© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apakah sebuah startup perlu melakukan manajemen produk ?

Apakah penting bagi sebuah startup melakukan product management meskipun hanya merupakan perusahaan kecil dan terbilang baru?

Di era teknologi dan bisnis yang maju seperti saat ini, perkembangan pasar dan tingginya tingkat persaingan, mengharuskan setiap perusahaan bahkan startup sekalipun untuk tetap kompetitif dan mampu beradaptasi di lingkungan bisnis. Menjaga bisnis yang dijalankan untuk tetap beroperasi bukan lagi menjadi tujuan sebuah perusahaan ataupun sebuah startup. Membuat produk yang efektif dan mampu bersaing serta di sukai oleh pasar yang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan saat ini. Menjalankan startup dengan model organisasi standar sangat dibutuhkan untuk mampu bertahan di ruang lingkup bisnis saat ini.

Dalam membangun sebuah startup tentu saja memiliki rintangan dalam menghasilkan produk yang dapat menjadi kebutuhan setiap orang dan memberi nilai bagi pasar. Berbagai permasalahan di startup yang terjadi dalam membuat sebuah produk adalah sebagai berikut :

  • Ketidakmampuan menjelaskan nilai dari produk
    Seorang founder produk yang tidak mampu menjelaskan dengan baik fungsionalitas dari produk yang diciptakan beserta manfaat yang diberikan produk kepada customer, maka customer tidak tertarik untuk menggunakan produk yang diciptakan. Untuk menciptakan sebuah startup yang sukses, maka perlu bagi baik founder dan timnya untuk mampu menjelaskan secara singkat dan efektif mengenai fungsionalitas produk beserta manfaatnya kepada customer.

  • Ketidakmampuan melakukan prioritas tujuan
    Startup yang terbagi atas beberapa tim, cenderung memiliki pekerjaan yang berbeda-beda. Dan dari sana pula pekerjaan dengan goals yang beragam berusaha untuk menyelesaikan projek tanpa melihat prioritas project mana yang harus selesai dahulu. Padahal ada projek yang harus dilakukan secara cepat dan membutuhkan bantuan tim lain. Kurangnya koordinasi menyebabkan susunan prioritas tujuan tidak baik dan mengganggu kecepatan kerja di startup.

  • Ruang lingkup yang tidak jelas
    Produk yang harusnya diciptakan sesuai dengan tujuan dan konsep penggunaannya, bisa jadi salah dipergunakan ketika sampai di tangan customer. Padahal tujuan penggunaan produk tersebut bukan yang seperti dipikirikan oleh customer.

Dari permasalahan itulah maka sebuah startup memerlukan product management. Meskipun seorang founder bukan orang yang berpengalaman atau terlatih dalam melakukan manajemen, tetapi sebuah startup akan lebih sukses dan tertata rapi jika melakukan product manajemen. Keterampilan manajemen proyek membawa kejelasan, fokus dan struktur yang sangat dibutuhkan ke proses startup. Manajemen proyek seperti kompas untuk startup, membantu menggunakan ketangkasannya untuk bergerak menuju sasaran yang sebenarnya.

Sumber :

Manajemen produk merupakan sebuah fungsi dari organisasi untuk merencanakan, memproduksi, dan memasarkan sebuah produk dengan cara yang tepat agar bisa menjadi produk yang sukses di pasaran. Sebuah startup pastinya membutuhkan hal ini, hal ini bisa disebut begitu karena dengan adanya manajemen produk didalam pebuatan startup, maka produk yang nantinya akan dibuat bisa diarahkan menjadi produk yang benar - benar tepat dan bagus. Dengan adanya pola manajemen ini banyak aspek yang akan didukung, yaitu kustomer, tujuan bisnis, dan mempertahankan produk untuk kedepannya.

Jadi dengan adanya manajemen produk dalam sebuah startup, maka startup tersebut mampu menghasilkan produk dengan nilai yang lebih baik.

Sumber