Apakah Racun Lebah menyimpan manfaat untuk kecantikan kulit?

image

Dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit, bahan yang terkandung dalam suatu produk akan jadi pertimbangan utama kita sebelum membeli produknya. Sebagai contoh, kandungan tea tree oil berkhasiat untuk melawan jerawat, sedangkan kandungan lemon memiliki khasiat dalam mencerahkan kulit. Terlepas dari kandungan serupa lainnya, ternyata ada beberapa bahan yang dianggap aneh dan bahkan mustahil yang tidak diduga menyimpan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

  1. Membasmi Jerawat
    Menurut ahli apitherapy, Wima M. Harsono, Akp, salah satu manfaat apitherapy untuk estetik adalah membebaskan wajah dari jerawat membandel. Jika jerawat hanya berdasarkan faktor hormonal dan tidak terlihat parah, biasanya hanya diobati dengan madu ditambah royal jelly, tidak perlu adanya sengatan. Akan tetapi, kalau jerawat tumbuh besar dan bersifat patologis (keluar nanah) maka perlu dilakukan sengatan untuk mematikan bakteri yang bersarang di dalam bintik merah tersebut.

“Kalau jerawatnya masih ada berarti penyakit itu pakai propolis. Propolis adanya dalam sarang dan selalu steril yang biasa dimanfaatkan untuk antibiotik alami manusia,” tutur Wima kepada Wolipop di tempat prakteknya kawasan Klender, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2013).

  1. Menghilangkan Kerutan
    Perawatan dengan sengat lebah juga bisa menghilangkan kerutan. Pria yang pernah bekerja di farmasi Inggris itu menuturkan bahwa racun lebah atau bee venom dapat mengencangkan kulit. Untuk perawatannya bisa pilih pakai krim saja atau mau disengat. Kembali dilihat dari kondisi kerutannya, jika hanya kerut biasa cukup dengan susu lebah atau royal jelly yang khusus untuk wajah. Namun kalau kerutan alami seperti bawah mata bisa mengoleskan krim bee venom di area kerutan tidak pada seluruh wajah.

“Kalau bee venom mengencangkannya kuat. Hampir sama fungsinya dengan botox tapi diolesin di tempat yang kerut saja, jangan semuanya. Bukan nggak boleh tapi jatuhnya malah jadi ‘lucu’ wajahnya,” tambahnya.

  1. Menghaluskan Kulit
    Dalam perawatan sengat lebah ini tidak harus ‘disuntik’ menggunakan serangga beracun itu, tapi juga bisa memanfaatkan produk lainnya. Kulit menjadi lebih halus juga merupakan salah satu manfaat dari terapi tersebut. Madu serta benang sari bunga yang dibawa lebah memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit. Biasanya pollen dipakai untuk menghaluskan bekas jerawat.

  2. Mengecilkan Pori-pori
    Tidak sedikit wanita yang mengeluh karena pori-pori wajahnya melebar sehingga membuat penampilannya kurang maksimal. Anda bisa menyiasatinya dengan produk dari lebah yaitu venom atau racunnya. Sayangnya, menurut pria asal Wonosobo itu ekstrak venom dari lebah sangat sulit sehingga membuat harga perawatan kecantikan dengan venom yang telah diekstrak cukup tinggi.

  3. Kulit Tidak ‘Bersisik’
    Wima mengatakan, madu asli yang berasal dari lebah membuat kulit tidak bersisik. “Salah satunya menstabilkan metabolisme, kalau metabolisme nggak teratur bisa menyebabkan kulit bersisik. Madu bagus dikonsumsi untuk sehari-hari,” ujar pria lulusan Fakultas Biologi Universitas Sudirman Purwekerto itu.

Sumber: