Apakah tanaman vertical garden bisa terserang penyakit misalnya ulat?

Vertikal garden atau taman vertikal adalah sebuah konsep taman tegak atau vertikal dengan megatur tanaman dan elemen taman lainnya sedemikian rupa pada sebuah bidang tegak. Konsep taman vertikal merupakan sebuah upaya untuk menghijaukan sebuah tempat yang terbatas dimana tempat tersebut tidak memungkinkan untuk dibuat taman horizontal.

1 Like

Tanaman yang banyak digunakan sebagai vertical garden yaitu tanaman hias. Serangan hama dan penyakit juga bisa terjadi pada tanaman hias tersebut misalnya serangan hama ulat. Terdapat dua macam ulat yang biasanya menyerang tanaman hias yaitu Spodoptera sp dan Noctuidae. Hama ulat Spodoptera sp biasanya menyerang daun yang ditandai dengan daun muda atau setengah tua yang rombeng dari pinggir, sedangkan Noctuidae menyerang bagian batang tanaman namun sulit untuk dideteksi penyerangannya. Penanggulangannya dapat dilakukan dengan pengambilan secara mekanik. Namun, bila jumlahnya sudah banyak, ulat dapat dibasmi dengan menyemprotkan insektisida.

spo and noc

Referensi:
Ferniasari, R. 2011. Optimalisasi Produksi Tanaman Hias Untuk Vertical Garden pada Pt Godongijo Asri, Sawangan, Depok Propinsi Jawa Barat. [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Seperti tanaman-tanaman pada umumnya, tanaman pada vertical garden juga memiliki potensi untuk terserang penyakit yang biasanya disebabkan oleh patogen seperti cendawan dan bakteri. Dalam mengatasi masalah tanaman yang terserang penyakit dapat ditanggulangi dengan pemberian fungisida atau bakterisida (disesuaikan dengan kebutuhan tanaman).

Misalkan tanaman hias pada vertical garden terserang penyakit layu bakteri, dapat diatasi dengan melakukan penyemprotan bakterisida setiap 2 minggu sekali. Dan untuk mencegah agar tanaman tidak terserang penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kondisi media tanam agar tidak terlalu basah dan lingkungan sekitar tidak terlalu lembab.

Selain itu, izin meluruskan bahwa jika tanaman terserang ulat maka tanaman tersebut terserang oleh hama. Nah, jika tanaman terserang oleh patogen (contohnya cendawan atau bakteri) baru tanaman tersebut bisa dikatakan terserang penyakit. Seperti itu :grin:

Referensi

Ferniasari, Rani. (2011). OPTIMALISASI PRODUKSI TANAMAN HIAS UNTUK
VERTICAL GARDEN PADA PT GODONGIJO ASRI,
SAWANGAN, DEPOK PROPINSI JAWA BARAT. Bogor: Institut Pertanian Bogor.