belajar bahasa inggris namun banyak kesibukan lain sehingga belum ada waktu pas untuk belajar lagi.

1 Like

Mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris memanglah sangat penting bagi kita semua, terlebih lagi Bahasa Inggris itu merupakan Bahasa internasional. Sekarang banyak buku anak kecil atau bayi sekalipun yang menawarkan multi-language (Inggis-indonesia) dengan tujuan untuk memperkenalkan bahasa Inggris sejak dini kepada sang anak. Selain itu banyak juga sekolah-sekolah yang sudah memberikan asupan Bahasa Inggris kepada muridnya sedari kecil. Belajar Bahasa Inggris pun gak harus dari sekolah formal, kita juga bisa belajar dari internet, game, majalah, buku, dll. Untuk itu menurut aku terlambat jika sudah berusia 20 tapi baru belajar Bahasa inggris. Kalau ditanya pada usia berapakah idealnya paham Bahasa Inggris, jujur aku gak tau. Tapi yang terpenting baiknya tuh dari kecil sudah dikenalkan dengan Bahasa Inggris.

1 Like

Menurutku kalau dibilang telat, itu tidak sama sekali. Apalagi kalau kita berbicara soal belajar Bahasa Inggris dimana itu merupakan bahasa universal yang sering kita temui pada kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan adanya globalisasi dan pesatnya perkembangan zaman, hampir semua orang dituntut untuk setidaknya mengerti bahasa inggris agar tidak “gaptek”. Belajar Bahasa Inggris juga menurutku tidak harus mengambil les atau pembelajaran formal. Pembelajaran Bahasa Inggris bisa menyesuaikan dengan kesukaan tiap masing-masing orang, mungkin dari bermain game, menonton film, membaca buku, dan lain sebagainya.

1 Like

Setuju dengan pendapat teman teman diatas, bahwa memang mempelajari bahasa inggris di usia 20 tahun memang terbilang terlambat ya. Untuk usia ideal, aku kurang tau diumur berapa. Tapi kalau dari pandangan bisa dimulai dari sejak dini. Dan diusahakan di usia sd - smp itu sudah fasih berbahasa inggris. Sehingga, ketika di usia SMA, kita masih ada kesempatan untuk mempelajari bahasa asing lain yang sekiranya akan kita gunakan untuk menunjang masa depan kita.

Jujur aku sampai sekarang juga sangat belum fasih berbahasa inggris dan aku menyesalinya. Waktu sd aku nggak pernah expect bahwa sekarang bahasa inggris akan menjadi bahasa yang penting, apalagi dalam persaingan serta kebutuhan sehari-hari. Diusia sekarang sudah terlalu banyak kegiatan yang harus dilakukan. Berbeda lagi ketika masih sd / smp yang masih punya banyak waktu untuk mempelajari suatu bahasa, terutama bahasa inggris.

Tapi yang namanya belajar ya sebenarnya tidak ada kata terlambat ya. Yang penting ada niat dan kemauan yang konsisten untuk mempelajari, menurutku masih sah-sah saja. Yuk semangat!

1 Like

Kalau dilihat dari kebutuhan dan tuntutan zaman sekarang, mungkin bisa dikatakan terlambat untuk mulai belajar bahasa Inggris pada saat memasuki usia 20-an. Menurut saya, belajar bahasa asing juga sangat efektif bila dikenalkan sejak usia dini. Namun, kembali lagi kepada kondisi masing-masing. Maksudnya, jika seseorang dalam lingkungannya tidak memerlukan keterampilan berbahasa Inggris, maka hal tersebut tidak menjadi masalah besar. Malah dapat juga menjadi awal dan peluang yang baik untuk mulai belajar bahasa asing dan menguasainya. Lagipula, belajar bahasa tidak semuanya selalu memerlukan waktu yang lama sampai belasan tahun. Seperti yang mayoritas terjadi di Indonesia, kita dikenalkan pada bahasa Inggris mulai usia SD atau bahkan TK dan terus mendapat pelajarannya sampai setidaknya SMA. Hasilnya? Nyatanya belajar bahasa selama itu tidak menjamin seseorang akan fasih berbahasa. Jadi intinya, mau dari usia berapapun kita mulai belajar bahasa asing, kuncinya adalah ketekunan dan intensitas praktek. Orang yang ahli dalam berbagai bahasa atau poligot juga banyak yang mengasah keterampilan saat sudah dewasa.

1 Like

menurut saya dalam belajar apapun itu tidak ada yang namanya terlambat, tergantung dari diri sendiri mau berusaha atau tidak. mungkin dengan umur yang sudah masuk usia 20-an harus lebih banyak usahanya apalagi yang lidahnya udh terlanjur fasih dengan bahasa daerah, namun tidak menutup kemungkinan mereka yang belajar usia 20-an baru belajar bahasa asing apalagi inggris bisa lebih fasih dari mereka yang udah belajar dari kecil. karena menurut saya pribadi belajar bahasa inggris bisa ototdidak atau dengan kebiasaan mendengar musik,melihat film berbahasa iggris, atau membaca buku berbahasa inggris.

1 Like

Menurutku bisa dikatakan terlambat, namun bukan 100% terlambat. Walaupun sudah berusia 20 tahun, ataupun lebih tua lagi tidak ada salahnya untuk belajar. Apalagi sekarang sudah di era perkembangan teknologi informasi yang pesat, belajar bahasa Inggris dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan internet. Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang bagus sekali dikuasai, karena akan banyak membantu dalam pekerjaan dan lain-lain.

1 Like

Kalau baru mempelajarinya saya pikir itu tidak mungkin, karena sejak SD atau bahkan TK kita sudah diajari dasar-dasar Bahasa Inggris. Di SD-SMA juga sudah ada mata pelajaran Bahasa Inggris. Mungkin maksudnya mendalami? Jika memang mulai mendalami Bahasa Inggris di usia 20 tahun, menurut saya tidak apa-apa. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Asal mau berusaha dan konsisten, jangan lupa berdoa juga, maka belajar dalam usia berapapun tidak masalah. Ada peribahasa yang mengatakkan, “Belajar di waktu muda bagaikan mengukir di atas batu. Belajar di waktu tua bagai melukis di atas air.” Usia 20 tahun menurut saya masih terhitung usia muda. Jadi jika dikatakan terlambat, menurut saya tidak juga. Walau mungkin di usia 20 tahun kita memiliki kesibukan yang lebih padat, tidak mengapa. Hal ini bisa melatih kemampuan manajemen waktu kita, agar bisa mengatur waktu yang kita miliki dengan se-efektif dan se-efisien mungkin.

1 Like

Memang benar belajar tidak mengenal usia, anak-anak, muda, maupun orang tua dapat kapan saja belajar, asal memiliki keinginan yang kuat untuk belajar.

Namun, menurutku bisa dibilang sedikit terlambat juga karena usia 20 tahun ke atas adalah usia yang sudah produktif dan sudah banyak kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kemampuan berbahasa inggris yang dapat dilakukan seperti mengikuti MUN, pertukaran mahasiswa hingga sebagai syarat kerja, magang, dll.

1 Like

Memang menguasai bahasa inggris itu penting sekali dan itu berdampak ke masa depan kita ntah itu akademik ataupun karir. Mempelajari bahasa inggris saat berusia 20 tahun itu menurutku sangat terlambat sekali ya, karena di era sekarang bahasa inggris memang banyak digunakan apalagi di tempat kerja (tergantung tempat kerjanya sih). walaupun misalnya di usia 20 tahun itu kita kurang fasih berbicara bahasa inggris, setidaknya kita tau lah arti atau maksud dari percakapan bahasa inggris. Seharusnya kita belajar bahasa inggris dari kecil, dari PAUD kalau bisa dikenalkan dengan kosakata bahasa inggris supaya nantinya akan terbiasa dan familiar dengan kosakata tersebut. Sehingga nantinya anak akan mudah mempelajari bahasa inggris.

1 Like

Menurut saya, tidak ada kata terlambat untuk belajar ya. Apabila umur 20 baru serius belajar bahasa inggris, menurut saya sedikit terlambat karena banyak teman-teman kita yang sudah fasih berbahasa inggris. Namun, mengenai bahasa inggris ini pasti sudah diajarkan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Mungkin saja kita baru mengerti dasar-dasarnya bahasa inggris saja, tetapi belum fasih untuk berbahasa inggris, baik speaking, listening, writing, grammar. Bahasa inggris menjadi bahasa nomor 1 di dunia, tentu saja perlu sekali untuk belajar bahasa inggris agar dapat lancar semua urusannya, seperti pengembangan akademis dan karier. Terdapat beberapa cara yang saya lakukan untuk dapat belajar bahasa inggris:

Pertama, saya ikut les bahasa inggris. Saat saya duduk di bangku sekolah dasar, saya mengikuti les bahasa inggris di wilayah saya. Dengan les bahasa inggris tersebut, dapat menunjang belajar bahasa inggris saya menjadi lebih tertata dengan sistem level juga.

Kedua, melalui film, lagu, dan entertainment lainnya. Melalui berbagai media hiburan tersebut, dapat menambah tingkat belajar bahasa inggris saya. Kita dapat belajar mengenai pengucapan bahasa inggris, kosakata baru, dan menambah wawasan tentu saja.

Ketiga, membaca media berbahasa inggris. Disamping beberapa cara diatas, terkadang saya juga membiasakan untuk membaca media online berbahasa inggris. Saya dapat menemukan kosakata baru disana dan menambah pengetahuan juga.

1 Like

tidak ada kata terlambat dalam belajar. tapi untuk bahasa inggris yang merupakan subjek wajib dimasa sekolah sangat sayang sekali rasanya jika baru aktif dipelajari setelah lulus sekolah. sama saja artinya kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik. belajar bahasa inggris di usia 20an akan mengeluarkan pikiran, uang, serta waktu yang membuat kita merasa menyesal telah menyia-nyiakan waktu sekolah dulu. penyelesalan tidak ada artinya akan membuat kita merasa lebih buruk.
belajar bahasa inggris diusia 20-an dengan keinginan lulus syarat cpns, ataupun melanjutkan study akan memakan waktu yang banyak dan menghambat ruang gerak untuk kerja ataupun hangout dengan teman. maka dariitu manfaatkan lah waktu sebaik-baiknya untuk pengembangan diri mejadi pribadi yang lebih baik.

1 Like

Untuk belajar bahasa inggris di usia berapapun menurut saya tidak terlambat, tapi mungkin fungsi otak kita yang mempengaruhi cepat atau lambatnya belajar ketika sudah mencapai usia tertentu.

Dilansir dari Sahabat Keluarga Kemendikbud, peneliti di Boston Amerika Serikat, menyarankan anak-anak dapat belajar bahasa asing secara optimal sebelum usia 10 tahun.

Menurut saya juga setuju sebelum usia 20 tahun sudah bisa bahasa inggris karena dapat membantu banyak hal, misal untuk membaca literasi dari luar negeri, atau ingin liburan ke tempat yang banyak turisnya, dan juga mungkin sudah punya modal kalau ia ingin menempuh pendidikan diluar negeri.

Tidak terlambat juga kalau sudah berumur 20 tahun, tergantung kepentingan masing-masing, kalau kita ingin kuliah diluar negri umur 20 dan sudah umur 20 ni tapi belum bisa bhs inggris, ya brrti terlambat, tapi kalau tidak ada capaian-capaian seperti itu ya bebas-bebas saja.

Summary

edukasi.kompas.com. (1995, 14 September). Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Asing?, Diakses pada 26 Juli 2021, dari Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Asing?

1 Like

Belajar Bahasa inggris sangatlah penting, apalagi melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini sehingga memudahkan kita untuk mengakses berbagai informasi atau hal apapun yang kita butuhkan dari berbagai sumber, baik nasional ataupun internasional. Oleh karena itu, perlu sekali bagi kita untuk mempelajari Bahasa inggris agar dapat meningkatkan kualitas dari diri kita. Pelajaran Bahasa inggris sudah menjadi pelajaran dasar bagi kita di masa sekolah hingga perguruan tinggi. Namun, hal ini sebetulnya sulit untuk dipelajari lebih dalam jika hanya mengandalkan materi di sekolah sehingga perlu adanya inisiatif untuk mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita terbiasa dalam berbicara Bahasa inggris ataupun menulis.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Bostopn College, Amerika Serikat, peneliti menyarankan bahwa pelajaran Bahasa asing harus dimulai sebelum anak berusia 10 tahun. Penelitian tersebut berdasarkan hasil penelitian terhadap 670.000 anak yang mereka rilis tahun 2018. Hal ini karena, kemampuan belajar Bahasa anak mulai melemah di usia dewasa dibanding saat anak-anak. Sehingga diusahakan belajar Bahasa inggris atau Bahasa asing lainnya dilakukan saat masih usia belia agar dapat lebih mudah dalam memahaminya.

Namun, menurutku tidak ada salahnya jika kita baru mempelajari Bahasa inggris di usia 20 an. Hal ini karena, “Terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali”. Sebab seseorang yang belajar Bahasa inggris sebelum usia 20 tahun pun belum tentu sudah fasih jika cara belajarnya kurang efektif. Berbeda halnya dengan seseorang yang berusia 20an namun mampu belajar Bahasa inggris lebih efektif, memiliki niat dan kemauan yang tinggi, mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, dan yang paling penting konsisten. Sehingga kemungkinan besar mereka memiliki kemampuan berbahasa inggris lebih baik dari seseorang yang belajar pada usia sebelum 20 tahun.

Sumber

Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris? Halaman all - Kompas.com

1 Like

Mempelajari bahasa inggris sejak dini menurutku penting sekali, agar ketika dewasa nanti tidak harus belajar dari nol karena sudah terbiasa sejak kecil. Namun semua itu balik lagi kepada individu masing-masing, karena bisa saja sebagian orang lebih mementingkan untuk mempelajari hal lain diluar bahasa Inggris itu sendiri. Namun, tidak ada istilah terlambat belajar. Belajar Bahasa Inggris juga menurutku tidak harus mengambil les atau pembelajaran formal. Pembelajaran Bahasa Inggris bisa menyesuaikan dengan kesukaan tiap masing-masing orang, dengan menonton film, menonton vlog dengan bahasa Inggris, mendengar musik, dsb.

Jika baru pemula dalam mempelajari bahasa Inggris, ada beberapa cara untuk mempelajari nya dengan cepat:

  1. Mulai dengan materi paling dasar dulu

Mulai dengan materi dasar. Mulailah dari mempelajari alphabet, kosakata, bahkan membaca dongeng cerita anak berbahasa Inggris. Hal dasar ini sangat penting bagi pemula. Jangan pernah malu, untuk mempelajarinya dari dasar.

  1. Jangan menghapalkan kosakata

Sebagai pemula, cara belajar bahasa Inggris dengan menghapal kosakata tidak dianjurkan. Kenapa? Soalnya yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berkomunikasi dengan kalimat, bukan kosakata. Cara yang tepat, gunakan kosakata-kosakata yang sudah Anda pelajari, untuk membuat sebuah kalimat sederhana. Kemudian berlatihlah untuk mengucapkan kalimat tersebut dengan berulang.

  1. Mempelajari Grammar

Salah satu cara belajar bahasa Inggris yang utama adalah dengan memahami grammar-nya. Grammar atau tata bahasa memiliki fungsi yang sama dalam bahasa Indonesia. Dengan menguasai grammar, akan memberikan penguasaan terhadap tata bahasa tentang cara berkomunikasi secara efektif.

Referensi

Cara Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula yang Mudah dan Cepat - Citizen6 Liputan6.com

1 Like

Menurut aku gak ada yang namanya terlambat untuk belajar, apalagi belajar bahasa inggris. Dengan kemudahan yang ada di zaman sekarang kita bisa belajar banyak dari buku, film atau lagu. Sudah banyak juga aplikasi yang memudahkan kita untuk berlatih bahasa inggris. Memang, bahasa inggris atau bahasa asing lainnya sebaiknya dipelajari sedini mungkin, namun gak semua dari kita privileged enough untuk mulai belajar dari kecil. Jadi menurut aku gak ada yang terlambat untuk mempelajari sesuatu.

1 Like

Sependapat seperti teman-teman yang lain, memang benar tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar sesuatu. Sebab perasaan terlambat itu nantinya malah akan menghambat kita untuk belajar, membuat kita menyerah dan merasa sudah terlanjur terlambat.

Namun sejujurnya menurut saya, baru mempelajari Bahasa Inggris di usia 20 tahun bisa dikatakan terlambat, bila dinilai dari standar pendidikan dan tuntutan zaman sekarang. Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang bahkan sudah diajarkan sejak Taman Kanak-kanak. Siswa SMP diharapkan untuk sudah bisa memiliki reading comprehension yang mumpuni terhadap teks singkat. Siswa SMA diharapkan sudah menguasai ke-16 tenses. Ketika kuliah pun, meskipun tidak mengambil jurusan Bahasa Inggris, tak jarang kita harus mencari sumber ilmiah dari jurnal berbahasa Inggris kan?

Jadi dengan tuntutan standar pendidikan seperti itu, bisa dikatakan 20 tahun adalah usia yang cukup terlambat untuk memulai.

1 Like

Saya rasa secara angka mungkin bisa dikatakan terlambat, namun semua itu kembali lagi kepada pribadinya. Jika emang mempelajari suatu bahasa yang asing bagi kita, terutama bahasa inggris yang notabene mother of language, adalah sebuah keharusan, maka usia hanyalah angka. Belajar itu tidak ada kata terlambat, selama kita mau, mampu konsisten dan senang menjalani prosesnya, segala sesuatunya tidak akan terasa berat. Yang kita mau, mampu, konsisten dan komitmen terhadap apa yang sudah kita pilih, semua akan terasa mudah. Belajar bahasa sekarang juga sangat beragam caranya. Dulu mungkin hanya antara guru dengan murid. Tapi sekarang semua itu berubah, Bisa dengan guru, kawan, melalui aplikasi, bahkan dengan orang inggris langsung juga sekarang sudah bisa. Semua tergantung dengan kesukaan serta gaya belajar yang dimilki. Kembali lagi, selama mau, mampu, konsisten ikhlas menjalani, usia berapapun tidak jadi soal.

1 Like

Wah, terimakasih cukup beragam ya pendapat dari teman-teman, mungkin memang kita pasti sudah mempelajari bahasa inggris sejak kecil, tapi untuk menguasai dan memahami serta fasih itu butuh proses dan tidak semua juga bisa kan bahkan ketika usianya sudah mencapai 20 tahun. Kalau memang ada kemauan dan mungkin ada tuntutan pasti kita akan mau belajar dan mendalaminya dengan cepat so jangan menyerah dan hilangkan pikiran bahwa kita merasa sudah terlambat.

Belajar tidak mengenal kata terlambat. Hanya saja kesadaran diri akan pentingnya kemampuan berbahasa Inggris yang baru muncul di usia 20 tahun, dapat dikatakan cukup terlambat. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk seseorang belajar dengan tekun demi mencapai target kemampuan bahasa Inggris yang diinginkan. Saya rasa mengenal, belajar, dan paham bahasa Inggris bisa dimulai dari usia berapa pun. Anak balita yang dibiasakan menggunakan kosakata bahasa Inggris dalam kesehariannya, pelajar SMA yang mulai belajar untuk program pertukaran pelajar, atau mahasiswa yang baru menekuni dengan serius demi beasiswa studi lanjutan. Semua orang memiliki linimasa yang beragam, bergantung pada niat, keyakinan, serta ketekunan yang dimiliki maka ia bisa mulai untuk mempelajari suatu hal termasuk bahasa Inggris.