Apakah tanaman selada yanng terkena etiolasi dapat disembuhkan

etiolasi

Tanaman selada saya mati, memang gara2 ketika tumbuh dan berkecambah tidak terkena cahaya matahari terus terjadi etiolasi. Nah pertanyaannya apakah masih bisa tertolong/hidup sehat lagi jika langsung dikenakan cahaya matahari?? Kalo masih bisa tertolong dengan perlakuan bagaimana?
Soalnya tanaman saya malah mati setelah saya kenakan sinar matahari.

1 Like

etiolasi tejadi karna tanaman kekurangan sinar matahari, sehingga pertumbuhan batang tanaman tumbuh sangat tinggi namun rapuh, hal yg menyebabkan terjadinya batang tanaman terlalu tinggi yaitu karna hormon auksin yg berada pada tanaman bekerja secara berlebihan saat ditempat gelap, nah kemungkinan tanaman mati karna sinar matahari yg terpapar pada tanaman terlalu berlebihan/menyengat, tanaman sayur2an membutuhkan sinar matahari yg cukup namun dalam keadaan suhu yg sejuk, kamu sering lihatkan kalo budidaya tanaman sayuran rata2 didaerah pegunungan, karena tanaman sayuran membutuhkan tempat terbuka/sinar cukup namun suhu yg sejuk

1 Like

Tanaman yang telah mengalami etiolasi dapat kembali tumbuh normal karena peristiwa etiolasi merupakan perkembangan yang bersifat reversibel atau dapat kembali seperti normal. Tanaman yang mengalami etiolasi akan dapat beradaptasi dengan keadaannya untuk beberapa hari, namun apabila dibiarkan terlalu lama maka pertumbuhan dari tanaman juga akan terganggu.

Masalah yang dihadapi oleh daun yang ternaungi adalah untuk mempertahankan suatu keseimbangan karbon yang positif, dimana keadaan ini merupakan titik kompensasi. Titik kompensasi adalah dimana laju fotosintesis sama dengan laju respirasi dan ini hanya akan berlaku pada tanaman C3, termasuk selada.

Namun, meskipun etiolasi bersifat reversibel apabila intensitas cahaya terlalu tinggi pada saat pemulihan juga dapat menyebabkan tanaman tersebut mati. Hal tersebut disebabkan karena intensitas cahaya yang terlalu tinggi dapat menurunkan laju fotosintesis sehingga menyebabkan rusaknya klorofil.

Semoga membantu :grin:

2 Likes