Apakah status sosial itu penting?

Status sosial adalah kedudukan sosial seseorang atau individu dalam kelompok masyarakat. Seseorang dapat memiliki beberapa status karena ikut serta dalam berbagai kelompok dalam kehidupan bermasyarakat. Status seseorang akan menentukan derajat, kewajiban, dan tanggung jawab dalam kelompoknya. Contohnya seperti kamu menjadi keturunan bangsawan, atau ketika kamu menjadi pemimpin dalam kelompok.

Status sosial itu merupakan simbol pengakuan dan penghargaan atas seseorang. Penghargaan terhadapnya sangat ditentukan oleh status sosialnya itu. Terkadang dalam masyarakat tradisional yang masih suka dengan penghormatan dan penghargaan, sehingga status sosial menjadi begitu penting dan bermakna.

Menurutmu apakah status sosial dalam kehidupan ini penting ?

menurutku, status sosial itu tidak penting. dimana-mana kita harus menghormati yang tua dan menyayangi yang muda maupun yang sebaya. berkelakuan dengan sopan dan santun kita akan disegani dan di hormati orang lainnya juga. Mengucapkan kata maaf, terimakasih, dan tolong merupakan cara yang mudah untuk orang menyenangi, menghormati, dan menyayangi kita.

Kalo menurutku, status sosial itu tidak terlalu penting buat aku. Yang terpenting adalah tetap menjaga sikap dan perilaku kita di kehidupan bermasyarakat jika kita juga ingin diperlakukan dengan baik.

Menurut saya penting terutama jika itu status sosial ekonomi. Karena berdasarkan jurnal yang berjudul “PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN MAHASISWA DI DESA BUO KECAMATAN LOLODA KABUPATEN HALMAHERA BARAT” di dapatkan beberapa kesimpulan seperti :

  1. Keberhasilan mahasiswa menunjukkan bahwa banyak di pengaruhi oleh status ekonomi orang tua.
  2. Status sosial ekonomi orang tua siswa dapat dikatakan ada pengaruhnya, hal ini dapat terlihat dari hasil penelitian yang penulis laksanakan, dimana “ada pengaruh antara kondisi orang tua terhadap keberhasilan mahasisawa.
  3. Dari hasil penelitian tentang status sosial ekonomi orang tua terhadap keberhasilan mahasiswa cukup baik” yang diukur dengan Pekerjaan, Pendapatan dan Kekayaan Orang Tua

Selain itu, berdasarkan pengalaman saya. Orang yang memiliki status sosial yang tinggi lebih mudah untuk diterima oleh lingkungan dan mereka lebih dihargai ataupun dihormati oleh sekitar.

Status sosial itu tidak terlalu penting namun juga tidak bisa disepelekan, orang yang memiliki status sosial tinggi memng lebih dihargai dan dihormati. Untuk saya sendiri akan menghargai dan menghormati semua orang ang apabila orang tersebut berprilaku baik, sopan dan juga santun.

mungkin dibeberapa tempat status sosial itu penting. tapi menurut aku status sosial itu tidak terlalu penting. justru lebih penting jika orang itu berprilaku yang baik. tapi memang nyatanya dibeberapa tempat status sosial masihlah menjadi tolak ukur dalam menghormati suatu kaum atau seseorang.

status sosial merupakan fakta yang memang terjadi dalam kehidupan masyarakat, namun alangkah baiknya jika manusia tidak terlalu memperdulikan status sosial tersebut, yang terpenting dalam hidup bermasyarakat adalah berperilaku baik terhadap siapapun.