Apakah Scaling Bisa Mengikis Permukaan Gigi?

Scaling atau salah satu teknik membersihkan plak dan karang pada gigi saat ini memang telah menjadi cara bagi seseorang untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat. Setiap kita ke dokter gigi seringkali memang dokter melakukan hal ini. Pembersihan pada noda, plak serta karang gigi (kalkulus) memang seharusnya rutin dilakukan siapa pun minimal 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Meski sebenarnya ada pemahaman akan kebersihan gigi tapi banyak orang yang masih tidak ingin melakukannya. Selain karena malas, ada juga beberapa orang yang merasa bahwa scaling ini bisa membuat email gigi terkikis? Tapi apakah hal ini benar adanya?

Proses scaling untuk membersihkan plak dan karang gigi atau kalkulus tidak akan merusak email gigi. Ini karena teknik scaling yang dilakukan dengan peralatan manual atau ultrasonik memang telah didesain khusus sesuai dengan anatomi gigi. Dari desain khusus dari peralatan scaling gigi ini maka tidak juga akan menyebabkan panas. Tingkat ketajaman ujung alat scaling ini sendiri memang akan mempengaruhi kemudahan akses. Sehingga dari sini peralatan scaling tidak akan membahayakan jaringan lunak dan keras yang ada di dalam rongga mulut.

Peralatan scaling yang akan mengeluarkan asap dingin dari air dan juga getaran ini juga didukung dengan kemampuan operator yang baik. Dengan proses pembersihahan pada gusi bagian atas dan atau bawah dari permukaan gigi ini tidak akan membuat rusak email gigi.

Proses pembersihan plak dan karang gigi memang harus dilakukan bila Anda tak ingin terkena penyakit. Beberapa kondisi dari penyakit peradangan gusi yang bisa muncul dari karang gigi dan plak yang jarang dibersihkan adalah gusi berdarah, gusi berdarah dan juga kegoyangan gigi. Lakukan pembersihan plak dan karang gigi dengan scaling ini minimal 6 bulan sekali. Akan labih baik lagi bila Anda melakukannya setiap 3 bulan sekali. Pembersihan dengan scaling sendiri bisa berlangsung cepat, karena bisa selesai dalam satu kali kunjungan, bahkan untuk pembersihan karang gigi untuk rahang atas dan bawah.

Anda juga bisa menghindari terjadinya plak pada gigi dengan menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu charcoal yang mampu membersihkan sisa-sisa makanan hingga ke sela-sela gigi. Inovasi inilah yang sudah ada pada sikat gigi Ciptadent Charcoal Protection, Moms bisa membersihkan gigi tanpa meninggalkan plak sedikit pun.