Apakah terdapat gambar tersembunyi dari lukisan Pablo Picasso yang berjudul "The Old Guitarist"?

The Old Guitarist

image

Selama “Masa Biru” atau Blue Period yang disebut-sebut oleh Pablo Picasso (1901-1904), ketersediaan dana untuk bidang seni sangatlah ketat. Terkadang, saat seniman itu sangat kekurangan, dia memakai kardus untuk menggantikan kanvas sebagai media lukisannya. Ketika dia memiliki kanvas, kanvas yang sudah terlukisi itu kadang-kadang dipakai kembali. Satu di antara contoh paling terkenal dari karya Picasso yang dibuat selama masa ini, The Old Guitarist, ternyata telah dilukis di atas lukisan sosok lain. Apakah itu?

Wanita tersembunyi dalam lukisan Pablo Picasso yang berjudul The Old Guitarist

image

Selama “Masa Biru” atau Blue Period yang disebut-sebut oleh Pablo Picasso (1901-1904), ketersediaan dana untuk bidang seni sangatlah ketat. Terkadang, saat seniman itu sangat kekurangan, dia memakai kardus untuk menggantikan kanvas sebagai media lukisannya. Ketika dia memiliki kanvas, kanvas yang sudah terlukisi itu kadang-kadang dipakai kembali. Satu di antara contoh paling terkenal dari karya Picasso yang dibuat selama masa ini, The Old Guitarist, ternyata telah dilukis di atas lukisan sosok lain.

Jika kamu pernah melihat lukisan The Old Guitarist secara langsung, mungkin kamu bakal memperhatikan ada wajah yang tampak seperti wajah lain, di bagian belakang leher gitar yang bengkok. Meskipun tidak jelas siapa potret tersembunyi ini, adanya pencitraan melalui sinar X telah mengungkapkan sejumlah rincian tambahan. Itu ternyata gambar seorang wanita yang menyusui anak kecil. Yang sepertinya sedang berada dalam semacam pengaturan pastoral karena dia disertai gambar seekor banteng dan seekor domba.