Apakah Self Reward Perlu Dilakukan?

image

Seringkali kita melakukan self reward setelah kita melakukan suatu pencapaian. Namun, seringkali pula orang-orang juga tidak bisa membedakan mana yang self reward mana yang berperilaku konsumtif sehingga istilah self reward pun hanya menjadi kedok semata. Menurut kalian, apakah self reward benar-benar perlu dilakukan?

1 Like

pertanyaan yang sangat menarik!

menanggapi pertanyaan diatas, menurut saya tergantung kepada individunya. seperti saya pribadi memiliki bahasa kasih hadiah, jadi dengan saya melakukan self reward itu sama saja saya memenuhi bahasa kasih saya sendiri.

selian itu menurut saya perlu melakukan self reward karena dengan begitu berarti seseorang sadar akan kemampuannya dan berterima kasih pada diri sendiri karena mampu berjuang melewati suatu hal yang sulit.

terkait hal ini, saya akui memang sulit sekali membedakan mana self reward dan mana yang hanya sekedar memenuhi keinginan tanpa memikirkan kebutuhan. saya juga dulunya tidak bisa membedakannya, tetapi ada sebuah quotes yang muncul di beranda instagram saya yang masih saya ingat hingga saat ini meskipun tidak tau itu dari akun siapa

“self reward itu sesekali, kalau keseringan itu namanya boros” sehingga saya menjadi sadar dan tidak lagi melakukan tindakan konsumtif secara berlebihan.

1 Like

Menurut saya sangat perlu dilakukan. Selama hidup diri kita pasti sudah melalui banyak hal baik itu senang, sedih, susah, jadi sangat perlu untuk diberikan apresiasi. Apresiasi ini tentunya bermacam-macam bentuknya. Tidak selalu dengan belanja atau membeli sesuatu. Bisa dengan hal lain, seperti menonton drama atau film, bermain game, melakukan hobi, atau dengan jalan-jalan ke alam yang ada di sekitar rumah. Jadi self reward ini tidak harus sesuatu yang mahal. Yang tidak mengeluarkan uang pun juga bisa menjadi self reward

1 Like

Menurut saya, self-reward sangat perlu untuk dilakukan. Saya selalu memberi diri saya self-reward ketika saya sudah menyelesaikan pekerjaan atu tugas-tugas yang menurut saya cukup berat. Seperti saat saya baru saja menyelesaikan proposal untuk skripsi yang benar-benar menguras waktu dan tenaga saya. Saya melakukan self-reward untuk menyegarkan kembali pikiran saya.

Sebenarnya, self-reward tidak selalu dalam bentuk konsumtif. Banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan sebagai self reward tanpa harus mengeluarkan uang dengan jumlah banyak. MIsalnya, istirahat seharian tanpa harus memikirkan pekerjaan-pekerjaan lain sudah termasuk self-reward untuk saya. Melakukan hobi yang disukai juga tersmasuk self-reward. Karena saya suka bermain game, self-reward yang saya lakukan adalah bermain game seharian. Memang, membeili barang yang kita inginkan juga termasuk self-reward namun itu bukanlah satu-satunya cara. Selain itu, berjalan-jalan sendirian maupun bersama teman juga termasuk self-reward.

1 Like

Kalau saya pribadi, self reward sangat saya butuhkan! karena bagi saya hal tersebut merupakan salah satu bentuk mencintai diri sendiri dan mengapresiasi usaha yang telah dilakukan. Sayapun melakukan self reward ketika benar-benar tujuan saya tercapai atau usaha yang saya lakukan berjalan dengan baik, maka hal itu dapat memicu untuk melakukan pekerjaan dengan maksimal. Namun, tidak dilakukan terlalu sering dan bukan membeli sesuatu dengan berlebihan.

1 Like

Menurut saya, self-reward tentunya penting untuk dilakukan. Karena, bagaimanapun setelah kita bekerja keras dan mencapai sesuatu tujuan, penting untuk memberi diri kita sendiri sebuah apresiasi. Namun, jangan menyalahgunakan self-reward ini sebagai alasan untuk impulsif, ya! Self-reward hanya dilakukan ketika kamu memang benar-benar sudah mencapai atau sudah melakukan suatu aktivitas yang memang layak untuk diapresiasi.

1 Like

Perlu! Karena ini merupakan bentuk apresisasi kerja keras kita yang memang mungkin tidak terlihat oleh orang lain, terutama jika kita bekerja sebagai pengusaha atau pedagang, mengeluarkan uang untuk self reward merupakan hal yang memang membuat kita senang dan lega, seperti beban lepas secara seketika. Tidak ada yang salah melakukan self reward setelah kamu bekerja keras seharian. Bisa juga kita membeli barang sebagai Trophy, bentuk pembuktian atas keberhasilan kita sebelumnya yang akan selalu kita kenang dikemudian hari, atau bukti bisu yang bisa anak kita lihat atas pencapaian kita di masa lalu.

1 Like

Ketika seseorang telah merasa dirinya telah bekerja dengan cukup keras dan telah mencapai tujuannya biasanya orang tersebut akan memberikan penghargaan sebagai bentuk hadiah terhadap apa yang telah ia kerjakan. Biasanya seseorang akan membelikan sesuatu untuk dirinya bisa dalam bentuk barang, makanan, minuman, liburan, dan lainnya, Hal itu dinamakan sebagai apresiasi terhadap dirinya atau disebut self reward. Namun, self reward jika sering dilakukan maka hal itu tidak bisa dinamakan sebagai bentuk apresiasi melainkan sebagai bentuk kebiasaan. Sebagai contoh, setiap pulang kerja, seseorang selalu membeli kopi kekinian sehingga hal tersebut dinamakan sebagai kebiasaannya. Self reward digunakan sebagai motivasi dan penyemangat untuk menjaga kesehatan mental seseorang agar terus bekerja dengan keras. Jangan sampai seseorang menjadi burn out karena hal itu dapat menyebabkan menurunnya motivasi kerja seseorang.

Tentunya, self reward sangat perlu dilakukan agar ada kepuasaan tersendiri di dalamnya namun mencintai diri sendiri harus dibatasi karena bisa saja self reward berujung pada pemborosan atau menjadi konsumtif. Agar tidak konsumtif, harus ada pembatasan diri dengan mengatur budget dari awal dan memiliki tujuan finansial yang relevan.

Saya percaya bahwa setiap individu perlu melakukan self reward. Dengan catatan bahwa self reward dan perjuangan untuk mendapatkan reward tersebut setara. Menurut saya, waktu untuk tidur atau istirahat untuk menggulir layar media sosial termasuk self reward yang paling sering mudah untuk dilakukan. Atau setidaknya memberi makan dan minum pada diri sendiri, tidak harus sesuatu yang mahal, secukupnya saja. Memang benar bahwa ada waktu di mana orang-orang tidak bisa membedakan mana self reward dan mana perilaku konsumtif. Namun jika orang tersebut benar-benar sadar akan usaha yang dilakukannya, pasti bisa menimang apakah self reward tersebut pantas dia dapatkan atau tidak.

Menurut saya self reward perlu dilakukan karena hidup ini sudah banyak yang dirasakan seperti senang, susah dll jadi perlu untuk mengapresiasi diri sendiri. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi diri sendiri seperti menonton film, jalan jalan, sekedar naik motor melihat suasana, makan, belanja, melakukan hobi, bermain musik dll.

self reward menurut saya memang perlu. namun, perlu diingat, terlalu sering self reward justru merupakan bentuk pemborosan menurut saya, jadi, sebaiknya self reward dilakukan ketika kita benar - benar mencapai target kita atau hanya sesekali saja sebagai bentuk mengapresiasi diri.

Ya, menurut saya self reward tetap harus dilakukan sebagai bentuk apresiasi untuk diri sendiri karena sudah melakukan dan melewati banyak hal. Namun, saya rasa self reward dilakukan sesekali dan tidak harus dengan perilaku konsumtif seperti membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Self reward bisa dilakukan dengan sederhana, misalnya dengan meluangkan waktu untuk bersantai tanpa memikirkan apapun, perawatan diri di rumah dan lain sebagainya.

menurut saya self reward perting dilakukan karena salah satu bentuk dalam mencintai diri sendiri, karena kita telah bekerja keras dan untuk berterimakasih kepada diri sendiri melalui self reward. namun self reward tidak bisa dilakukan dengan sering karena itu bisa menjadi tindakan boros

Yap, bagiku sendiri self reward itu sangat penting untuk dilakukan. Setelah bekerja keras dan berhasil menyelesaikan suatu target aku harus melakukan self reward sebagai penghargaan atas jerih payah yang sudah aku lakukan selama ini. Banyak orang yang menganggap bahwa self reward itu terkesan berlebihan, dan cenderung membuang-buang uang. Padahal, memberikan self reward bisa menjadi satu langkah kecil untuk mulai mencintai diri sendiri. Dengan adanya penghargaan terhadap diri sendiri, kita akan merasa berharga dan terpacu untuk terus melakukan yang terbaik. Selain itu, salah satu manfaat dari self reward ialah dapat membentuk positive reinforcement. Positive reinforcement merupakan pengulangan perilaku yang dilakukan seseorang setelah memperoleh hadiah atau imbalan karena hal tersebut. Seperti kita ketahui, manusia memang cenderung lebih bersemangat dalam melakukan sesuatu hal jika sudah tahu imbalan seperti apa yang akan diperolehnya usai mengerjakan hal tersebut.