Apakah Permainan Masa Kecil yang Kamu Dirindukan?

Masa kecil memang penuh kesan yang sangat menarik ketika kita sudah tumbuh dewasa. Selalu ada kenangan-kenangan yang dirindukan, entah itu suasananya, permainannya atau teman-teman saat bermain di masa kecil.

Kalau saya sendiri, saya merindukan permainan masa kecil yang dimainkan secara bersama-sama dengan teman. Seperti bermain lompat tali, gerobak sodor, bite tujuh, dan benteng. Sampai sekarang saya masih mengingat kenangan tersebut dan sangat rindu sekali pada masa-masa seperti itu. Walaupun saya pernah jatoh saat berlari dan terluka tapi saya tidak kapok untuk bermain karena sangat menyenangkan bisa bermain dengan teman-teman yang pada saat itu sangat kompak.

Kalau kalian ada permainan masa kecil yang dirindukan?

Jaman sekarang sangat berbeda dengan jaman dulu, sekarang anak anak lebih banyak bermain menggunakan handphone seperti game online. Kalo jaman saya dulu masih main permainan tradisional, ada banyak permainan yang saya rindukan dan sekarang udah jarang banget dimainkan seperti bola bakel, lompat tali, congklak, engklek, egrang dan lain lain.

Petak umpet! :")
Kangen banget sama permainan ini, aku tergolong anak usia paling muda diantara kawan bermainku, tapi tetep rasanya sepantaran dengan mereka, karena apapun permainannya kami selalu berlaku adil. Dulu saking sering dan senangnya bermain petak umpet, sampai dibuat sebuah “inovasi” :joy: lain dengan media bola. Jadi nanti bola ditendang sejauh mungkin, nanti baru orang-orang lari ngumpet, yang 1 jadi penjaga.
Selain udah lama ngga bermain petak umpet, juga karena di zaman saat ini anak-anak di desaku jarang sekali bermain permainan tradisional ini, padahal dulu pas zamanku bener-bener semua permainan tradisional mulai dari bekel, dakon, beteng, kasti sampe petak umpet kami mainkan setiap hari. Sekarang, jarang dan hampir gapernah aku liat anak-anak di sekitarku bermain salah satu permainan tersebut, udah ke geser sama tiktok hahaha :")

1 Like

Wah, setuju banget nih dengan pernyataan diatas. Di wilayah ku juga dulu sering banget nemuin sekumpulan anak-anak memainkan permainan tradisional tapi sekarang sudah hampir berkurang atau bahkan tidak pernah lagi dimainkan. Mereka lebih tertarik menggunakan gadget untuk menghibur diri daripada bermain dengan teman sebayanya. Dampak ini kalo menurut ku ada positif dan negatifnya juga sih ya. Positifnya mereka jadi tahu perkembangan teknologi dan manfaatnya tapi negatifnya mereka jadi kurang bersosialisasi dengan lingkungan dan tak jarang membentuk mereka menjadi seorang yang introvert.

1 Like

iya kan kakk, padahl dulu aku waktu masih SD bener-bener kaya manusia purba, kalo gabut ya tidur kalo ngga ngerjain PR, sekarang jangan ditanya kaya apaa, yang ada aku diajakin main tiktok ya ampun wkwkkw :rofl: :sob:

Topik yang asik buat dibahas sekaligus nostalgia masa kecil. Dari saya pribadi merindukan permainan seperti tujuh Pahlawan (hampir mirip dengan petak umpet), polisi-maling, benteng, dan kebo bunting. Bermain permain seperti ini enggak akan kenal waktu kadang enggak sadar kalau udah malem aja saking asiknya main. Ditambah lagi tujuh pahlawan, polisi-maling, dan benteng memang perlu strategi buat menangin permainannya dan kuat-kuatan lari. Kalo kebo bunting ada aja yang robek celananya dan bikin sakit tulang belakang tapi tetap aja seru.

Semua permainan masa kecil aku rindukan sih :grinning_face_with_smiling_eyes: khususnya yang dimainkan beramai-ramai seperti petak umpat, gobak sodor, polisi maling, lompat tali, dll. Kalau sudah bermain sampe gak ingat waktu saking serunya, bahkan permainan baru bisa berenti kalau ada yang ribut, sakit atau di omelin salah satu orang tua :joy:

Sama seperti kak @ajengmeilani12, saya juga rindu permainan yang bisa dimainkan bersama teman-teman, seperti lompat karet, petak umpet, benteng, gobak sodor, dann lain-lain. Bisa dibilang, yang saya rindukan adalah suasananya, nuansa main rame-rame bersama teman-teman, kejar-kejaran, rasanya permainan apapun akan sangat seru dimainkan. Sayang sekali, di lingkungan tempat tinggal saya sudah jarang anak-anak kecil yang memainkan permainan-permainan tersebut. Kalaupun ada yang kumpul di luar rumah ya ujung-ujungnya pada sibuk sama gadgetnya masing-masing:D

Meskipun aku tidak terlalu pandai bersembunyi, menghindar, dan lari tapi aku paling kangen sama permainan boi-boian dan kasti! Kalian di sini ada yang tahu ga? hihihi :joy: Keduanya sama-sama menggunakan bola kasti berwarna hijau. Dulu aku dan teman-teman di bangku SD sering memainkannya di jam-jam istirahat sekitar pukul 10:00 sampai 10:30 an. Yang awalnya seragam kami masih rapi-rapi saja, namun setelah bermain membuat seragam kami keluar semua dan compang-camping. Bahkan terkadang sudah ada beberapa anak yang tidak pakai alas kaki.

Permainan masa kecil yang aku kangenin juga adalah lompat tali, masak-masakan dari tanah liat, batang pisang, dan tumbuh-tumbuhan lainnya (yang aku tidak tahu namanya apa), dan bepe-bepean.