Apakah suplemen vitamin C menyehatkan tubuh ?

Vitamin C merupakan vitamin yang diperlukan tubuh agar dalam menjalankan aktivitasnya kita tetap sehat dan bugar, lalu apakah benar suplemen vitamin C dapat menyehatkan tubuh ?

vitamin c

Aktivitas yang padat membuat banyak orang di zaman sekarang ini hanya mempunyai sedikit waktu untuk beristirahat. Hal ini tentu dapat memengaruhi kesehatan. Ditambah lagi dengan pola makan Anda yang tidak terjaga. Daya tahan tubuh pasti dapat menurun dengan mudahnya, sehingga membuat Anda gampang letih dan sakit. Karena alasan tersebut, banyak orang mengonsumsi suplemen vitamin C. Tapi, apakah benar vitamin C dapat memberi Anda stamina yang lebih?

Salah satu fungsi dari vitamin C sendiri adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda dengan merangsang produksi sel darah putih. Antioksidan yang juga terkandung dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan energi, sehingga dapat mencegah Anda dari kelelahan. Selain itu, vitamin C juga dapat mendukung fungsi vital dalam tubuh Anda, salah satunya adalah fungsi kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal adalah kelenjar yang mengatur hormon terkait stres dan kelelahan. Vitamin C juga diperlukan dalam penyerapan zat besi sehingga juga dapat membantu Anda terhindar dari anemia. Dengan segala fungsinya tersebut, maka suplemen vitamin C dapat membantu Anda meningkatkan daya tubuh dan mencegah Anda dari kelelahan.

Selain kandungan vitamin C, biasanya suplemen vitamin C juga ditambahkan dengan vitamin B. Vitamin B ini dapat membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Hal ini menjadi nilai tambah suplemen karena vitamin B dapat membantu meningkatkan energi Anda, selain dari sumber vitamin C. Oleh karena itu, konsumsi suplemen vitamin C di tengah aktivitas Anda yang padat mungkin dapat membantu Anda menjadi lebih berstamina.

Tidak semua orang membutuhkan suplemen vitamin C. Suplemen vitamin C biasanya mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, mencapai 1000 mg atau lebih. Padahal, kebutuhan vitamin C Anda per hari tidak sampai sebanyak itu. Berdasarkan Institute of Medicine’s, kebutuhan vitamin C Anda adalah 90 mg per hari untuk pria dan 75 mg vitamin C per hari untuk wanita. Jika Anda mengonsumsi vitamin C lebih dari jumlah ini, maka ini merupakan hal yang percuma. Mengapa? Karena kelebihan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh Anda hanya akan dikeluarkan lagi oleh tubuh Anda.

Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin C Anda hanya dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari (setidaknya 5 porsi per hari). Beberapa sumber makanan vitamin C adalah jeruk, kiwi, pepaya, strawberi, brokoli, kale, dan masih banyak lagi. Anda bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan tersebut ke setiap menu makanan Anda setiap hari. Contohnya saja, tambahkan strawberi dan kiwi ke dalam sereal pagi Anda.

Namun, jika Anda mempunyai masalah dalam mencukupi kebutuhan vitamin C Anda per hari, di samping aktivitas Anda juga padat setiap harinya, mungkin Anda membutuhkan asupan vitamin C tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Suplemen vitamin C mungkin Anda butuhkan, tapi dengan kadar 500 mg vitamin C saja sepertinya sudah cukup untuk Anda. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda memutuskan untuk mengambil suplemen.

Referensi