Apakah rudal Satan 2/RS-28 Sarmat memiliki dampak sesuai dengan namanya?

image

Konon rusia memiliki senjata dengan kekuatan yang begitu besar. Bahkan konon senjata ini bisa memusnahkan seluruh Rusia tanpa bekas. RS-28 Sarmat atau Rudal Satan 2 kabarnya mampu membawa hulu ledak nuklir dengan muatan hingga 20.000 kiloton, bahkan itu ribuan kali lebih kuat daripada bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki! Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai senjata ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, dengan muatan maksimal, sekali luncur, Satan 2 mampu membunuh 4,5 juta orang di New York, melukai 3,6 juta orang, dan mengirimkan radioaktif yang dapat menyebar hingga jarak 600 mil.

Kabarnya Satan 2 juga dapat dipersenjatai oleh 10 nuklir kecil berkekuatan 550 kiloton di mana setiap nuklir ini dapat menyebar melintasi daerah yang luas dan nyaris tak dapat dihentikan. Rudal ini juga dapat mencapai kecepatan tertinggi tujuh kilometer per detik dan telah dirancang untuk mengelabui sistem pertahanan rudal.

Sebelum mengeluarkan Satan 2, Rusia memiliki senjata yang tak kalah menakutkan yaitu SS-18. RS-28 pun diketahui merupakan penyempurnaan dari SS 18. Kekuatan dari rudal ini juga diakui oleh Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Refernsi: https://www.liputan6.com