Apakah Reasonable leader itu?

leadership

(Putera Maranatha sitorus) #1

Apa yang dimaksud dari “reasonable” ?

Reasonable dari kamus Bahasa Indonesia berarti bertanggung jawab atau biasa diartikan layak, pantas dan masuk akal jadi apa yang dibicarakan berdasarkan realistis bukan khayalan semata.

Apakah sebagai pemimpin harus reasonable ?

Sebagai seorang pemimpin dari banyak orang, pemimpin harus biasa menentukan visi dan misi yang layak, pantas dan masuk akal bagi seorang pemimpin untuk mencapai target tersebut . dan juga sebagai pemimpin bukan berarti memasang target rendah untuk kelompoknya .

Bagaimana cara seorang pemimpin mempersiapkan untuk layak dikatakan Reasonable ?

  • Pertama, seorang pemimpin tidak boleh over-estimate tapi juga tidak under-estimate. Mengapa ? dikarenakan seorang pemimpin harus tahu kapasitas setiap anggota – anggota sebelum menetapkan visinya. Dan juga tidak boleh memaksakan terlalu berlebihan terhadap anggotanya.
  • Kedua, seorang pemimpin harus mempunyai latar belakang mengapa dia menetapkan visinya itu. Artinya perintah – perintah yang diberikan kepada anggotanya mempunyai alasan yang kuat, perintah yang disampaikan mempunyai argument – argument yang kuat dan memiliki logika yang baik. Dengan demikian, dapat mempengaruhi keyakinan anak buah atas pentingnya sebuah perintah darinya untuk mencapai tujuan .

Mengapa menjadi seorang pemimpin yang reasonable itu penting ?

Karena tidak mungkin untuk mencapai target yang kurang logis atau tidak masuk akal. Contohnya, sebuah perusahaan x mempunyai tujuan dalam waktu kurang dari satu tahun perusahaan yang beranggotakan kurang dari 20 orang menjadi perusahaan yang besar dan memiliki keuntungan yang sangat besar. Terlebih lagi jika seorang pemimpin tidak memberikan perintah yang reasonable, pasti beberapa anggotannya mengeluh tentang perintah yang diberikan oleh nya

Berikan tokoh dunia yang sangat reasonable ?

Menurut saya tokoh dunia tersebut ialah Nelson Mandela, beliau adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan juga politisi afrika selatan yang menjabat sebagi presiden afrika selatan sejak tahun 1994 sampai 1999.

Beliau adalah orang afrika selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh , dalam sebuah pemilu multiras, beliau sangat peduli dengan rasisme dan juga pengahapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme tersebut, kemiskinan, kesenjangan dan juga mendorong rekonsiliasi rasial.

Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999. Di luar negeri, ia bertindak sebagai mediator antara Libya dan Britania Raya dalam pengadilan pengeboman Pan Am Penerbangan 103 dan mengawasi intervensi militer di Lesotho.

Ia menolak mencalonkan diri untuk kedua kalinya dan digantikan oleh wakilnya, Thabo Mbeki. Ia kemudian menjadi negarawan ulung yang berfokus pada aktivitas amal demi memberantas kemiskinan dan HIV/AIDS melalui Nelson Mandela Foundation.Beliau memperoleh pengakuan internasional atas sikap anti-kolonial dan anti-apartheidnya, menerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk Hadiah Perdamaian Nobel 1993, Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat, dan Order of Lenin dari Uni Soviet.

Ia sangat dihormati di Afrika Selatan dan lebih dikenal dengan nama klan Xhosa-nya, Madiba atau tata. Nelson Mandela sering dijuluki “bapak bangsa”. Jika beliau tidak reasonable , pasti banyak masyarakat - masyarakatnya menolak beliau

Referensi :