Apakah Podcast menjadi Inspirasi atau Kontroversi?

Kalian sudah mengenal Podcast kan?
Podcast adalah bentuk audio yang membahas suatu topik dengan mendengarkannya & mengutip menurut pakar dan atau asumsi dari narasumber. Dalam podcast kita dapat memilih topik, mengulang bagian yang disuka/kurang jelas, atau mengganti/skip bagian yang kita tidak suka.

Kelebihan dari Podcast:

  • Banyak pilihan topik
  • Tidak menayangkan iklan
  • Fleksibel dan dapat didengarkan kapanpun dan dimanapun
  • Mendapatkan pengetahuan baru
  • Membantu mengembangkan diri
  • Memberikan inspirasi
    Podcast dapat membuatmu fokus terhadap topik yang dibahas karena lebih spesifik dan topik pembahasan tidak kemana-mana. Banyak dari kita yang mendengarkan podcast sebagai bentuk informasi dan juga sumber hiburan. Dalam beberapa pernyataan dari narasumber terkadang dapat relate dengan kehidupan kita.
    Rasanya ‘Ih bener banget, pas banget sama situasi sekarang ini.’
    Tapi pernahkah kamu berpikir bahwa tidak semua pernyataan dari podcast itu benar? Atau mengarahkan kita kepada pernyataan yang tidak sesuai dengan diri kita, dan kita malah mencoba untuk menyamakan hal itu dengan cara yang sama.
    Menurut kalian Youdics, apa arti podcast versi kalian? Inspirasi atau Kontroversi?
    Berikan alasan kalian dalam menanggapi pernyataan kalian sebelumnya, dan bagaimana cara kalian menyaring informasi terkait itu benar atau tidaknya?

Elizabeth Maranatha
Nafisah Azzah Inayah

Referensi
Glints
Voice Over Office

Sebagai orang yang lumayan suka mendengarkan podcast, Saya merasa adanya podcast ini cukup positif, sebenarnya prinsip podcast ini cukup mirip dengan radio, namun lebih ke bentuk rekaman dan bisa diputar ulang. Bahkan ada juga beberapa podcast yang bisa memberikan ilmu baru dari beberapa ahli yang diundang oleh pemilik podcast ini. Saya suka mengikuti podcast dari Ruby “Thirty Days of Lunch” yang mana menurut Saya podcast yang dibuat oleh si Ruby ini cukup inspiratif karena mengundang beberapa ahli dalam bidang tertentu.

Memang benar tidak semua podcast mungkin memberikan berita yang kredibel. Sebagai pendengar, memang sebaiknya kita menjadikan podcast ini sebagai hiburan yang sedikit berilmu. Apabila ingin lebih tahu mengenai ilmu ini, maka mempelajari dari sumber-sumber yang lebih kredibel bisa dilakukan untuk membuktikan kebenaran dari informasi yang disampaikan si podcaster.