Apakah suatu hari nanti kita akan digantikan oleh Artificial Intelligent (Kecerdasan Buatan)?

Jika cara berpikir yang dibentuk selayaknya komputer memecahkan masalah dan komputer yang akan berkembang pesat dan perbudakkan terhadap teknologi sedang marak-maraknya. Utarakan pendapat anda jika suatu hari nanti komputer dapat melampaui kemampuan manusia dalam berpikir logis apakah suatu hari nanti kita dapat digantikan oleh Artificial Intelligent.

Menurut saya kalau masalah kemungkinan tentu ada ya, bahkan kenyataan mengenai berkembang pesatnya perkembangan teknologi dunia mengingatkan saya dengan sebuah film animasi berjudul Astro Boy. Di film tersebut segalanya telah terlihat sangat futuristik. Bahkan segala pekerjaan seperti pembersih kaca gedung bahkan seorang pelayan dilakukan oleh robot.

Nah, walau kemungkinan tergantikannya manusia oleh teknologi khususnya komputer sangatlah besar dan bahkan sangat mungkin terjadi, manusia hendaknya tetap memegang kendali penuh atas segala pekerjaaan yang dipegangnya. Agar manusia tidak terasingkan atau tersisih karena karya ciptanya sendiri yaitu komputer.

Dalam laporan yang dikeluarkan oleh Martin Oxford School, disebutkan bahwa 47% pekerjaan di Amerika Serikat terancam mengalami automasi. Jangan sampai manusia malas dan melupakan hakekatnya sendiri sebagai manusia dan menyerahkan segala urusan pada mesin. Dan salah satu kelebihan manusia yang tidak dapat tergantikan oleh mesin adalah manusia memiliki proses belajar yang cepat sehingga dapat beradaptasi dengan hal baru. Hal ini menguatkan fakta bahwa manusia tidak perlu melakukan upgrade setiap ada proses baru dikehidupannya, mereka hanya perlu beradaptasi.

Sedangkan mesin membutuhkan upgrade spare part maupun software serta diprogram ulang demi menjalankan sebuah tugas baru yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki manusia, potensi digantikan oleh mesin harusnya tidak membuat manusia rapuh dan menjadi malas. Manusia harus memegang kendali penuh atas ciptaannya sendiri.

Setiap manusia telah mempunyai akal dan fikiran , manusia diciptakan sempurna oleh Tuhan dengan memberi pikiran untuk menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi . fikiran adalah kemampuan manusia dalam memandang sebuah masalah , mengumpulkan informasi, mengolah data dan mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah masing masing , kita dapat memakai cara Computational Thingking (CT) untuk menghadapinya . Computational thingking penting karena CT sendiri itu kan suatu proses pembelajaran juga , ia memiliki peran yang penting terhadap pengambangan aplikasi aplikasi dalam komputer , kalo bicara soal masa depan , pasti sangat mungkin ya apalagi teknologi jaman sekarang sangat pesat sekali perkembanganya . Jadi semua itu bisa saja terjadi

Seperti yg pernah saya baca bahwa hawking menyatakan bentuk awal kecerdasan buatan yang dikembangakan sejauh ini memang terbukti sangat bermanfaat , tapi kecemasan mulai ada terhadap konsekuensi jika kecerdasan buatan itu bida melebihi kemampuan manusia