Apakah Shiba Inu yang Tepat untuk dipelihara?

image

Bagaimana cara menentukan apakah shiba Inu tepat bagi kita?
  • Pertimbangkan insting berburunya. Shiba Inu sebelumnya dipersiapkan sebagai anjing pemburu hewan kecil (burung) dan terkadang hewan yang lebih besar serta berbahaya (seperti babi hutan liar). Namun, di zaman sekarang, Shiba dianggap sebagai teman yang setia, bukan rekan berburu. Meski demikian, walau ukurannya kecil (beratnya sekitar 7,7-10,4 kg), anjing ini kuat dan pemberani serta memiliki insting berburu yang kuat.

  • Ketahuilah bahwa melatih Shiba bisa sulit. Shiba sangat pintar, tetapi tidak seperti anjing lainnya, ia sering menggunakan kepintarannya untuk mengelabui sang majikan. Beberapa orang melaporkan bahwa anjing mereka kelihatannya sedang “merencanakan sesuatu” dan mencari cara untuk mengelabui mereka atau melewati batasan dalam latihan. Intinya, Shiba tidak mudah dilatih. Akan tetapi, jika Anda berpengalaman dengan anjing dan ingin menghadapi tantangan, melatih Shiba bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan.

  • Sadarilah bahwa Shiba Inu adalah ras yang independen. Shiba memiliki reputasi lebih seperti seekor kucing daripada anjing. Ia senang sendirian dan pikirannya juga mandiri. Rendahnya motivasi untuk menyenangkan manusia pada diri Shiba membuat ia sulit dilatih karena ia tidak perlu perhatian manusia sebanyak ras lainnya.

  • Pertimbangkan kembali ras ini jika Anda ingin anjing yang bisa diajak bercengkerama. Kebanyakan Shiba Inu sangat berhati-hati terhadap tubuhnya. Ia juga bisa penuh drama, yang berarti ia akan bereaksi secara berlebihan terhadap masalah-masalah kesehatan minor. Ia bisa menangis melengking saat sedikit sakit. Namun, saat ia tidak sakit, banyak Shiba tidak suka disentuh atau digendong, dan kemungkinan tidak akan bergelung di sofa bersama Anda seperti ras-ras anjing lainnya.

  • Waspadalah akan reputasi Shiba Inu yang menunjukkan bahwa ia bisa memperlihatkan reaksi agresif. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Shiba lebih suka dibiarkan sendirian, dan ia cenderung agresif serta dapat menggigit jika batasan pribadinya dilewati. Ini berarti Shiba bukanlah ras yang tepat untuk anak kecil.

  • Pertimbangkan apakah Anda menginginkan yang jantan atau betina. Shiba Inu jantan biasanya lebih senang bermain dan interaktif daripada yang betina. Shiba betina lebih santai dan tidak terlalu mencari perhatian jika dibandingkan dengan Shiba jantan. Pilih jenis kelamin yang lebih cocok dengan sifat hewan peliharaan yang Anda cari.

  • Bersiaplah merawat bulunya. Meski kebanyakan Shiba tidak mengalami kerontokan sepanjang tahun, bulunya tetap akan lepas pada bulan-bulan tertentu. Bersiaplah membersihkan banyak bulu di masa-masa ini. Lapisan bulu Shiba tebal dan berganda; sikatlah tubuhnya setiap minggu agar minyak bulu alami tersebar sehingga lapisan atasnya tetap sehat. Bila Anda ingin sedikit berusaha dan mengatasi masalah kerontokannya, Anda bisa menikmati tampilan bulu Shiba yang cantik.

  • Jangan abaikan kekuatan karakternya. Semua perilaku yang dituliskan pada artikel ini mungkin terlihat negatif, tetapi sesungguhnya kami hanya ingin memperingatkan tentang masalah potensial yang mungkin terjadi. Kepribadian Shiba kuat, dan ia adalah anjing yang sangat loyal jika berhasil mengembangkan ikatan dengan pemiliknya. Para penggemar Shiba sangat terpincut akan sifat-sifatnya.