Apakah tafsir dari ayat yang menyebutkan bahwa nabi Isa adalah "seorang terkemuka di dunia dan di akhirat....(Qs. Ali Imran [3]: 45)?

Nabi Isa as

Apakah tafsir dari ayat yang menyebutkan bahwa nabi Isa as adalah "seorang terkemuka di dunia dan di akhirat…(Qs. Ali Imran [3]: 45)?

“(Ingatlah) ketika malaikat berkata, ‘Hai Maryam, sesungguhnya Allah memberi berita gembira kepadamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) dari-Nya, namanya al-Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang dekat (kepada Allah).’” (Qs. Ali Imran [3]:45)

Pada ayat ini dijelaskan tentang dua makam dan kedudukan bagi Nabi Isa As:
Deskripsi “wajihan fi al-dunyâ wa al-akhirah” dalam al-Quran hanya disebutkan untuk Nabi Isa As dan tidak ada deskripsi dan penyifatan lainnya dalam al-Quran seperti ini.

Meski ungkapan ini dalam beberapa riwayat merupakan sebuah doa yang memiliki sisi umum dan siapa pun berdasarkan tingkatan spiritual dan maknawiahnya dapat memohon hal itu kepada Allah Swt.

“Tuhanku! Aku menghadap kepada-Mu dengan perantara Muhammad dan Keluarga Muhammad dan mereka adalah perantaraku dalam salatku kepada-Mu dan dalam mendekatkan diri kepada-Mu. Maka jadikanlah Aku di dunia orang yang memiliki kedudukan dan terkemuka di dunia dan akhirat, dan menjadi orang-orang yang dekat pada-Mu.”

Wajih bertimbangan fâ’il berasal dari klausul wajh yang bermakna sesuatu yang mendapat perhatian, kedudukan dan penghormatan. Sisi terkemuka (wajahat) pada ayat mulia di atas menyinggung tentang dua hal sebagai berikut:

  • Terkemuka di dunia: Terkemukanya Nabi Isa di dunia bermakna bahwa orang-orang akan mengagungkannya dan memandangnya suci hingga hari kiamat. Atau dengan kata lain pengagungan dan pandangan ini bermakna bahwa Nabi Isa memiliki kedudukan kenabian dan kepemimpinan atas masyarakat.

    Sebagian ulama memandang kedudukan Nabi Isa As di dunia berkaitan dengan perhatian Nabi Isa As kepada masyarakat dan masyarakat kepadanya. Perhatian ini tercurah pada kehidupan ril masyarakat, dunia masyarakat, segala penderitaan, kesedihan, kegembiraan, dalam kehidupan mental dan spiritual mereka.

  • Terkemuka di akhirat: Posisi terkemuka Nabi Isa As di akhirat bermakna bahwa Nabi Isa memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah Swt di antaranya mampu memberikan syafaat kepada orang-orang beriman.

Posisi Dekat Nabi Isa As

Meski makna muqarrab itu jelas namun harus dikatakan bahwa posisi dan makam menjulang ini menandakan jarak minimal antara Allah Swt dan Nabi Isa As, sebagai hasil dari terkemukanya Nabi Isa. Dengan kata lain, posisi dekat dan lekat dengan Tuhan diperoleh di kedua alam dan hal itu tidak akan dapat tercapai kecuali posisi ini diterima di dunia dan di akhirat. Bukti dari penafsiran ini adalah apa yang dijelaskan pada ayat ini:

Al-Masih sekali-kali tidak enggan menjadi hamba bagi Allah dan tidak (pula enggan) malaikat-malaikat yang terdekat (kepada-Nya).” (Qs. Al-Nisa [4]:172)

Nabi Isa As bukanlah merupakan Tuhan dan anak Tuhan (melainkan seorang nabi yang memiliki kedudukan dekat di sisi Allah Swt).