Apakah sebuah program membutuhkan algoritma?

Didalam sebuah program, biasanya kita membuat algoritma. Tapi apakah sebuah program itu benar - benar membutuhkan algoritma?

Menurut saya, algoritma sangat penting bagi kita. Sebelumnya, algoritma adalah adalah logika yang ditulis pada perangkat lunak yang ditulis oleh pengembang. Berikut adalah fungsi - fungsi algoritma yang saya cari dari internet,

  1. Menggunakan fungsi algoritma bisa digunakan untuk memecahkan program yang rumit,
  2. Menggunakan fungsi algorita bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana,
  3. Fungsi algoritma bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan,
  4. Memudahkan dalam pembuatan program,
  5. Bisa mengatasi segala masalah dengan logika dan urut,
  6. Menggunakan fungsi algoritma bisa melakukan pendekatan top-down dan juga divide and conquer,
  7. Meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang,
  8. Program yang ada menjadi lebih terstuktur dengan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan,
  9. Ketika terjadi kesalahan bisa dicari dengan mudah karena dengan fungsi algoritma bisa mendapatkan alur yang jelas
  10. Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu modul saja tanpa harus merubah dan menganggu modul yang lain,
  11. Dokumentasi yang lebih mudah,

https://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/fungsi-algoritma

Sebuah program bisa mendapat banyak manfaat bila algoritma digunakan ditahap pembentukannya. Fungsi algoritma sangat beragam. Pertama, ketika algoritma dibuat, bisa membantu kita dalam memecahkan sebuah program. Ini sangat terlihat ketika kita sedang ingin membuat program yang rumit, ketika membuat algoritma kita akan melihat langkah-langkah program tersusun secara sistematis dan logis, sehingga kita bisa menyelesaikannya satu per satu, bukan sebagai satu masalah yang besar.

Algoritma bisa digunakan berulang-ulang karena bahasanya yang universal - sehingga apapun bahasa pemrograman yang digunakan oleh orangnya, algoritmanya tetap sama karena algoritma berfokus pada proses, output dan inputnya. Selain itu, kita juga menulis program mengikuti algoritma, dimana algoritma berfungsi seperti pagar yang membuat kita menulis sebuah program secara berurut dan kemudian menjadi lebih mudah membacanya.

algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan dengan berbagai gaya yang berbeda. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Dimana hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat.

Dengan struktur penyelesaian yang sistematis dan merincikan suatu permasalahan menjadi lebih sederhana sebelum diprogramkan, maka adalah benar bahwa program benar-benar membutuhkan algoritma dan juga sebagai jantung dari pemrograman.

Butuh atau tidaknya pembuatan algoritma suatu program tergantung dari penggunanya. Ada programmer yang lebih suka menerepkan penyelesaian masalah langsung pada bahasa pemrogramman, ada juga yang membuat pemodelannya terlebih dahulu. Itu semua sah-sah saja.

Namun sebagai programmer yang baik, kita disarankan untuk membuat algoritmanya terlebih dahulu. Selain algoritma dapat memudahkan kita dalam menyusun program, algoritma juga dapat membantu orang lain untuk memahami bagaimana proses suatu program dapat menyelesaikan masalah.