Apakah Pup Bayi Anda Normal? Cek di Sini


Saat bayi Anda lahir, pasti ada beberapa hal yang sering menjadi kekhawatiran Anda sebagai seorang ibu. Anda yang menjadi orang tua baru pasti memiliki pertanyaan berbagai hal mengenai kesehatan bayi yang baru lahir. Namun, Anda juga harus mengenal pup bayi Anda. Mengapa?

Pada umumnya, pup bayi yang baru lahir berwarna hijau kehitaman atau biasa disebut mekonium. Warna ini dihasilkan oleh kolostrum yaitu zat yang dikeluarkan oleh kelenjar air susu ibu pada tahap akhir masa kehamilan. Zat ini akan terkandung dalam ASI yang ibu keluarkan setelah persalinan hingga memasuki hari ke-7 pasca kelahiran bayi.

Kolostrum sangat baik bagi bayi, karena pencernaan bayi yang belum sempurna, sehingga membutuhkan makanan dalam bentuk konsentrat, dengan ciri-ciri jumlah volume sedikit, namun kaya akan gizi. Mekonium kadang tidak begitu berbau, dan berlangsung hanya dalam satu atau dua hari ke depan.

Setelah dua hingga empat hari, kotoran bayi akan mulai berubah, berwarna lebih ringan, menjadi hijau dan tidak begitu lengket, dan hal ini pertanda bahwa usus bayi Anda baik-baik saja. Anda boleh panik jika kondisi fesesnya masih seperti ini setelah 48 jam, atau bayi Anda justru tidak mengeluarkan mekonium dalam waktu 48 jam setelah lahir.

Kesehatan bayi Anda tentu menjadi prioritas yang utama, kita dapat mengetahui apakah bayi dalam kondisi sehat atau tidak, salah satunya adalah dengan mengenal normal atau tidaknya ketika bayi mengeluarkan kotoran. Dengan mengetahui kondisi feses bayi, frekuensi bayi BAB, atau yang lainnya, orang tua bisa mengetahui apakah bayinya dalam kondisi sehat atau tidak khususnya dalam hal masalah pencernaan.

Selain itu, orang tua juga bisa mengetahui apakah makanan yang dikonsumsi bayi memberikan dampak yang baik atau tidak terhadap pencernaan bayi. Kenali warna feses bayi agar Anda bisa segera mendeteksi bila terjadi kelainan pada sistem pencernaannya.

  1. Hijau kecoklatan
    Saat bayi mulai diberi ASI, mekonium berganti menjadi hijau kecoklatan. Jika feses bayi Anda berwarna hijau kecoklatan, ini termasuk kategori normal.

  2. Kuning
    Setelah kelahiran, bayi yang diberi ASI biasanya memiliki kotoran berwarna kuning, ini adalah indikasi feses normal. Susu yang dikonsumsi bayi amat mempengaruhi warna fesesnya. Bila bayi minum ASI secara eksklusif, tinjanya berwarna lebih cerah dan cemerlang atau didominasi warna kuning.

  3. Cokelat
    Jika Anda memberi susu formula pada bayi Anda, warna fesesnya mungkin akan menjadi coklat muda atau pucat dan hal ini termasuk kategori normal.

Ketika Anda mengganti popok bayi Anda, perhatikan tekstur buang air besarnya. Jika Anda khawatir tentang warna atau tekstur feses bayi Anda, segera hubungi dokter untuk konsultasi. Hal ini penting terutama jika feses bayi Anda berwarna hitam setelah beberapa hari pertama setelah kelahiran, berwarna merah atau berdarah, berwarna putih atau abu-abu, secara konsisten berair dan secara konsisten besar, keras, atau sulit untuk keluar, hal ini bertanda bahwa bayi Anda kemungkinan tidak sehat.

Sumber : hellosehat.com