Apakah perlu mempublikasikan product roadmap ke pelanggan?

150501-Customer-Concept-lg

Dalam membuat product roadmap apakah diperlukan membuat roadmap menjadi publik? atau lebih baik tetap pada roadmap konvensional yang tertutup?

menurut saya mempublikasikan product roadmap memberikan beberapa manfaat yaitu sebagai berikut:

  1. Mendapatkan umpan balik
    Dengan membuat roadmap menjadi publik, mempermudah untuk mengumpulkan umpan balik yang bermanfaat dari pelanggan anda, karena anda dapat mengukur apakah mereka terlibat dengan rencana anda atau apakah mereka lebih suka anda menangani hal lain terlebih dahulu.

  2. Menampilkan progresi dan kunci anda di track
    Roadmap anda adalah artefak yang memberi tahu pelanggan terhadap arahan yang akan anda ambil untuk memenuhi visi produk. Visi produk adalah apa yang membuat roadmap anda di jalur, sehingga mengartikulasikannya kepada pelanggan anda, pemangku kepentingan dan investor memungkinkan untuk memperkuat visi tersebut.

  3. Membuat anda mencocokan informasi untuk audience
    Jangan takut memiliki beberapa versi roadmap anda. Pemangku kepentingan yang berbeda harus diperlakukan berbeda. seperti memiliki versi internal dan eksternal dari roadmap anda. Ini memungkinkan anda untuk menjaga inisiatif rahasia anda dari domain publik, dengan fokus pada nilai tambah nyata bagi pelanggan.

  4. Mengizinkan anda untuk mengubah percakapan dan berhenti menghawatirkan tentang tanggal
    Memiliki roadmap tanpa tanggal memungkinkan anda mengubah percakapan. Dari yang berfokus pada “apa” menjadi berbicara tentang visi yang sebenarnya dan arah sebenarnya yang diambil. Setelah anda menjatuhkan tanggal pada roadmap, anda akan dapat berhenti mengkhawatirkan kapan setiap fitur akan dikirimkan, dan sebagai gantinya bicarakan tentang urutan apa yang harus anda tangani masing-masing untuk memberikan nilai paling banyak.

  5. Menunjukkan kebanggaan produk
    Produk yang bagus adalah produk yang akan anda banggakan untuk digunakan sendiri dan menggunakannya sebagai titik bicara dengan pelanggan untuk menunjukkan hal-hal hebat yang anda kerjakan.

Referensi
5 Reasons You Should Be Showing Your Product Roadmap to Customers