Apakah sehat sarapan dengan menggunakan sereal?

Sereal sering kali menjadi pengganti nasi atau roti untuk anak anak kecil dikarenakan praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyiapkannya

download (10)

Ilmuwan nutrisi dari Universitas Ciputra Surabaya Matthew Lantz Blaylock menyampaikan kalau makanan seperti corn flakes belum memenuhi kebutuhan nutrisi atau menjaga pola makan sehat.

“Walaupun corn flakes dibuat dari jagung, jagung itu sudah diolah dan ada tambahan gula dan bahan kimia yang tidak ada di jagung murni,” tuturnya saat diwawancara tim IDN Times Rabu, 24 Januari 2018.

Ia melanjutkan, indeks glikemik pada sereal jagung adalah 81. Indeks glikemiks merupakan pengaruh makanan terhadap tingkat glukosa darah dan kadarnya dianggap tinggi jika angkanya sudah di atas 70. “Bisa memicu masalah untuk penderita diabet,” sambung Matthew.

Meski dalam keterangan nilai gizi di kotak sereal tertulis kandungan gula hanya 3 gram, jumlah karbohidrat jagung adalah 24 gram. Karbohidrat ini yang mudah dipecah dan diserap tubuh sehingga memungkinkan kenaikan gula darah.