Apakah spritualitas menjadi satu satunya jalan menuju ketenangan batin?

spirituall

Spiritualitas artinya kepercayaan pada sesuatu yang berada di luar diri, misalnya tradisi dan agama. Selain dengan Tuhan, kepercayaan juga melibatkan hubungan individu dengan sesama maupun dunia secara keseluruhan. Spiritualitas memberi beragam pengaruh positif untuk kesehatan. Penelitian mengatakan bahwa spiritualitas membantu seseorang mengatasi stres dengan mengubah perasaan negatif menjadi positif atau untuk meraih ketenangan batin.

Namun, menurut Youdics apakah ketenangan batin hanya dapat diraih melalui sisi spiritualitas? Atau ada cara lain melalui sisi jasmani? Yuk bagikan pendapatmu!

Sumber

Permana, Bayu Galih. 2021. Spiritualitas Adalah Aspek Penting dalam Kehidupan, Apa Pengaruhnya untuk Kesehatan?. SehatQ.

1 Like

Saya rasa tidak, terkadang ada sesuatu diluar spiritualitas yang menyebabkan ketenangan batin seseorang terganggu seperti masalah keluarga, masalah akademik dll. Sebenarnya bisa dibilang iya benar jika meningkatkan setidaknya mengurangi efeknya karena hal itu dapat sedikit memberikan ketenangan karena kita memiliki tempat bersandar. Namun terdapat beberapa aspek dimana kita tidak cukup jika hanya bergantung kepada hal itu. Sebagai contoh, orang yang memiliki depresi sering dikaitkan dengan imannya yang kurang dan dinasehati untuk memperbaiki ibadahnya. Lalu bagaimana dengan orang yang sudah taat beribadah lalu masih depresi? Oleh karena itu, faktor depresi itu banyak. Untuk tingkat yang lebih parah, sebaiknya juga berkonsultasi kepada dokter/psikiater agar batin kita semakin tenang.

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2020. God Help Us? How Religion is Good (And Bad) For Mental Health.

Seperti definisi yang dijelaskan di deskripsi, spiritualitas merupakan hal-hal yang berhubungan dengan kejiwaan, rohani, dan sebagainya. Dari situ, bisa kita ketahui bahwa spiritualitas itu adalah lawan kata dari jasmani, dimana jasmani adalah hal-hal yang berhubungan dengan fisik, tubuh, badan, dan sebagainya.

Spiritualitas memang memiliki hubungan yang erat dengan manfaat untuk mencari ketenangan batin. Hal tersebut dikarenakan ketenangan batin itu lebih efektif dicapai dengan hal-hal yang berhubungan dengan batin atau spiritual itu sendiri. Namun, bukan berarti ketenangan batin hanya dapat dicapai dengan hal-hal yang berhubungan dengan spiritualitas. Kita juga bisa mencapainya dengan melalui sisi jasmani, yaitu:

  1. Meluangkan waktu untuk diri sendiri
    Kita mungkin merasa batin kita tidak tenang karena padatnya rutinitas sehari-hari yang tentunya dapat menyebabkan cemas dan stress. Dengan meluangkan waktu untuk sendiri atau me time , kita bisa sejenak melepaskan diri dari segala hiruk-pikuk rutinitas kita. Contoh kegiatan me time adalah dengan berdiam diri di kamar sambil menonton film atau mendengarkan musik, pergi liburan, makan enak di restoran, dan sebagainya. Me time juga sangat dapat membantu kita untuk memecahkan masalah yang ada.

  2. Olahraga
    Rasa cemas dan stress yang kita rasakan tentu dapat membebani kita dan berpeluang mengganggu kualitas tidur. Berolahraga memiliki manfaat yang sangat positif bagi kita, yaitu dapat melepaskan energi negatif dan dapat memperbaiki kualitas tidur.

  3. Membatasi penggunaan media sosial
    Selain memiliki manfaat untuk tubuh seperti sumber informasi dan hiburan, media sosial juga dapat mengganggu mental penggunanya. Efek negatif tersebut dapat terjadi karena media sosial dapat membuat kita sering membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lain. Selain itu, tidak sedikit juga kita membaca atau bahkan memperoleh komentar yang negatif dari para netizen. Dengan membatasi penggunaan media sosial, diharapkan kita dapat lebih memiliki ketenangan hati karena mengurangi risiko yang sudah disebutkan.

Sumber

Permana, B. G. & Pawitri, A. (2020, 9 September). Mudah dan Sederhana, Terapkan Cara Ini untuk Memperoleh Ketenangan Batin. Diakses pada 1 Agustus 2021, dari https://www.sehatq.com/artikel/mudah-dan-sederhana-terapkan-cara-ini-untuk-memperoleh-ketenangan-batin.

Saya sangat setuju. Karena dengan kita adalah makhluk yang mempunyai agama. Ketika kita dihadapkan oleh suatu masalah, maka yang paling utama dalam mencari ketenangan batin adalah dengan mengenal, memperdalam dan dekat dengan spiritual. Karena untuk mencari ketenangan batin itu sangatlah sulit. Karena ketenangan batin kerap kali selalu menjadi permasalahan yang sulit untuk diselesaikan dengan begitu kita yang memiliki masalah kan sulit untuk mencari solusi yang tepat untuk sekedar menenangkan batin. Dengan kita memperkuat spiritual kita, memiliki rasa syukur yang tinggi akan masalah kita yang begitu rumit sulit untuk diselesaikan, namun dengan kita memperkuat spiritual tersebut setidaknya ketenangan batin tersebut akan kita dapatkan.

Tidak juga sebenarnya. Walaupun saya setuju bahwa spiritualitas adalah cara terbaik untuk mencapai ketenangan batin alias inner peace, namun menurut saya itu bukanlah satu-satunya cara.

Batin adalah kondisi kejiwaan. Dan tentu saja kondisi kejiwaan juga dipengaruhi oleh kondisi fisik, terutama kondisi syaraf. Batin yang tenang juga adalah karena pikiran yang tenang. Mengapa tenang? Mungkin karena bisa menata pikiran, bisa menenangkan diri dan pasrah.

Ganja juga bisa menjadi jalan untuk mencapai ketenangan batin. Pengguna ganja memiliki jiwa yang tenang karena dipengaruhi dari kondisi syarafnya. Banyak yang menyatakan bahwa mereka mencapai ketenangan batin saat merokok ganja, bahkan sebagian ada yang melaporkan bertambahnya tingkat kesadaran.

Jadi ya, ganja dapat menjadi jalan juga untuk menuju ketenangan batin. Iā€™m not kidding.

Menurut saya, sisi spiritualitas hanyalah satu dari sekian banyak cara untuk mendapatkan sebuah ketenangan batin dan salah satu domain dari spiritualitas ini sendiri adalah agama. Mendapatkan ketenangan batin dari sisi spiritualitas pun dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti beribadah, bermeditasi, Merenung, dan lain sebagainya yang dimana, sisi spiritualitas ini sangat berkorelasi dengan kondisi kejiwaan, rohani, dan mental seseorang. Tetapi seperti yang saya sebutkan sebelumnya, mendapatkan ketenangan batin tidak hanya dapat dicapai melalui sisi spritualitas saja melainkan bisa juga melalui sisi jasmani.

Misalnya saja kita dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri. Dewasa ini, banyak orang yang suka lupa untuk meluangkan waktu untuk diri mereka sendiri karena terlalu sibuk dengan urusan keseharian mereka. Padahal yang namanya me-time itu sangatlah penting untuk memberikan tubuh kita istirahat sejenak dari segala aktivitas yang kita lakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti misalnya pergi berlibur untuk menikmati keindahan alam atau bisa juga dilakukan dengan cara yang lebih sederhana seperti misalnya, melakukan hobi yang jarang kita lakukan atau melakukan aktivitas yang membuat kita rileks seperti menonton film dan lain sebagainya. jika tubuh kita mendapatkan istirahat, maka tentunya batin kita pun akan lebih tenang dari sebelumnya.

Faktor lain di masa kini yang menjadi biang kerok seseorang sulit mendapatkan ketenangan batin adalah media sosial. ya , media sosial sendiri memainkan peranan yang penting dalam menciptakan anxiety atau kecemasan yang membuat orang sulit mendapatkan ketenangan batin karena memiliki perasaaan takut tertinggal info - info yang ada disana dan juga di media sosial, tak jarang kita melihat netizen yang berkomentar secara negatif yang membuat mental kita yang melihatnya semakin campur aduk. cara yang bisa dilakukan adalah kita bisa membatasi penggunaan gadget dan media sosial , supaya kita dapat lebih fokus dengan hal - hal yang berhubungan dengan diri kita sendiri.

Tentu saja tidak. Ketenangan batin yang didapatkan dari menerapkan sisi spiritualitas adalah salah satu cara untuk memperoleh ketenangan batin. Namun, bukan menjadi satu-satunya cara untuk menenangkan batin. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ketenangan batin misalnya seperti:

  1. Melakukan Self Care
    merawat diri juga merupakan suatu upaya untuk memperoleh ketenangan batin. Bisa seperti berolahraga, makan-makanan sehat dan merawat tubuh.
  2. Melakukan kegiatan Ynag disukai
    melakukan kegiatan yang disukai akan membawa dampak positif terhadap kesehatan mental dan memberikan ketenangan batin. Lakukanlah hobi yang anda sukai ketika memiliki waktu luang agar pikiran anda tetap sehat. misalnya berkebun, membaca buku, mendengarkan musik, memasak.
  3. Bermain dengan hewan peliharaan
    Bermain dengan hewan peliharaan adalah hal sederhana tapi bisa membuat perasaan anda akan lebih baik.