Apakah saja tips saat liburan di Hongkong?

hongkong

Hongkong mungkin sudah menjadi destinasi yang sudah tidak asing lagi bagi kita warga Indonesia. Karena banyak sekali tur-tur yang menawarkan paket liburan ke Hongkong. Nah, untuk kalian yang berencana liburan ke Hongkong. Apakah saja tips saat liburan di Hongkong?

1. Jangan sembarangan sentuh barang saat belanja
Jika kamu berpikir ingin belanja di Hongkong, pastikan kamu hanya menyentuh barang yang akan kamu beli. Jika kamu sudah pegang-pegang dan tidak jadi beli apalagi tawar, siapkan mental untuk dimaki oleh sang penjualnya. Misalnya adalah saat belanja di Ladies Market. Selain itu, saat liburan di Hongkong dan kalian ingin belanja lebih baik belanja di kawasan Li Yuen Street East and West karena harga relatif lebih mahal.

2. Makanan murah di Hongkong
Harga makanan saat liburan di Hongkong tergolong mahal, terutama untuk kalian yang berencana backpacker ke Hongkong. Kalian akan menghabiskan sekitar 80-100 ribu untuk sekali makan. Jika kalian ingin makan dengan harga lebih terjangkau, kalian bisa beli makanan ke supermarket atau swalayan besar yang ada di mall, karena harga cenderung lebih murah sekitar 30-50 ribu saja.

3. Octopus Card
Hongkong dikenal akan sistem transportasinya yang cukup lengkap dan mumpuni. Berbagai modal transportasi tersedia di sana, seperti MTR (Mass Transit Railways), bus, ferry, trem, taksi, minibus, dan lain sebagainya. Octopus card sangat bermanfaat buat kalian saat mau liburan di Hongkong apalagi kalau kalian traveler sejati yang mobilitasnya tinggi. Kartu ini juga bisa dipakai untuk membeli makanan dan belanja di supermarket (seperti e-money). Bahkan, kita juga bisa menggunakan octopus card di beberapa kaki lima yang sudah bisa memakai kartu tersebut sebagai pilihan cara pembayarannya.

4. Tertib itu penting
Hongkong adalah kota yang sibuk, jadi semua orang ingin jalan dengan cepat saat berpergian. Jika kamu sedang naik eskalator dan tidak ingin langsung jalan di sana, pastikan kamu mengikuti barisan orang yang berhenti dan sisakan satu sisi untuk orang lain yang ingin mendahului (biasanya di sebelah kanan). Pastikan kamu berbaris dan jangan menutupi jalan orang lain yang sedang buru-buru kalau tidak ingin kena marah, ya! Apalagi kalau saat jam sibuk di stasiun MRT. Be a good foreigner!

5. Tempat makan Halal di Hongkong
Untuk kalian yang muslim memang agak sulit menemukan tempat makan halal saat liburan di Hongkong, ada beberapa warung makanan halal yang bisa kamu temukan di Ladies Market.

Sumber: