Apakah Stres Dapat Menular Ke Orang Lain?

stres mengubah otak

Ketika kita mempunyai teman yang sedang stres, entah mengapa kita juga ikut merasa stres. Apakah ini indikasi bahwa stres dapat menular ke orang lain ? Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Dalam sebuah penelitian baru di Nature Neuroscience, Jaideep Bains, PhD, dan timnya di the Cumming School of Medicine’s Hotchkiss Brain Institute (HBI), di University of Calgary telah menemukan bahwa stres yang ditularkan dari orang lain dapat mengubah otak dengan cara yang sama seperti stres nyata.

Penelitian ini di uji cobakan pada pada tikus, ia juga menunjukkan bahwa efek stres pada otak terbalik pada tikus betina setelah interaksi sosial, namun hal ini tidak berlaku untuk tikus jantan.

“Perubahan otak yang terkait dengan stres mendukung banyak penyakit mental termasuk PTSD, gangguan kecemasan dan depresi,” ujar Bains, profesor di Departemen Fisiologi dan Farmakologi dan anggota HBI.

“Studi terbaru menunjukkan bahwa stres dan emosi dapat ‘menular’. Apakah ini memiliki konsekuensi yang langgeng untuk otak masih belum diketahui”, tambahnya.

Tim peneliti Bains mempelajari efek stres pada pasangan tikus jantan atau betina. Mereka mengeluarkan satu tikus dari masing-masing pasangan dan memaparkan stres ringan kepad tikus tersebut sebelum mengembalikannya pada pasangannya.

Mereka kemudian meneliti tanggapan dari populasi spesifik sel, khususnya neuron CRH yang mengendalikan respons otak terhadap stres, pada setiap tikus, yang mengungkapkan bahwa jaringan di otak dari tikus yang ditekan dan pasangan naif diubah dengan cara yang sama.

Penulis utama studi tersebut, Toni-Lee Sterley, seorang rekan postdoctoral di lab Bains mengatakan, "Apa yang luar biasa adalah bahwa neuron CRH dari mitra atau pasangan, yang tidak terkena stres yang sebenarnya, menunjukkan perubahan yang identik dengan yang kami ukur. pada tikus yang stres. "

Selanjutnya, tim menggunakan pendekatan optogenetik untuk merekayasa neuron ini sehingga mereka dapat menyalakan atau mematikannya dengan cahaya.

Ketika tim membungkam neuron ini selama stres, mereka mencegah perubahan di otak yang biasanya terjadi setelah stres. Ketika mereka membungkam neuron di dalam pasangan selama interaksinya dengan individu yang stres, stres tidak berpindah ke pasangan.

Hebatnya, ketika mereka mengaktifkan neuron-neuron ini dengan menggunakan cahaya pada satu tikus, bahkan tanpa ada stres, otak tikus yang menerima cahaya dan cahaya dari pasangan itu berubah sama seperti mereka setelah mengalami stres yang nyata.

Tim menemukan bahwa aktivasi neuron CRH ini menyebabkan pelepasan sinyal kimia, sebuah ‘alarm pheromone’, dari tikus yang memberi tahu pasangan.

Mitra yang mendeteksi sinyal pada gilirannya dapat memperingatkan anggota tambahan dari grup. Penyebaran sinyal stres ini mengungkapkan mekanisme kunci untuk transmisi informasi yang mungkin penting dalam pembentukan jejaring sosial di berbagai spesies.

Keuntungan lain dari jejaring sosial adalah kemampuan mereka untuk menyangga efek dari efek samping. Tim Bains juga menemukan bukti untuk penyangga stres, tetapi ini selektif.

Mereka memperhatikan bahwa pada wanita efek residual dari stres pada neuron CRH terpotong hampir setengah dari waktu ke waktu dengan mitra tanpa tekanan. Hal yang sama tidak berlaku untuk pria.

Bains menunjukkan bahwa temuan ini mungkin juga ada pada manusia.

"Kami siap mengkomunikasikan stres kami kepada orang lain, kadang-kadang tanpa menyadarinya. Bahkan ada bukti bahwa beberapa gejala stres dapat bertahan dalam keluarga dan orang-orang terkasih dari individu yang menderita PTSD. Di sisi lain, kemampuan untuk merasakan keadaan emosi orang lain adalah bagian penting dalam menciptakan dan membangun ikatan sosial. "

Penelitian Brains ini menunjukkan bahwa stres dan interaksi sosial terkait secara rumit. Konsekuensi dari interaksi ini dapat bertahan lama dan dapat memengaruhi perilaku di lain waktu.