Apakah perlu meningkatkan teknologi informasi di bidang medis dan keperawatan?

Dunia medis merupakan hal yang dibutuhkan setiap orang yang merasa sakit. Namun apakah teknologi informasi yang mendukung hal itu perlu ditingkatkan? Jika ya, sebutkan apa-apa saja yang perlu ditingkatkan dan jika tidak, mengapa?

Pengembangan teknologi di dunia medis perlu untuk meningkatkan kualitas dari pengobatan itu sendiri, hal-hal yang perlu ditingkatkan adalah :

  1. Peralatan Medis
    Perlatan Medis perlu ditingkatkan serta diperbagus dengan memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempermudah pekerjaan orang di bidang medis dan memperbagus kinerja orang tersebut.
  2. Penelitian Medis.
    Teknologi tidak hanya bisa digunakan untuk mengembangkan alat namun berguna untuk membantu penelitian seperti penelitian menemukan obat yang lebih ampuh untuk mengatasi suatu penyakit.
  3. Hukum Teknologi di Medis.
    Tentunya penggunaan teknologi di bidang medis tidak boleh seenaknya, perlu hukum untuk memastikan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber : http://www.healthcarebusinesstech.com/medical-technology/

Jika dilihat dari sisi teknologi informasi tentu perlu dilakukan pembaharuan di bidang medis, khususnya di bidang administrasi rumah sakit. Seperti yang kita bisa lihat banyak rumah sakit yang masih menggunakan kartu berobat dan lain sebagainya untuk melakukan transaksi. Hal tersebut menurut saya kurang efisien, dan bisa digantikan dengan input pasien dengan nomor KTP/NIK pada database pasien rumah sakit sehingga kita tidak perlu pusing apabila kita tidak membawa kartu berobat. Hal ini saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya selama berobat di beberapa rumah sakit yang ada baik di Malang maupun di tempat asal saya yaitu Bali.