Apakah smart watch akan menggantikan jam tangan di masa depan?

  • Agree
  • Not Agree

0 voters

Dengan semakin berkembangnya smart watch yang terus meningkat dan jumlah produksi smart watch yang semakin menaik tajam ditambah dengan permintaan yang semakin banyak.

Akankah smart watch menggantikan jam tangan di masa depan ?

1 Like

:white_check_mark: Agree

Menurut saya smartwatch pasti akan menggantikan jam tangan dikarenakan smartwatch adalah ben tuk yang lebih modern dan lebih canggih dari jam tangan yang ada pada saat ini,maka dari itu pastinya manusia lebih memilih sesuatu yang lebih modern dan canggih dikarenakan hal tersebut lebih mudah dan lebih praktis untuk digunakan,bahkan smartwacth berpenampilan lebih elegan daripada jam tangan biasa.

Dengan adanya smartwacth ini seorang pengguna bisa memiliki akses ke berita, cuaca, olahraga, saham, horoskop, email,sms dll. Smartwatch ini menggunakan Near-universal understanding sehingga dapat dihubungkankan dengan smartphone. pastinya banyak orang yang berfikir sangat bergunanya smartphone ini

Untuk lebih jelasnya berikut ini akan disebutkan kelebihan kelebihan
dari smartwatch :

  • tidak harus selalu mengeluarkan handphone apabila ada bunyi notifikasi BBM, Wazzap, FB dll.
  • Fitur-fitur pada smartwacth sangat banyak dan sangat menguntungkan. Mungkin masa yang
    akan mendatang fitur akan bertambah lebih banyak sesuai dengan kebutuhan
    manusia.
  • Cara mengoprasikan Smartwacth yang sekarang banyak disukai oleh kalangan masyarakat yaitu touchscreen.

Dari kelebihan-kelebihan yang ada diatas pastinya dimasa depan smartwacth akan menggantikan jam tangan,karena masih ada kemungkinan smartwacth akan berubah menjadi smarphone yang berbentuk jam tangan sehingga orang pasti lebih memilih barang yang lebih modern dan lebih ringkas,jadi karena jam tangan menggunakan teknologi yang sudah ketinggalan kemungkinan besar hal tersebut digantikan. Bagaimana kita akan berfikir maju jika teknologi kita saja masih belum maju. Tetapi jangan sampai kemajuan teknologi tersebut di salah gunakan ataupun membuat kita semakin malas.

2 Likes

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Jam tangan atau arloji adalah sebuah mahakarya engineering yang tidak lekang oleh waktu. Memang, sekarang adalah era digital dan arloji yang menunjukkan angka dalam bentuk digital pun sudah lama ditemukan.
Tapi hal itu sama sekali tidak berpengaruh pada arloji analog. Seperti yang kita ketahui, arloji analog masih banyak dipakai di belahan dunia meski sudah bermunculan arloji arloji yang lebih canggih seperti digital dan smartwatch.
Bahkan harganya pun tidak jarang hingga mencapai milyaran seperti jam tangan Rolex atau Swiss Army.

Jika kita memakai jam tangan yang berharga seperti ini, tidak jarang orang akan berdecak kagum melihatnya.

Mengapa?

Karena arloji adalah sebuah kebanggaan dan sebuah simbol kemakmuran. Semaju apapun jaman yang kita hadapi nanti, arloji klasik tampaknya tidak akan berubah.
Orang orang tua mungkin akan kesulitan dan dalam berbagai kasus akan mengubah waktu di smartphone atau smartwatch mereka lalu tidak memiliki cara untuk mengembalikannya.

Tidak demikian dengan jam tangan, karena penggunaan dan mekanisme jam tangan dari dulu hingga sekarang pun tidak berubah sama sekali.

Sumber: Quora

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Saya tidak setuju jika smartwatch akan menggantikan jam tangan dimasa depan. Jika dilihat
dari segi harganya, smart watch lebih mahal dibandingkan dengan jam tangan. Kita ketahui bahwa smartwatch memiliki fitur teknologi yang cangih dibandingkan jam tangan. Tetapi penggunaan dari smartwatch lebih rumit contohnya kita harus mengisi baterai smartwatch sebelum menggunakannya, harus mendownload aplikasi yang tepat untuk menghubungkan smartwatch tersebut dengan smartphone dan harus mengatur tampilan smartwatch dll. Smartwatch saat ini masih harus dipasangkan dengan smartphone, jadi pengeluaran lebih banyak dan mahal.

Walaupun smartwatch mempunyai fitur atau hardware yang bagus, namun tidak semua dapat mengoperasi apa yang smartphone bisa lakukan. Dari segi layar smartwatch, layarnya tidak semaksimal pada smartphone sehingga kita harus sedikit berusaha untuk melihat notifikasi sosial media di smartwatch atau mencari kotak telepon, bagaimana dengan pengguna smartwatch yang memiliki mata minus?

Untuk koneksi internet pada smartwatch versi android, ini juga sangat mengecewakan. Karena, rata-rata fitur di smartwatch yang tersambung smartphone menggunakan koneksi internet contohnya sosmed, google map, cuaca dll. Selain smartphone menuntut koneksi internet dari provide. Smartphone juga akan dibebani koneksi internet dari smartwatch yang kita pakai. Kenapa tidak menggunakan smartphone saja, samartphone lebih simpel dari pada smartwatch dan fitur yang diberikan smartwatch sama seperti smartphone hanya saja smartwatch diletakan ditangan seperti jam tangan.

Daya tahan baterai smartwatch belum maksimal sebagai jam tangan. Smartwatch serupa dengan smartphone dimana me-recharge baterai harus berkala. Jika sering digunakan maka me-recharge pun harus sesering mungkin. Bagaimana jika koneksi pada internet dan sosmed terus berjalan, daya tahan baterai akan cepat habis. Dengan baterai yang tidak besar, baik ukuran maupun tegangan kita harus benar-benar memperhatikannya.

1 Like

:white_check_mark: Agree

   Memang smart watch saat ini tidak bagus karena harganya yang mahal, koneksinya , daya baterainya dan lain lain. Tapi anda hanya melihat pada zaman sekarang bagaimana dengan 5 tahun ,10 tahun, atau bahkan 20 tahun . Pasti smart watch lebih canggih dan harganya pasti lebih murah . Jika anda tidak percaya dengan alasan ini mari saya contohkan

    Dahulu pada zaman orang tua kita, televisi hanya dimiliki oleh orang yang banyak uang , dan televisi itu masih hitam putih . Lalu berapa tahun kemudian televisi berkembang terus mulai warna berat dan bentuknya hingga saat ini. Semakin lama semakin murah harga televisi karena orang yang banyak uang sampai orang yang tidak mampu punya . Lalu telvisi bisa menggeser radio.
   Contoh lagi  hp (handpone ) , dahulu kita mengatakan orang yang punya hp hanya kalangan orang tertentu . Tapi seiringnya zaman hp itu semakin murah dan kualitasnya semakin bagus. Seiring berkembangnya hp , alat ini semakin digemari dan tidak hanya orang yang kaya yang punya pedagang maupun pejabat punya .  Dan akhirnya hp bisa menggeser telepon umum dan wartel . Begitu juga dengan contoh alat elektronik yang lain .
    Oleh karena itu , saya percaya bahwa smart watch akan menggantikan arloji . Meskipun saat ini belum, tapi pada tahun mendatang pasti smart watch akan menggantikan arloji dan memiliki kelebihan yang bagus

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Mungkin dari segi kecanggihan, smartwatch memiliki kemungkinan untuk menggantikan arloji biasa. Namun menurut saya, smartwatch ini tidak cukup berharga untuk melakukan itu. Mengapa?

1. Apa yang dilakukan oleh smartwatch bisa dilakukan oleh smartphone.

Mengapa harus membeli sebuah smartwatch jika smartphone kita bisa menyimpan banyak data dan melakukan banyak hal? Mengingat mahalnya harga smartwatch, saya pikir tidak perlu membuang-buang uang untuk sesuatu yang sebenarnya bisa dilakukan oleh smartphone yang kita punya. Apalagi besar layar di sebuah smartwatch tidak memungkinkan kita untuk melakukan banyak interaksi, sehingga hal ini belum bisa dikatakan memenuhi kebutuhan kita.

2. Tidak efektif

Yang diinginkan oleh orang-orang adalah kemudahan, simple, dan cepat. Ketika smartphone kita kehabisan baterai, satu-satunya yang bisa diandalkan untuk melihat jam adalah jam tangan yang ada di tangan kita. Seperti yang kita tahu, di era teknologi ini pasti membutuhkan yang namanya “charging battery”. bagaimana jika smartwatch yang kita gunakan juga kehabisan baterai? Apa kita harus sedikit-sedikit recharge demi satu buah jam tangan? Kalau membicarakan mengenai 5 tahun, 10 tahun, atau bahkan 20 tahun yang akan datang, apakah kita sendiri bisa memprediksi semua barang elektronik tidak memerlukan yang namanya charging dan maintenance? Hal ini pun berlaku pada smartwatch yang merupakan barang elektronik. Untuk memperbaiki satu smartwatch harus membutuhkan service atau penanganan yang cukup lama seperti barang elektronik kebanyakan. Tentu saja ini sangat berkebalikan dengan esensi “jam tangan” dimana kita harus bisa menghemat waktu sebaik mungkin.

3. Fashion

Seperti apa yang dibahas oleh opini sebelumnya, jam tangan tradisional adalah sebuah mahakarya yang tidak ternilai harganya. Selain untuk mengetahui waktu, jam tangan ini bisa digunakan sebagai sebuah kebanggaan dan simbol kemakmuran.

Dan oleh sebab itu, sampai kapanpun jam tangan ini tidak akan tergantikan. Sama seperti fungsi sebuah kertas. Apakah kita bisa memprediksi bahwa kertas akan digantikan oleh teknologi digital? Sebab saya rasa, mau bagaimanapun juga fungsi kertas tetap akan digunakan meski hanya untuk menyimpan sebuah arsip kantor atau hal pribadi lainnya.

sumber referensi:

:white_check_mark: Agree

 Memang benar smart watch sekarang masih memiliki kelemahan terutama daya tahan baterai yang sedikit sehingga harus recharge . Tapi smart watch uang sekarang sudah tidak perlu melakukan recharge lagi tapi mendapatkan daya dari hawa panas yang ada di dalam tubuh kita . Produk ini dibuat oleh perusahaan matrix dan masih terus dikembangkan . 
  Lalu masalah smart watch sama hp itu  saling berhubungan. Contohnya  pada saat kita ada dijalan tiba tiba kita ada sms, email atau yang lain kita hanya tinggal bicara lalu smart watch nya  akan membuat tulisan  sehingga smart watch ini lebih efektif dibandingkan hp sekarang 

Sumber

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Dilihat dari segi pengguna, bagaimana jika yang menggunakan smartwatch adalah orang yang sudah tua, pasti mereka akan kesulitan saat menggunakan smartwatch. Begitupun dengan anak kecil, apakah mereka paham cara menggunakannya atau bahkan mereka menggunakan smartwatch hanya untuk tren/ gaya-gayaan tanpa mengetahui cara kegunaannya. Jika anak kecil/ sd bahkan smp sudah menggunakan smartwatch memungkinkan banyak orang untuk berbuat kejahatan. Dengan demikian smartwatch tidak bisa menggantikan jam tangan, karena penggunaan jam tangan lebih mudah dibandingkan smartwatch. Dari segi harga jam tangan juga setara bahkan ada yang hingga jutaan mungkin hampir sama dengan harga smartwatch, tetapi jam tangan lebih praktis dan dapat digunakan oleh siapa saja.

:white_check_mark: Agree

Dengan kehadiran jam tangan pintar atau smartwach bisa dipastikan, smartwacth akan menggeser jam tangan biasa karena dengan fungsinya yang sangat pas bagi kita sekarang butuh yang praktis dan bisa dibawa kemana saja. Harga pun tidak menjadi alasan untuk yang ingin membeli. Dengan smartwacth yang terhubung ke smartphone kita akan menjadikan fungsi smartwatch makin di unggulkan dengan naiknya pesanan smartwatch pada produk apple.

:white_check_mark: Agree

mungkin anda berfikir seperti itu…
tetapi masa depan itu sangatlah sulit untuk di tebak bisa saja sewaktu waktu barand jam tangan terkenal seperti rolex dan swiss army menghasilkan produk smartwacth dan jam tangan arloji akan ditinggalkan,juga ada kemungkinan dimasa depan bisa ada smartwacth berbentuk jam tangan arloji.
sudah dipastikan barang barang yang ada pada masa kini akan digantikan di masa yang akan datang contohnya saja dahulu sedang marak maraknya jam pasir tetapi sekarang sudah tergantikan dengan jam tangan. dan saat ini mulai munculnya smartwacth mungkin saja dimasa depan jam tangan akan tergantikan smartwacth.

Ya, rupanya saya kurang meneliti produk pabrikan jam tangan besar ini, yang ternyata Rolex pun sekarang meranah ke pasar smartwatch :sweat_smile:

Trims karena sudah memberikan argumen yang membuka presepsi saya :grinning:

menurut saya memang jam tangan sekarang akan tergantikan dengan smart watch karna jam tangan yang sekarang fungsinya tidak hanya cukup untuk melihat jam saja pastinya masyarakat butuh yang lebih apalagi masyarakat sekarang konsumtif sekali dengan teknologi.

jual alat service laptop