© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apakah Tablet PC Pertama di Dunia?

Banyak yang merasa ukuran layar yang lebih lebar membuat tablet PC lebih nyaman digunakan untuk browsing. Barangkali sekarang ada di antara kamu yang membaca artikel ini lewat tablet. Siapa yang membuat tablet PC pertama di dunia?

Tapi ternyata, jauh sebelum adanya iPad, sudah ada perangkat yang disebut sebagai tablet PC. Perangkat itu ternyata dibuat oleh salah satu saingan berat Apple di dunia IT, yaitu Microsoft. Pada tahun 2000, Microsoft membuat tablet PC pertamanya. Sebenarnya jauh sebelum itu pun, pada tahun 1980-an juga sempat muncul berbagai piranti serupa tablet PC yang menggunakan layar sentuh lebar dan dioperasikan menggunakan stylus. Namun, tablet PC buatan Microsoft inilah yang disebut-sebut menjadi cikal bakal tablet PC modern saat ini. Ditambah lagi, tablet PC buatan Microsoft ini merupakan perangkat pertama yang menggunakan istilah tablet PC.

Tablet pertama buatan Microsoft ini masih menggunakan layar hitam putih. Namun pada keluaran seri-seri berikutnya, layarnya sudah berwarna dan sistem operasinya menggunakan Windows XP. Untuk membuat tablet PC ini, Microsoft juga menggandeng perusahaan pembuat piranti kenamaan seperti HP, Lenovo, dan Acer. Sayangnya, ukurannya masih besar dan bobotnya cukup berat, yaitu hampir seukuran laptop saat ini! Baterainya pun dinilai tidak tahan lama. Akibatnya, tablet PC ini kurang populer.

Sampai akhirnya generasi baru tablet PC pun muncul dengan dibuatnya iPad dan berbagai jenis tablet PC yang kita kenal saat ini. Ukuran tablet PC yang sekarang jauh lebih ringan dibanding buatan Microsoft pada waktu itu sehingga lebih banyak disukai dan menjadi makin digemari.

Sumber: