Apakah sukulen atau kaktus perlu pupuk? Kapan atau berapa hari sekalia sebaiknya pemberian nutrisi pada kaktus atau sukulen?

Seminggu yang lalu saya membeli sukulen. Saya baru saja memulai budidaya sukulen, jadi kurang paham mengenai sukulen. Mohon bantuannya😌

1 Like


Tanaman sukulen dan kaktus merupakan salah satu tanaman yang cocok untuk sebagai tanaman hias indoor. Menurut Ardhana Utama (2019) terdapat beberapa faktor yang harus di perhatikan ketika akan menanam sukulen atau kaktus, faktor tersebut diantaranya adalah :

  1. Pilih pot yang tepat : Pilih pot yang terdapat lubang atau celah dibagian bawah pot agar drainase lancar, sehingga akar kaktus atau sukulen tidak mudah busuk karena lembab apabila tidak ada celah drainase untuk keluar.
  2. Gunakan bahan tanam yang mudah melarutkan air : Dapat menggunakan sekam bakar, campuran tanah dan pasir. Perlu diperhatikan bahwa kebutuhan tiap jenis sukulen dan kaktus berbeda-beda. Pada intinya jangan menggunakan bahan tanam yang mudah melarutkan air.
  3. Perhatikan sinar matahari : Meskipun pada dasarnya sukulen dan kaktus merupakan jenis tanaman dari daerah kering, bukan berarti sukulen dan kaktus harus terpapar sinar matahari secara terus menerus. Pada umumnya cukup dalam 4-6 jam penyinaran, karena jika terlalu lama dan terkena terik matahari secara langsung daun sukulen akan terbakar.
  4. Intensitas menyiram : Penyiraman tergantung lokasi tanaman sekulen dan kaktus, bisa satu hingga dua kali seminggu, media tanam harus dilihat apakah sudah kering ketika ingin menyiram.
  5. Pupuk berskala selama 1 sampai 2 bulan : Pupuk yang disarankan adalah NPK, berikan 2 hingga 3 butir pada tiap tanaman. Jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan overheat (panas berlebih).