Apakah relasi antara risk management plan dengan analisis dampak bisnis ?

Apakah hubungan antara perencanaan manajemen resiko dengan melakukan analisis dampak bisnis juga terhadap suatu project diperusahaan ?

Risk management plan dengan analisis dampak bisnis memiliki relasi dalam menjalankan bisnis ataupun project, penjelasannya adalah seperti berikut :

Proses mengidentifikasi risiko, menilai risiko dan mengembangkan strategi untuk mengelola risiko dikenal sebagai manajemen risiko. Rencana pengelolaan risiko dan analisis dampak bisnis merupakan bagian penting dari rencana berkesinambungan bisnis perusahaan. Dengan memahami potensi risiko terhadap bisnis dan menemukan cara untuk meminimalkan dampaknya, maka akan membantu bisnis ataupun project yang dikerjakan bisa pulih dengan cepat jika terjadi insiden/masalah.

Jenis risiko bervariasi tergantung lingkup bisnisnya, namun menyiapkan risk management plan melibatkan proses yang umum. Yang mana harus merinci strategi bisnis untuk menangani risiko yang spesifik untuk bisnis dan project yang dijalankan.

Penting untuk mengalokasikan beberapa waktu, anggaran dan sumber daya untuk menyiapkan risk management plan dan analisis dampak bisnis. Keduanya akan membantu memenuhi kewajiban secara hukum untuk menyediakan tempat kerja aman dan nyaman , dimana kondisi ini bisa memberi dampak positif dalam keberlangsungan tim atau pegawai dalam menjalankan tugasnya. Dengan begitu dapat mengurangi kemungkinan terjadinya dampak negatif terhadap bisnis.

referensi :
https://www.business.qld.gov.au/running-business/protecting-business/risk-management/preparing-plan