Apakah saja jenis-jenis burung cendet di indonesia?

burung cendet

Setiap hewan ada beragam jenisnya, misalnya burung cendet juga memiliki bermacam-macam jenis. Terus Apa saja jenis-jenis burung cendet yang ada di indonesia ?

Berikut ini akan diulas mengenai jenis burung cendet di Indonesia yang paling banyak digemari para pecinta burung kicauan.

1. Cendet Kepala Blangkon

Burung Cendet Kepala Blangkon dinilai sangatlah menarik, sebab mempunyai kepala warna hitam yang mirip dengan blangkon.

Dengan terdapat blangkon yang ada di kepalanya, burung Cendet ini menjadi seakin tampil garang dan juga tampak seram.
Selain itu, sebagian dari pecinta burung kicauan juga menyebut bahwa burung Cendet Kepala Blangkon memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan pastinya tidak mudah terserang penyakit.

Ciri-ciri dari burung Cendet Kepala Blangkon bisa diketahui dari bagian kepalanya yang dipenuhi dengan warna hitam yang gelap.
Akan tetapi, jika burung ini masih anakan, tidak terlihat demikian. Burung Cendet Kepala Blangkon yang masih piyik atau anakan pada umumnya memiliki warna alis yang tebal dan juga hitam pekat, menyambung pada bagian depan mata. Jadi, banyak orang yang menyebutnya seperti pahlawan yang ada dalam film Zorro.

Terlebih lagi apabila burung cendet kepala hitam full ini dipelihara oleh orang yang memiliki kemampuan dan bakat dalam memelihara dan merawat burung cendet jenis ini.
Pastinya burung cendet kepala hitam full dapat menjadi burung cendet jawara yang mempunyai mental yang kuat dan baik.

2. Burung Cendet Macan

Walaupun asal mulanya dari genus yang sama, cendet macan punya motif bulu yang tampak berbeda dari jenis burung cendet yang lainnya.

Motif bulunya belang-belang mirip seperti macan, namun terlihat sedikit samar. Jadi burung ini dijuluki sebagai tiger shrike.

Ciri Fisik Burung Cendet Macan
Membedakan antara jenis kelamin cendet macan ini dapat diamati dari warna bulu yang ada di tubuhnya.

Burung jantan dewasa pada bagian dada hingga perut dan daerah kloaka yang dengan warna putih. Sedangkan bagian kepala abu-abu dengan topeng hitam.
Lalu untuk burung betina serta burung muda punya penampilan hampir sama. Yakni warna bulu kusam serta cokelat tua, dengan sedikit abu-abu dan juga hitam pada bagian kepalanya.
Seperti yang telah diketahui, burung pentet atau cendet merupakan jenis burung pengicau. Namun, pada saat berburu mangsa, mereka punya perilaku seperti raptor kecil.

Walaupun posturnya mungil, cendet dikenal punya perilaku sangat agresif, termasuk pada mangsanya.
Dalam memperlihatkan kemampuannya dalam menjaga wilayah teritorialnya, burung cendet di alam bebas sering menancapkan mangsanya di duri-duri pada batang pohon ataupun tanaman.

3. Burung Cendet Kembang

Pentet kembang sering dijuluki dengan nama Cica Matahari. Karena, bentuk fisik kedua jenis burung itu hampir sama.

Tidak hanya diamati dari segi penampilan saja, keindahan cendet kembang juga tampak dari kualitas suara yang dihasilkannya.
Untuk memperoleh suara pentet kembang yang khas serta unik, para pecinta burung harus melakukan perawatan dengan rutin dan tlaten. Dalam perawatan cendel kembang tersebut juga bisa dibilang mudah.

Jenis burung pentet kembang punya sayap dengan warna coklat tua. Pada bagian punggung ce kemndet bang ada motif dengan sedikit garis yang menjadikannya semakin unik.
Lalu jenis burung cendet kembang punya iris mata dengan warna merah menyala.

Dan makanan burung ini banyak yang mengatakan jika makanan utama pentet kembang yaitu buah pisang. Dengan bulunya yang indah, burung ini banyak disukai kalangan pecinta burung.

Referensi