Apakah Rambut Bisa Tumbuh Terus Hingga Tak Terbatas?

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2016/04/Rambut-Panjang-768x424.jpg

Kalau kita tidak memotong rambut selama puluhan tahun, apakah rambut kita bisa tumbuh terus sampai bermeter-meter?

Laju pertumbuhan manusia pada umumnya adalah setengah inci, atau sekitar 1,25 cm setiap bulan. Itu berarti enam inci, atau kurang lebih 15 cm dalam setahun. Dengan hitungan tersebut maka jika kita tak memotong rambut sama sekali selama empat puluh tahun, maka rambut kita akan hampir mencapai dua meter panjangnya.

Rambut kita tak memiliki usia hingga setua itu. Setiap helai rambut kita memiliki usia maksimal enam hingga tujuh tahun, kemudian akan tercabut secara alami. Setelah itu jika masih muda dan hormon kita masih berfungsi normal, akan tumbuh rambut pengganti.

Perlu diulangi lagi, hitungan di atas adalah kondisi pada manusia pada umumnya. Di beberapa kasus tentu saja terjadi kondisi tak lazim. Misalnya karena pengaruh hormon dan gaya hidup, rambut justru rontok terus dan tak kunjung tumbuh penggantinya. Jadilah kebotakan. Atau saat-saat tertentu ketika hormon sedang dalam jumlah besar, rambut tumbuh dengan lebih cepat. Pernahkah kalian menonton televisi yang menayangkan kondisi “tak lazim” ada orang-orang yang memiliki rambut sangat-sangat panjang? Nah kasus semacam itu langka, tak terjadi pada semua orang.

Sumber:
sains.me