Apakah tepung mocaf dapat dijadikan alternatif pengganti beras?

Saat ini pemerintah terus mengadakan penelitian dan pengembangan untuk memajukan produk pertanian lokal. salah satu yang sedang dikembangkan adalah Tepung mocaf. Apakah tepung mocaf dapat dijadikan alternatif pengganti beras?

Modified Cassava Flour atau Mocaf, juga dikenal dengan istilah Mocal merupakan produk tepung dari singkong yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel singkong secara fermentasi. Menurut Srimaryati et al (2016) Tepung Mocaf adalah tepung ubi kayu yang dimodifikasi melalui proses fermentasi sehingga mempunyai kriteria fisik dan kimia hampir menyamai terigu.

Tepung mocaf merupakan sumber karbohidrat sehingga dapat dijadikan pengganti beras. Tepung mocaf lebih sehat karena tidak mengandung gluten, cocok untuk dijadikan bahan dasar pembuatan biskuit, mie, dan lain lain. pengembangan tepung mocaf menjadi alternatif potensial juga disebabkan karena produksi singkong lokal yang cukup tinggi.

Referensi

Srimaryati, Iswari,K. 2016. Kajian Pemanfaatan Tepung Mocaf Modified casava flour) Mendukung Pengembangan Makanan Tradisional Sumatera Barat Galamai dan Kue Sapik. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Barat

1 Like

Menurut saya bisa, namun harus ada proses lebih lanjut untuk menjadikan tepung mocaf sebagai sumber karbohidrat pengganti beras. Misalnya dengan mengolah tepung mocaf menjadi beras analog, tentunya dengan penambahan beberapa komponen lain seperti senyawa hidrokoloid dkk. sehingga masyarakat ttp dapat mengkonsumsi beras namun masih dapat memanfaatkan komoditas lainnya sebagai upaya diversifikasi pangan.

1 Like

Menurut saya tepung mocaf dapat dijadikan alternatif pengganti pangan karena tepung mocaf sendiri terbuat dari singkong. Tetapi tepung mocaf harus diolah menjadi suatu olahan tertentu ataupun dengan cara substitusi bahan-bahan lain supaya dapat dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat.

1 Like